Logo Sulselsatu

Palopo Butuh Pemimpin Perempuan, Ketua IPMIL Sebut Putri Dakka

Asrul
Asrul

Sabtu, 04 Mei 2024 16:50

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, PALOPO – Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Pelajar Mahasiswa Indonesia Luwu (IPMIL) Kota Palopo, Harbiyanto mendorong figur perempuan untuk maju sebagai calon wali Kota Palopo Pilkada Serentak 2024.

Harbiyanto mengatakan, Pilkada Palopo 2024 adalah panggung perempuan untuk membuktikan dirinya jauh lebih berkualitas dalam memimpin masyarakat.

“Sudah saatnya Palopo dipimpin perempuan. Kampung kita ini butuh sentuhan gender quality dalam urusan politik, ekonomi dan pemerintahan,” kata Harbiyanto kepada wartawan di Palopo, Jumat (3/5/2024).

Baca Juga : Rakhmat Kasim Bertemu Rahmat Masri Bandaso di Jakarta, Potensi Berpaket di Pilwali Palopo

Berkaca pada masa lalu, Palopo punya tokoh pejuang seorang perempuan yang gigih memperjuangkan kemerdekaan. Ia adalah Famajjah atau Opu Daeng Risadju.

Harbiyanto menyebut Opu Daeng Risadju merupakan bukti bahwa Palopo memberi ruang dan penghormatan yang sebesar-besarnya untuk perempuan.

“Itu buktinya bahwa Palopo ini punya sejarah kepemimpinan perempuan. Spirit Opu Daeng Risadju harus diterjemahkan dalam konteks hari ini yaitu, kepemimpinan politik,” jelas Abbi sapaan Harbiyanto.

Baca Juga : NasDem Siapkan Putri Dakka Maju di Pilkada Luwu Utara

Putri Dakka, Kenapa Tidak?

Palopo menurut Abbi, punya figur perempuan potensial untuk jadi pemimpin di masa depan. Satu di antaranya adalah Putri Dakka. Ia menyebut setiap orang apalagi perempuan, punya hak yang sama untuk memilih dan dipilih.

“Kalau Putri Dakka siap dan mau, kenapa tidak? Beliau orang baik serta dikenal luas masyarakat Palopo. Saya kira, setiap orang ada masanya. Dan seperti saya bilang tadi, ini masanya perempuan,” kata Abbi.

Baca Juga : Suhu Politik di Luwu Utara Mulai Tak Sehat, Baliho Caleg NasDem Putri Dakka Dirusak

Di mata Abbi, Putri Dakka punya modal sosial yang cukup untuk maju Pilkada Palopo. Ia menyinggung Pileg 2024, yang mana Putri berhasil meraih 13.707 di Palopo sebagai caleg DPR RI Dapil Sulsel 3.

“Setahu saya, suaranya Putri jauh lebih banyak daripada Pak Judas di pileg kemarin. Itu buktinya bahwa perempuan atau ibu Putri Dakka ini lebih diterima warga Palopo, khususnya pemilih Partai Nasdem,” ungkap Abbi.

Abbi mendorong Putri Dakka untuk mempersiapkan diri jika memang berniat memperjuangkan kesejahteraan masyarakat Palopo melalui pilkada ini.

Baca Juga : Putri Dakka Bangun Masjid di Lutra Persembahkan Untuk Almarhum Ayahnya Kompol Dakka

Putri Dakka kemarin sudah mau memperjuangkan kita ke DPR RI. Agenda kebaikan beliau jangan berhenti, figus seperti inilai yang dibutuhkan untuk kemajuan Palopo,” sebut Abbi.

Aktivis HMI Unhas itu berpendapat, dibutuhkan gender sensivity dalam melihat masa depan Kota Palopo. Perempuan menurut Abbi, punya kemampuan manajerial dan sensifitas sosial.

“Kalau ada yang menganggap perempuan tidak mampu urus pemerintahan, itu adalah pemikiran mundur. Jangan salah, ras terkuat dan paling berani di bumi adalah emmak-emmak,” tutup Abbi.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video24 Mei 2024 22:43
VIDEO: Pemotor Buang Surat Tilang, Klaim Punya Bekingan di Polda Metro Jaya
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan seorang pengendara motor menolak untuk ditilang. Bahkan pengendara motor tersebut membuang surat ti...
OPD24 Mei 2024 21:51
Genjot Akses Menuju Stadion Sudiang, Dinas PU Makassar Kembali Survei dan Ukur Jalan
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tim Survey Bidang Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar kembali melakukan pengukuran akses jalan masu...
Politik24 Mei 2024 21:20
Muallim Tampa dan Badris Salam Berebut Rekomendasi Demokrat di Pilkada Sinjai
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dua kandidat calon kepala daerah yang akan bertarung di Pilkada Sinjai berebut rekomendasi Partai Demokrat. Mereka ad...
Video24 Mei 2024 20:18
VIDEO: Rakernas V PDIP, Megawati Soroti Dugaan Kecurangan Pemilu 2024
SULSELSATU.com – PDI Perjuangan menggelar Rakernas V pada Jumat, 24 Mei 2024, di Beach City International Stadium, Ancol. Acara tersebut dihadir...