Logo Sulselsatu

Begini Tips Asmo Sulsel #Cari_Aman Meski Berkendara di Tengah Cuaca Panas

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Minggu, 05 Mei 2024 13:59

Instruktur Safety Riding Wanny. Foto: Istimewa.
Instruktur Safety Riding Wanny. Foto: Istimewa.

SULSELSATU.com, KENDARI – Cuaca panas akan memengaruhi kenyamanan dan keamanan berkendara sepeda motor di jalan raya. Sebab, cuaca panas dapat menyebabkan kelelahan dan dehidrasi.

Penting bagi pengendara untuk melakukan pencegahan agar tetap aman dan nyaman saat memacu sepeda motor dalam beraktivitas.

Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) selaku main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon membagikan tips Cari_Aman saat berkendara di tengah cuaca yang panas.

Baca Juga : Beli Motor Honda Pakai Motorku X Bisa Dapat Potongan Harga

Instruktur Safety Riding Wanny menuturkan, pengendara disarankan menggunakan jaket berventilasi lengkap dengan sarung tangan dan sepatu saat berkendara saat cuaca panas.

Hal itu bertujuan untuk melindungi kulit dari sengatan matahari sekaligus menurunkan suhu tubuh, sehingga tidak mudah lelah dan dehidrasi karena kepanasan.

“Pengendara juga disarankan untuk menggunakan helm bervisor gelap atau kaca mata hitam agar mata tidak cepat lelah karena cahaya matahari. Lalu, selalu gunakan masker atau buff agar asap kendaraan dan debu di jalan raya tidak terhirup,” ucap Wanny.

Baca Juga : Simak Tips #Cari_Aman Berkendara di Jalan Raya dengan Jaga Jarak Aman

Wanny juga mengimbau pengendara untuk banyak minum air agar terhindar dari dehidrasi. Sebab, kekurangan cairan dalam tubuh dapat menimbulkan masalah kesehatan, seperti kelelahan, migran, dan pingsan.

“Dan tetap selalu waspada dalam kondisi apapun. Kewaspadaan ini misalnya dapat membaca situasi dan kondisi jalan yang berpotensi menyebabkan kecelakaan,” ucapnya.

Selain itu, kata Wanny, cuaca panas berpotensi menyebabkan motor mengalami overheat. Untuk itu, pengendara harus melakukan beberapa cara agar motor terhindar dari overheat di tengah cuaca panas.

Baca Juga : #Cari_Aman Berkendara di Jalan Raya dengan Jaga Jarak Aman

Pertama, jangan menahan gas motor saat berhenti atau melakukan pengereman. Kedua, selalu servis rutin motor dengan melakukan perawatan dan pembersihan pada radiator. Ketiga, rutin mengganti oli yang asli dari Honda.

“Semua itu dilakukan agar pengendara tetap dapat berkendara dengan aman dan nyaman meski cuaca panas sedang melanda,” ucap Wanny.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Sulsel18 Mei 2024 16:30
Dirjen Bimas Hindu Buka Musda Peradah Sulsel: Pemuda Hindu Harus Jadi Pencerah Masyarakat
Dewan Pimpinan Provinsi Perhimpunan Pemuda Hindu (DPP Peradah) Indonesia Sulsel menggelar kegiatan Lokasabha (Musyawarah Daerah) XII dan Seminar Kepem...
Makassar18 Mei 2024 16:06
Baznas RI Nobatkan Danny Pomanto Jadi Duta Zakat Indonesia
Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto dinobatkan sebagai Duta Zakat Indonesia....
Makassar18 Mei 2024 15:43
Danny Pomanto Lantik 5.975 Pj RT-RW Sebagai Amil Zakat Perorangan
Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto melantik 5.975 Pj RT-RW sebagai amil zakat perorangan....
Bisnis18 Mei 2024 13:17
Pelindo Sinergi BUMN Bersama Pindad Teken Perjanjian Kerja Sama Pemanfaatan Lahan Pengelolaan Ikan
PT Pelabuhan Indonesia (Persero) melakukan sinergi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan PT Pindad International Logistic melalui penandatanganan per...