Logo Sulselsatu

Sektor Pertanian Tumbuh Negatif Sejak 2023, BI Sebut Rekomendasi Pacu Kembali Ekonomi Sulsel

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Rabu, 22 Mei 2024 15:01

BI Sulsel gelar Sulsel Talk dengan mengndnag dua pembicara utama sektor tamu undangan dari pihak terkait. Foto: Sri Wahyu Diastuti / Sulselsatu.com.
BI Sulsel gelar Sulsel Talk dengan mengndnag dua pembicara utama sektor tamu undangan dari pihak terkait. Foto: Sri Wahyu Diastuti / Sulselsatu.com.

SULSELSATU.com, MAKASSARBank Indonesia Sulsel (BI Sulsel) menggelar Sulsel Talk bertema tema Mendorong momentum Pertumbuhan Ekonomi Sulampua dan Menjaga Stabilitas Harga Pangan di Kantor perwakilan BI Sulsel pada Selasa, (21/5/2024).

BI Sulsel menghadirkan dua pembicara utama yaitu Prof Marsuki DEA selaku dosen FEB Universitas Hasanuddin (Unhas) dan Chief Economist The Indonesia Economic Intelligence Sunarsip.

Kepala BI Sulsel Rizki Ernadi Wimanda mengatakan, perekonomian Sulsel pada triwulan pertama 2024 tumbuh 4,82 persen (yoy). Meningkat dibanding triwulan ketiga 2023 yang hanya 3,79 persen (yoy).

Baca Juga : Peserta QRIS Jelajah Indonesia di Sulsel Tempuh Jarak 800 Kilometer Edukasi Transaksi Digital

“Pertumbuhan ekonomi Sulsel berada diperingkat 20 dari 33 provinsi secara nasional. Sebelum Covid-19 ekonomi berada diangka 7,6 persen (yoy), namun pasca Covid-19 hanya 4,8 persen (yoy),” jelas Ernadi saat Sulsel Talk.

Ernadi menjelaskan, penurunan ekonomi Sulsel ini dipacu sektor pertanian yang terus tumbuh negatif sejak 2023. Ini menandakan fenomena Elnino sangat berpengaruh.

Sektor pertanian menyumbang pertumbuhan negatif sejak triwulan ketiga 2023 sampai dengan saat ini dan semakin membesar dari -0,1 persen, -0,46 persen, dan menjadi -0,75 persen.

Baca Juga : Transaksi UMKM Capai Rp373 Juta Selama Lima Hari Pelaksanaan KKS x Digifest 2024

Sektor pertanian didominasi oleh subsektor perikanan budidaya dan tangkap dengan total 40 persen. Sebanyak 14 persen tangkap dan 26 persen lagi ada dibudidaya.

“Hal inilah yang harus dioptimalkan,” kata Rizki Ernadi.

Sementara itu, produk pertanian menjadi komoditas penyumbang inflasi terbesar di April yaitu tomat, emas perhiasan, bawang merah, udang, dan cumi.

Baca Juga : KKK x Digifest 2024 Langkah Bank Indonesia Dorong Pertumbuhan Ekonomi Kreatif dan Digitalisasi

Selama tiga bulan pertama 2024 ini, beras menjadi penyumbang utama, 0,6 persen dengan andil yoy posisi April 2024.

Secara spasial, inflasi April 2024 tertinggi terjadi di Palopo yaitu 0.74 persen mtm, sementara terendah di Makassar sebesar 0,05 mtm persen.

Sejumlah rekomendasi untuk memicu kembali perekonomian Sulsel agar tumbuh disebut Rizki Ernadi saat Sulsel Talk.

Baca Juga : 230 Mahasiswa GenBI Ikut Giat Bela Negara dan Peningkatan Kemampuan Menjadi Agen Perubahan

Pertama adalah pengembangan sektor pertanian melalui pembangunan dan perbaikan infrastruktur, pemanfaatan teknologi dan digitalisasi, pengembangan hilirisasi, optimalisasi pembiayaan, penyediaan bibit, serta memastikan kelancaran distribusi pupuk subsidi.

“Selanjutnya, untuk sub-sektor perikanan, perlu dilakukan penambahan pabrik es, optimalisasi cold storage, pemanfaatan mesin vacuum sealing, serta penambahan kolam-kolam bioflok,” ujar Rizki Ernadi.

Rekomendasi ketiga adalah pemberian insentif fiskal daerah berbasis ekspor, kemudian perbaikan dan pembangunan infrastruktur jalan dan pelabuhan, pemberian insentif investasi dan mendorong realisasi proyek investasi, dan terakhir adalah melanjutkan persiapan proses transisi pemerintah daerah yang lancar.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Berita Utama21 Juli 2024 12:07
Babinsa Koramil Tamalatea Bersama Warga Karya Bakti Bersihkan Saluran Air
SULSELSATU.com,JENEPONTO – Babinsa Tonrokassi Timur Koramil 03 Tamalatea Kodim 1425 Jeneponto, pimpin Karya Bakti pembersihan Saluran Air diwila...
Video20 Juli 2024 22:40
VIDEO: Pengendara Mobil Berpakaian PNS Beli Bensin Rp 10 Ribu, Ekspresi Petugas SPBU Jadi Sorotan
SULSELSATU.com – Pengendara mobil yang diduga Pegawai Negeri Sipil (PNS) membeli bensin Rp10 ribu. Video tersebut viral di media sosial Instagra...
Video20 Juli 2024 21:01
VIDEO: Demokrat Resmi Dukung Komika Marshel Widianto di Pilkada Tangsel 2024
SULSELSATU.com – Partai Demokrat resmi mendukung Ahmad Riza Patria-Marshel Widianto untuk maju di Pilkada Tangerang Selatan 2024. Ketua Umum Agu...
Aneka20 Juli 2024 20:20
Asmo Sulsel Undang Iwan Banaran dalam Honda Jagoanku Talkshow Blogger
Astra Motor Sulsel menghadirkan Iwan Banaran yang merupakan seorang blogger, content creator, dan influencer otomotif. Ia dinilai cukup terkenal dan t...