Logo Sulselsatu

Parkir Mobil di Tanjakan atau Turunan Ada Caranya Agar Aman, Kalla Toyota Beri Tipsnya

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Selasa, 04 Juni 2024 14:22

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Memarkir kendaraan di jalanan menanjak atau menurun ada cara khususnya. Pengguna kendaraan harus paham caranya agar kendaraan aman.

Selain itu, penting untuk dipastikan kendaraan sudah tidak bergerak sedikit pun. Berikut ini, Kalla Toyota membagikan tips parkir kendaraan di tanjakan dan turunan agar tidak meluncur.

Marketing Communication Asst. Manager Kalla Toyota Andi Chairiza Bahrun mengatakan, parkir di turunan harus putar roda ke depan arah trotoar atau tepi jalan. Kemudian, gerakan kendaraan maju sampai bagian roda menyentuh trotoar.

Baca Juga : Member Komunitas Toyota Makin Untung dengan Kartu Tanda Anggota

Tujuannya supaya trotoar dapat menahan mobil saat tiba bergerak maju.

“Untuk mobil dengan transisi manual gunakan rem parkir dan pindahkan ruas transmisi ke posisi R. Mobil bertransmisi otomatis gunakan rem parkir dan posisikan tuas transmisi pada posisi P,” kata Caca sapaanya, Selasa (4/6/2024).

Selanjutnya, untuk parkir di tanjakan, pengguna harus bisa memutar roda depan menjauh dari trotoar atau ke arah badan jalan, lalu gerakan kendaraan mundur sampai bagian roda depan menyentuh trotoar. Ini bisa menahan mobil kalau sampai bergerak turun.

Baca Juga : Penawaran Spesial Kalla Toyota Selama Pesta Rangga dalam Rangka HUT ke-72 Kalla

Pada mobil manual gunakan rem parkir dan tempatkan gigi di posisi 1. Dan, untuk mobil bertransmisi otomatis gunakan rem parkir dan posisi transmisi pada posisi P.

Namun, jika diperlukan, pengguna mobil bisa juga berikan ganjalan pada roda.

“Pelajari parkir paralel, harus punya keterampilan yang memadai mengingat posisi jalan menurun memberi tantangan tambahan ketika manuver parkir. Sebagian dari pengemudi kurang terampil ketika parkir paralel ditambah lokasi parkir di tanjakan atau turunan yang lebih sulit,” ujar Caca.

Baca Juga : Begini Fitur yang Dimiliki Toyota Hilux Rangga Cocok Bagi Pelaku Usaha

Terakhir kata Caca, Kalla Friends harus mengukur kemampuan saat ingin parkir dan jangan dipaksakan kalau medan parkirnya sulit.

Pastikan kondisi jalan aman saat ingin keluar dengan mengecek spion samping terutama di posisi jalan menurun.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Politik24 Oktober 2024 12:31
Relawan Buruh Siap Menangkan Seto-Rezki di Pilkada Makassar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Para buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Maritim Indonesia (SPMI) Sulsel mendeklarasikan dukungan kep...
Hukum24 Oktober 2024 11:36
Peningkatan Kinerja Humas Pemasyarakatan Sulsel Melalui Asistensi Media
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Direktorat Jenderal Pemasyarakatan melalui Kelompok Kerja Kehumasan, yang dipimpin PJ Bidang Informasi, JP Budi Waskito, ...
Politik24 Oktober 2024 10:50
Ajak Warga Pilih Andalan Hati, Puluhan Legislator Parpol Koaliasi Tebar Ribuan APK
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Partai politik (parpol) koalisi pengusung dan pendukung pasangan Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi (Andalan Hati...
Aneka24 Oktober 2024 09:26
Kolaborasi Asmo Sulsel Bersama Perusahaan Edukasi Safety Riding kepada Pegawai
Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) memberikan edukasi safety riding kepada puluhan karyawan Mars Cocoa Side Pangkep...