Logo Sulselsatu

Mapala UMI Makassar Gelar NCC ke-2, Bakal Diikuti Peserta Lintas Provinsi

Asrul
Asrul

Sabtu, 01 Juni 2024 19:28

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Muslim Indonesia (Mapala UMI) Makassar akan menggelar lomba panjat tebing atau National Climbing Competition ke II yang dipusatkan di Kampus II UMI di Jalan Urip Sumoharjo. Pelaksanaanya pada 1 sampai 4 Juli 2024.

Ketua umum Mapala UMI, Richard M Nur Pombo mengatakan, kegiatan even nasional tersebut merupakan kedua kalinya dilaksanakan. Serta mendapat dukungan penuh dari pihak kampus dan Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI).

“Pertama kita laksanakan tahun 2005, dan Alhamdulillah kali ini kita laksanakan di Kampus UMI yang bersifat nasional. Alhamdulillah beberapa kegiatan didukung penuh pihak kampus, didukung FPTI Sulsel, didukung FPTI Pusat,” kata Richard kepada awak media pada Sabtu (1/6/2024).

Baca Juga : Mapala UMI Siapkan Hadiah Total Rp70 Juta Buat Gelaran Panjat Tebing

Richard menyebutkan, kegiatan ini akan diikuti peserta yang berasal dari berbagai Provinsi di Indonesia dengan memperebutkan total hadiah puluhan juta. Adapun peserta yang sudah mengkonfirmasi yakni, Manado, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Kalimantan Tengah hingga Banten.

“Ini kegiatan dianggap spektakuler karena total hadiah Rp70 juta,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia National Climbing Competition ke II Mapala UMI, Ahmad Lubis menambahkan, persiapan lomba ini telah mencapai 60 persen. Adapun persiapan sudah dilakukan sejak bulan lalu.

Baca Juga : Gandeng UMI, Pemkab Gowa Siap Lanjutkan Program Beasiswa Seperempat Abad

“Alhamdulillah kerja keras teman-teman dari Mapala UMI dan tim teknis, progres saat ini sudah mencapai angka 60 persen. Sisa menyiapkan apa-apa yang akan kita siapkan saat perlombaan dimulai,” tambahnya.

Kegiatan nasional ini ada tiga kategori yang diperlombakan. Rinciannya, pertama Lead Umum Nasional yang diikuti oleh pemanjat-pemanjat nasional, kedua Lead Pemanjat SMA Khusus untuk regional Sulawesi, ketiga speed classic untuk regional Sulawesi.

“Kegiatan ini masuk dalam agenda kalender FPTI, dalam bentuk open turnamen tingkat nasional. Pendaftaran ditutup 28 Juni. Undangan sudah disebar melalui flayer ke semua komunitas olahraga panjat tebing,” ucapnya.

Baca Juga : Fikom UMI Buka Pendaftaran Camaba Via Online

Tak hanya itu, turnamen ini diharapkan menjadi ajang try out bagi atlet untuk mengukur kemampuannya yang selama ini di asa dalam proses latihan. Sehingga ia mengharapkan, para atlet asal Sulawesi Selatan bisa mendapatkan hasil maksimal.

“Pasti targetnya Sulsel bisa tampil secara maksimal, dan memperlihatkan bahwa Sulsel juga bisa.
InsyaAllah, kita pasti menargetkan juara 1 di tingkat nasional, dan di tingkat regional,” kuncinya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video12 Juni 2024 23:22
VIDEO: 50 Bangsal Pekerja Royal Sentraland Moncongloe Maros Terbakar
SULSELSATU.com – Bangsal pekerja di Perumahan Royal Sentraland, Moncongloe, Maros terbakar, Rabu (12/6/2024). Kejadian tersebut terjadi sekitar ...
Pendidikan12 Juni 2024 22:51
Ramah Tama FIP UNM, Rektor UNM: Hidup itu Untuk Memberi Kontribusi
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Makassar (UNM) kembali menggelar ramah tamah Wisuda periode Juni ...
Politik12 Juni 2024 22:21
Dinilai Bebas KKN, Milenial 445 Dukung Sudirman Sulaiman Maju Pilgub Sulsel
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dukungan untuk Andi Sudirman Sulaiman maju pada pentas Pemilihan Gubernur (Pilgib) Sulsel mulai bermunculan, terbaru ...
Pendidikan12 Juni 2024 21:58
Danny Pomanto Minta ICMI Ambil Peran Cerdaskan Anak Bangsa di Tengah Krisis Moral
Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto meminta Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) mengambil peran mencerdaskan anak bangsa di tengah krisis...