Logo Sulselsatu

UMKM Rasakan Perbedaan Pakai QRIS BRI, Dana Cepat Masuk Tanpa Drama Mengendap

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Sabtu, 27 April 2024 13:47

QRIS BRI dinilai positif bagi merchant. Foto: Istimewa.
QRIS BRI dinilai positif bagi merchant. Foto: Istimewa.

SULSELSATU.com, MAKASSAR – UMKM yang menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI merasakan perbedaanya.

Salah satu UMKM di bidang kuliner yang kini menggunakan QRIS BRI merasakan perbedaannya dengan bank lainnya. Atte Kitchen, salah satu UMKM Makassar yang cukup terkenal di kalangan masyarakat menyebut QRIS BRI berbeda.

“Pakai QRIS BRI bagusnya karena dananya cepat masuk. Tidak mengendap dulu kayak bank lainnya,” jelas Fadil selaku owner Atte Kitchen kepada Sulselsatu.com saat ditemui dalam kesempatan bazar kuliner beberapa waktu lalu.

Baca Juga : BRI Peduli Salurkan Bantuan CSR di SDN 01 dan 02 Gunung Geulis Bogor

Keunggulan ini kata Fadil yang tidak dimiliki banyak bank lainnya. Biasanya kata dia, sejumlah QRIS bank lain yang pernah ia pakai, ada yang menahan dana sampai 24 jam sebelum masuk ke rekening merchant.

Kendala inilah yang Fadil anggap sangat menyulitkan UMKM. Apalagi, kalau butuh dana cepat, UMKM akan kesulitan mengatur kembali modal untuk hari esoknya karena rekapan transaksi sehari sebelum belum diterima.

“Bagusnya BRI kalau butuh dana cepat bisa langsung diambil untuk modal selanjutnya. Ini karena dana transaksi hari ini cepat masuk, jadi gampang kalau butuh dana mendadak,” ujar Fadil.

Baca Juga : Malam Inagurasi BRI Fellowship Journalism 2024, 50 Jurnalis Resmi Peroleh Beasiswa S2 dari BRI

Di Sulsel, jumlah merchant QRIS BRI hingga akhir Maret 2024 tercatat mencapai 153.212 user. Jumlah ini mencapai volume transaksi hingga Rp225 milyar.

Sementara itu, Luqman yang juga merupakan nasabah BRI mengaku jika banyak melakukan transaksi menggunakan QRIS BRI.

“Misalkan beli kopi, nongkrong itu bayarnya pakai QRIS. Apalagi setelah pandemi yang dianjurkan pembayaran pakai cashless jadi sekarang lebih terbiasa pakai QRIS BRI untuk berbagai transaksi,” jelasnya.

Baca Juga : BRI Bagikan Mobil untuk AgenBRILink Berprestasi di Yogyakarta

Regional CEO BRI Makassar Hendra Winata mengatakan, untuk target pertumbuhan, BRI RO Makassar menargetkan jumlah user QRIS BRI di angka 247.102 sampai dengan akhir 2024 ini.

“Dari wilayah kerja BRI RO Makassar yang mencakup propinsi Sulsel, Sulbar, Sultra dan Maluku, Sulsel masih menduduki porsi terbesar transaksi merchant dibanding provinsi lainnya,” kata Hendra.

Hendra menyebutkan, dari jenis usaha merchant, transaksi terbanyak QRIS BRI di wilayah RO Makassar ada di merchant yang bergerak di bidang groceries, food and beverage, health, hobbies, sport dan entertainment.

Baca Juga : Perkuat Kerjasama dengan Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia di Taipei, BRI Berikan Layanan Penyetoran PNBP Langsung ke Kas Negara

Bagi merchant, BRI menawarkan banyak kemudahan. Di antaranya adalah layanan EDC BRI yang sudah dilengkapi dengan fitur QR Code dan aplikasi monitoring transaksi.

EDC BRI juga siap menerima semua jenis pembayaran baik kartu debit maupun kartu kredit berlogo Visa, Mastercard, JCB dan Prvate Label BRI (PGN), kartu BRIZZI, QRIS dan online acquiring.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

OPD19 Mei 2024 21:38
Beri Kenang-kenangan Lukisan Perempuan Bugis, Andi Ina Harap Bahtiar Selalu Ingat Sulsel
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Ketua DPRD Sulsel, Andi Ina Kartika Sari menyerahkan kenang-kenangan berupa lukisan kepada mantan PJ Gubernur Sulsel,...
Metropolitan19 Mei 2024 20:15
Dijemput Forkopimda, OPD dan Tokoh Masyarakat, Zudan: Terima Kasih Sambutan Hangatnya
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Prof Zudan Arif Fakrulloh menyampaikan terima kasih kepada seluruh F...
Politik19 Mei 2024 19:50
Irwan Hamid-Sudirman Bungi Usungan NasDem di Pilkada Pinrang
SULSELSATU.com, PINRANG – Partai NasDem menyepakati mengusung Andi Irwan Hamid dan Sudirman Bungi sebagai bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Ka...
News19 Mei 2024 18:33
Bincang Inspiratif SATU Indonesia Awards 2024 Hadir di Kendari
Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) selaku main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon menggelar ...