Logo Sulselsatu

Kakanwil Kemenkumham Sulsel Terima Kunjungan Tim dari BPIP RI

Asrul
Asrul

Selasa, 23 April 2024 22:44

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kanwil Kemenkumham Sulsel), Liberti Sitinjak menerima kunjungan Tim dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (BPIP RI) di Ruang Kepala Kantor Wilayah, Selasa (23/4).

Kunjungan ini dalam rangka melakukan kegiatan “Koordinasi Awal Dalam Rangka Penyusunan Kajian dan Rekomendasi Terhadap Undang – Undang No.1 Tahun 2002 tentang Hubungan Keuangan antara Pusat dan Daerah”.

Tim BPIP RI dipimpin Direktur Penyusunan Rekomendasi Kebijakan dan Regulasi, Johan Johor Mulyadi bersama dengan 5 anggota tim lainnya.

Baca Juga : Kanwil Kemenkumham Sulsel Advokasi Layanan Fidusia dan Monitoring Layanan Kenotariatan di Bone

“BPIP akan melakukan pengkajian dan Analisis evaluasi terkait Undang-undang Nomor 1 Tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Pemerintahan Daerah. Materi yang akan dievaluasi terkait Pajak kendaraan bermotor dan BBNKB yang dikecualikan terhadap kendaraan bermotor yang menggunakan energi terbarukan yang merupakan salah satu pajak daerah yang diatur dalam UU tersebut dari sisi keadilan yang merupakan salah satu nilai yang terkandung dalam Pancasila,” Ungkap Johan.

Untuk itu, menurut Johan, BPIP akan mengikutsertakan analis hukum dari kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan karena provinsi ini merupakan salah satu daerah yg menjadi sampel dalam kegiatan analisis dan evaluasi tahun 2024 yang dilakukan oleh BPIP.

Kepala Kantor Wilayah, Liberti Sitinjak mengapresiasi kunjungan ini. “Apresiasi atas kunjungan yang dilakukan oleh Tim dari BPIP RI. Kanwil Sulsel siap berkolaborasi dan bekerjasama dalam melakukan pengkajian terhadap Undang-undang tersebut,” Ujar Liberti.

Baca Juga : Kakanwil Kemenkumham Sulsel Tekankan Pentingnya Kerjasama dalam Sebuah Organisasi

Pertemuan ini turut dihadiri oleh Kepala Bidang Hukum Andi Haris, Kepala Sub Bidang Fasilitasi dan Pembentukan Produk Hukum Daerah Agri Caesar, Kepala Sub Bidang Penyuluhan Hukum, Bantuan Hukum, dan Jaringan Dokumentasi Hukum Merlyanti Anwar, Analis Hukum Kanwil Sulsel Rusdianto Moein, dan Perancang Peraturan Perundang-undangan Abdillah.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

OPD19 Mei 2024 21:38
Beri Kenang-kenangan Lukisan Perempuan Bugis, Andi Ina Harap Bahtiar Selalu Ingat Sulsel
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Ketua DPRD Sulsel, Andi Ina Kartika Sari menyerahkan kenang-kenangan berupa lukisan kepada mantan PJ Gubernur Sulsel,...
Metropolitan19 Mei 2024 20:15
Dijemput Forkopimda, OPD dan Tokoh Masyarakat, Zudan: Terima Kasih Sambutan Hangatnya
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Prof Zudan Arif Fakrulloh menyampaikan terima kasih kepada seluruh F...
Politik19 Mei 2024 19:50
Irwan Hamid-Sudirman Bungi Usungan NasDem di Pilkada Pinrang
SULSELSATU.com, PINRANG – Partai NasDem menyepakati mengusung Andi Irwan Hamid dan Sudirman Bungi sebagai bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Ka...
News19 Mei 2024 18:33
Bincang Inspiratif SATU Indonesia Awards 2024 Hadir di Kendari
Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) selaku main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon menggelar ...