Logo Sulselsatu

XL Axiata Ambil Andil Majukan Pendidikan, Bangun Madrasah di Pelosok Buton Sultra

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Senin, 27 Mei 2024 14:31

Pembukaan madrasah yang dibangun XL Axiata di Buton. Foto: Istimewa.
Pembukaan madrasah yang dibangun XL Axiata di Buton. Foto: Istimewa.

SULSELSATU.com – Presiden Direktur & CEO PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) Dian Siswarini meresmikan proyek pembangunan Madrasah Ibtidaiyah Al-Amin dan sarana pendukungnya di Kabupaten Buton Tengah, Sulawesi Tenggara.

Di bangun sejak Desember 2023, saat ini madrasah Ibtidaiyah Al-Amin berlokasi di Desa Tolandona Matanaeo, Kecamatan Sangia Wambulu tersebut telah siap pakai.

Pengadaan sarana pendidikan tingkat dasar ini menelan dana sekitar hampir Rp 800 Juta yang dibiayai dari dana karyawan dan manajemen XL Axiata.

Baca Juga : XL Axiata Perluas Jaringan FMC XL Axiata di Sulawesi, Sudah Menjangkau Morowali

Peresmian Pembangunan Madrasah Ibtidaiyah ini juga turut dihadiri oleh Chief of Human Capital Officer XL Axiata, M Hira Kurnia, Ketua Yayasan MTXL, Fery Firman dan karyawan-karyawan XL Axiata lainnya.

”Sebagai perusahaan telekomunikasi, selain membangun jaringan dan menggelar layanan telekomunikasi dan data, XL Axiata juga terus membantu masyarakat dalam mengatasi persoalan dan kebutuhan sosial. Salah satunya berupa pembangunan madrasah di Buton Tengah, yang sangat jauh dari Ibu Kota Provinsi dan Ibu Kota Negara,” ujar Dian dalam rilisnya.

Dian menjelaskan, aksi sosial ini sekaligus menunjukkan cinta XL Axiata dari manajemen dan karyawan terhadap Indonesia. “Kami ingin membantu memajukan pendidikan anak-anak di daerah terpencil, tidak hanya melalui penyediaan layanan internet, namun juga aksi langsung terjun di daerah,” tambahnya.

Baca Juga : Kalla Institute Usia 5 Tahun, Persiapkan Mahasiswa Buka Lapangan Kerja dan Berdaya Saing

Dian menambahkan, suatu kebanggaan tersendiri bagi manajemen dan karyawan XL Axiata bisa langsung membangunkan fasilitas umum yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat di Buton Tengah, Sulawesi Tenggara.

Ia berharap, semoga madrasah ini membawa manfaat dan memberikan kemudahan akses pendidikan bagi masyarakat kelurahan desa Tolandona Matanaeo dan sekitarnya, dan kedepannya #jadilebihbaik.

Dian menambahkan dana wakaf ini berasal dari manajemen dan karyawan XL Axiata untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. Madrasah Ibtidaiyah Al -Amin ini dipilih karena kondisinya memprihatinkan dan bangunannya nyaris ambruk.

Baca Juga : Danny Pomanto Akan Buat Sistem Subsidi Agar Semua Anak Dapat Pendidikan

XL Axiata berkomitmen untuk terus memperbesar kontribusi kepada masyarakat sebagai wujud kepedulian melalui program-program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) yang berkelanjutan.

Pembangunan madrasah ini merupakan salah satu program besar XL Axiata yang dilaksanakan melalui Majlis Taklim XL Axiata (MTXL) di bawah program proyek pembangunan infrastruktur yang telah dilaksanakan sejak 2021. Selain proyek pembangunan Infrastruktur, MTXL juga terdapat program social entrepreneurship.

Sekretaris Daerah Buton Tengah H Konstantinus Bukide mengucapkan terima kasih kepada XL Axiata dan inisiatif wakaf (iWakaf) yang telah membangunkan Madrasah Ibtidaiyah Al-Amin ini untuk masyarakat Desa Tolandona Matanaeo, Kecamatan Sangia Wambulu.

Baca Juga : Danny Pomanto Minta ICMI Ambil Peran Cerdaskan Anak Bangsa di Tengah Krisis Moral

‘Semoga sarana pendidikan ini bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat sekitar agar bisa memenuhi kebutuhan atas sarana pendidikan yang layak bagi anak-anak kami,” kata H Konstantinus.

Madrasah ini dibangun di atas lahan seluas 1080 meter persegi terdiri dari 6 kelas, dengan total luas bangunan 304,6 meter persegi. Madrasah ini dapat menampung lebih dari 200 siswa dengan dilengkapi fasilitas antara lain bangku, meja dan papan tulis.

Wakaf merupakan salah satu program rutin Majelis Taklim XL Axiata (MTXL) yang menjadi bagian dari program tanggung jawab sosial perusahaan. Program pembangunan madrasah ini bekerjasama dengan inisiatif wakaf (iWakaf) dan PT. Garuda Nusa Engineering sebagai pelaksana Pembangunan.

Baca Juga : UGM Beri Kemudahan Akses Ujian Masuk CBT di Makassar

Melalui kesempatan peresmian Madrasah di Kabupaten Buton Tengah, XL Axiata juga melaksanakan program XL Axiata Baik di SMA Negeri 1 Baubau dan Madrasah Ibtidaiyah Al-Amin.

Program XL Axiata Baik ini merupakan salah satu program XL Axiata di mana karyawan diberikan kesempatan untuk memberikan ilmu dan pengalamannya kepada masyarakat.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Olahraga22 Juli 2024 09:28
Kemenkumham Sulsel Juara Umum Turnamen Tenis Peringatan Hari Pengayoman Tahun 2024
SULSELSATU.com, JAKARTA – Kontingen Tenis Lapangan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kanwil Kemenkumham Sulsel) berhasi...
Olahraga22 Juli 2024 08:24
Daftar Juara Honda Dream Cup Palopo, Siap Jadi Bibit Pembalap Muda Potensial
Honda Dream Cup (HDC) di Sirkuit Ratona Motosport Palopo berhasil mendapatkan juaranya setiap kelas balap....
Berita Utama22 Juli 2024 08:07
Tim Sepakbola Kodim 1425 Jeneponto FC, Raih Tiket Ke Babak Semifinal Pada Turnamen Tarowang Super Cup
SULSELSATU.com, JENEPONTO – Tim Sepak Bola Kodim 1425 Jeneponto FC berhasil melaju ke semifinal setelah memenangkan pertandingan melawan Pestisida F...
Metropolitan21 Juli 2024 22:37
Dosen Sastra UMI Jabat Ketua Asosiasi Dosen Swasta Sulsel
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Muhammad Harun, S.S., M.Pd., C.I, yang merupakan Dosen Fakultas Sastra UMI, terpilih dan dipercaya menjadi Ketua Umum...