Logo Sulselsatu

230 Mahasiswa GenBI Ikut Giat Bela Negara dan Peningkatan Kemampuan Menjadi Agen Perubahan

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Sabtu, 08 Juni 2024 16:08

Bank Indonesia menggelar Leadership Practice: Bela Negara dan Capacity Building bagi 230 mahasiswa GenBI. Foto: Istimewa.
Bank Indonesia menggelar Leadership Practice: Bela Negara dan Capacity Building bagi 230 mahasiswa GenBI. Foto: Istimewa.

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Sebanyak 230 mahasiswa yang tergabung dalam Generasi Baru Indonesia (GenBI) ikut kegiatan ‘Leadership Practice: Bela Negara dan Capacity Building’ pada 7 hingga 9 Juni 2024 di Mako Lantamal VI – Makassar.

Seluruh mahasiswa yang ikut berasal dari Universitas Hasanuddin, Universitas Negeri Makassar, dan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Kegiatan ini di awali opening ceremony dan leaders talk oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan (BI Sulsel) Rizki Ernadi Wimanda bersama dengan Komandan Lantamal VI – Makassar Brigadir Jendral TNI (MAR) Andi Rahmat M.

Baca Juga : Peserta QRIS Jelajah Indonesia di Sulsel Tempuh Jarak 800 Kilometer Edukasi Transaksi Digital

Leadership practice menjadi ajang silahturahmi, penguatan keorganisasian dan memperluas wawasan kebangsaan. Selain itu untuk optimalisasi kemampuan GenBI dalam berorganisasi.

Dengan ini, GenBI diharapkan agar mampu berperan sebagai agen perubahan dalam pemberdayaan masyarakat, serta memperkuat pengetahuan kebanksentralan sehingga dapat menjadi garda terdepan dalam mengkomunikasikan kebijakan terkini Bank Indonesia.

Rizki menjelaskan, kegiatan ini merupakan wadah pembelajaran dan pengalaman yang berharga untuk mendorong semangat anak-anak muda agar semakin mencintai tanah air.

Baca Juga : Transaksi UMKM Capai Rp373 Juta Selama Lima Hari Pelaksanaan KKS x Digifest 2024

Kiat-kiat yang diberikan untuk membentuk jiwa kepemimpinan mahasiswa yaitu melalui 4AS yaitu Kerja Keras, Kerja Tuntas, Kerja Cerdas, dan Kerja Ikhlas.

“Kami berharap GenBI dapat membentuk sikap disiplin waktu, jiwa kebersamaan dan solidaritas, mental fisik yang tangguh, menanamkan rasa kecintaan pada bangsa dan patriotisme, melatih jiwa leadership, membentuk iman dan taqwa yang dianut oleh individu, serta berperilaku jujur, tegas, dan adil,” ujar Rizki.

Sementara itu, Danlantamal VI-Makassar berharap, peserta yang mengikuti pelatihan ini, GenBI tetap termotivasi untuk berusaha keras dan pantang menyerah dalam meraih cita-cita.

Baca Juga : KKK x Digifest 2024 Langkah Bank Indonesia Dorong Pertumbuhan Ekonomi Kreatif dan Digitalisasi

Brigadir Jendral TNI Andi Rahmat menekankan pentingnya sikap pantang menyerah, kerja keras, dan bersyukur dalam mencapai tujuan yang diinginkan.

”Keberhasilan dan kesuksesan kegiatan ini tidak akan tercapai tanpa didasari oleh kedisiplinan dan loyalitas yang tinggi. Karena itu adik-adik GenBI, jangan gampang menyerah dan terus bersyukur.”ujarnya

Pelatihan ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan oleh Bank Indonesia untuk mendukung peningkatan kapasitas SDM dan pengembangan soft skill para penerima Beasiswa Bank Indonesia, serta mencapai tujuan utama GenBI yaitu sebagai change agents, future leaders, dan frontliners komunikasi kebijakan Bank Indonesia.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Olahraga22 Juli 2024 09:28
Kemenkumham Sulsel Juara Umum Turnamen Tenis Peringatan Hari Pengayoman Tahun 2024
SULSELSATU.com, JAKARTA – Kontingen Tenis Lapangan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kanwil Kemenkumham Sulsel) berhasi...
Olahraga22 Juli 2024 08:24
Daftar Juara Honda Dream Cup Palopo, Siap Jadi Bibit Pembalap Muda Potensial
Honda Dream Cup (HDC) di Sirkuit Ratona Motosport Palopo berhasil mendapatkan juaranya setiap kelas balap....
Berita Utama22 Juli 2024 08:07
Tim Sepakbola Kodim 1425 Jeneponto FC, Raih Tiket Ke Babak Semifinal Pada Turnamen Tarowang Super Cup
SULSELSATU.com, JENEPONTO – Tim Sepak Bola Kodim 1425 Jeneponto FC berhasil melaju ke semifinal setelah memenangkan pertandingan melawan Pestisida F...
Metropolitan21 Juli 2024 22:37
Dosen Sastra UMI Jabat Ketua Asosiasi Dosen Swasta Sulsel
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Muhammad Harun, S.S., M.Pd., C.I, yang merupakan Dosen Fakultas Sastra UMI, terpilih dan dipercaya menjadi Ketua Umum...