Logo Sulselsatu

Kakanwil Kemenkumham Sulsel Lantik 5 PPNS

Asrul
Asrul

Rabu, 24 April 2024 12:27

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kanwil Kemenkumham Sulsel), Liberti Sitinjak melantik 5 (Lima) Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) di Wilayah Kerja Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan di Aula Balai Harta Peninggalan Makassar, Rabu (24/4/2024).

“PPNS bukan merupakan subordinasi dari lembaga Kepolisian yang merupakan bagian dari Sistem Peradilan Pidana (Criminal Justice System), akan tetapi PPNS diluar subsistem peradilan tidak boleh mengacaukan sistem peradilan pidana yang telah ada. Untuk itu diatur beberapa hal agar tidak terjadi tumpang tindih,” Ungkap Liberti Sitinjak dalam sambutannya.

Lebih lanjut, Liberti mengatakan bahwa PPNS adalah Pejabat Pegawai Negeri Sipil yang berdasarkan peraturan perundang-undangan ditunjuk selaku penyidik dan mempunyai wewenang untuk melakukan penyidikan tindak pidana dalam lingkup undang-undang yang menjadi dasar hukumnya masing-masing.

Baca Juga : Penutupan Pelatihan Kesamaptaan, Petugas Pemasyarakatan Diharapkan Dapat Tingkatkan Sikap Disiplin

“Sampai saat ini Kantor Wilayah Provinsi Sulawesi Selatan telah melantik PPNS sebanyak 369 (tiga ratus enam puluh sembilan) orang dari berbagai instansi vertikal dan dinas kabupaten dan kota masing-masing, dan hari ini telah melantik PPNS sebanyak 5 (lima) orang sehingga total PPNS di Provinsi Sulawesi Selatan sebanyak 374 (tiga ratus tujuh puluh empat) orang PPNS,” Ujar Liberti.

Kepada Penyidik Pegawai Negeri Sipil yang baru dilantik dan diambil sumpahnya hari ini, Liberti mengucapkan selamat semoga dalam melaksanakan tugas selalu diberikan kesehatan dan bertindak profesional, jujur, seksama, mandiri, amanah, tidak berpihak, mengedepankan prinsip kecermatan dan kehati-hatian yang berlandaskan kepada etika profesi dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Cepat merespon setiap persoalan yang ada dan saya berharap persoalan tersebut dapat diselesaikan di wilayah dan tidak sampai berlarut-larut sehingga pelayanan hukum kepada masyarakat tidak terganggu,” Tutup Liberti.

Baca Juga : Kanwil Kemenkumham Sulsel Gandeng Brimob Polda Sulsel Latih Petugas Jaga Menembak

Pelantikan ini turut dihadiri oleh Kepala Divisi (Kadiv) Keimigrasian Jaya Saputra, Kadiv Pelayanan Hukum dan HAM Hernadi, dan Perwakilan Pejabat Struktural serta Pelaksana dari Kanwil Sulsel dan BHP Makassar.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

News23 Mei 2024 13:38
Gubernur Quirino Filipina Ingin Adopsi Konsep Sentuh Hati Danny Pomanto
Gubernur Provinsi Quirino Filipina Dakila Carlo E Cua mengaku tertarik dengan program Touching Heart Protokol Pemkot Makassar yang diinisiasi Wali Kot...
Pendidikan23 Mei 2024 13:26
UNM Gelar Tes Wawancara Calon Mahasiswa Baru Fakultas Kedokteran
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar tes wawancara gelombang 1 penerimaan mahasiswa baru Fakultas Kedokteran, ...
Makassar23 Mei 2024 12:32
Diikuti 400 Peserta, KBA SMPN 5 Makassar Kembali Sukses Gelar Turnamen Bulutangkis CUP II
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Keluarga Besar Alumni (KBA) SMPN 5 Makassar kembali menggelar Turnamen KBA Esempe Lima Makassar CUP II (Turnamen Bulu...
OPD23 Mei 2024 09:53
Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar Tinjau Lokasi Program RISE
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Makassar melakukan peninjauan lapangan terkait Program RISE di beberapa lokasi, Rabu ...