Logo Sulselsatu

KM Umsini Terbakar di Pelabuhan Makassar, Pelindo Pastikan Semua Aman dan Tetap Beroperasi

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Senin, 10 Juni 2024 05:59

Proses evakuasi KM Umsini yang terbakar di Pelabuhan Makassar. Foto: Istimewa.
Proses evakuasi KM Umsini yang terbakar di Pelabuhan Makassar. Foto: Istimewa.

SULSELSATU.com, MAKASSAR – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 menyatakan bahwa kejadian kebakaran yang menimpa KM Umsini tidak mengganggu operasional di Pelabuhan Makassar.

KM Umsini sebelumnya tiba di Pelabuhan Makassar pukul 01.30 WITA dari Baubau dan akan melanjutkan pelayarannya ke Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Executive Director 4 Pelindo Regional 4 Abdul Azis mengatakan, pihaknya juga turut membantu penanganan atas insiden kebakaran yang menimpa KM Umsini pada Minggu (9/6/2024) pukul 05.45 WITA tersebut.

Baca Juga : Pelindo Regional 4 Bersama Satgas Saber Pungli Sosialisasi Anti Korupsi di Pelabuhan

“Kami menyiapkan ruang tunggu di Terminal Penumpang Anging Mammiri yang dapat menampung sebanyak kurang lebih 3.000 orang penumpang,” ujarnya.

“Alhamdulillah seluruh penumpang dari atas kapal sudah berhasil turun dengan selamat. Kapasitas terminal penumpang di Pelabuhan Makassar sangat siap sekali dengan kapasitas total kurang lebih 3.000 orang. Dan saat ini kondisi sekarang ada sekitar 1.500 orang penumpang.”

Abdul Azis menambahkan, pada prinsipnya Pelindo tetap berupaya memberikan rasa nyaman, tertib, dan aman kepada para penumpang yang akan tetap melanjutkan perjalanannya ke Surabaya dan ke Jakarta.

Baca Juga : Pelindo Regional 4 Catat Pertumbuhan Positif Hingga Mei 2024

Pelindo sebagai pengelola terminal penumpang Pelabuhan Makassar akan memberikan jaminan kebersihan dan ketersediaan kebutuhan para penumpang seperti ruang untuk ibu menyusui, mushola, toliet yang bersih, dan pendingan ruangan atau AC, untuk memberikan rasa nyaman kepada para penumpang.

“Semoga ini bisa tertangani dengan baik sehingga meskipun tertunda keberangkatannya, mereka tetap bisa tiba di tempat tujuan dengan selamat,” tukas Abdul Azis.

General Manager Pelindo Regional 4 Makassar Iwan Sjarifuddin menambahkan, insiden kebakaran KM Umsini yang terjadi tadi pagi juga tidak mengganggu aktivitas keluar masuk kapal di Pelabuhan Makassar.

Baca Juga : Utara Fest 2024 di Pelabuhan Paotere Gerakkan Roda Ekonomi dan Tambah Daya Tarik Wisatawan

“Saat ini info dari Pelni, ada penumpang kurang lebih 400 orang yang akan menuju Surabaya dan sisanya sekitar 1.000 orang masih menunggu karena mereka akan lanjut ke Jakarta dan ke Kijang. Itu nanti akan kami tampung di terminal penumpang. Sampai saat ini Alhamdulillah terminal penumpang di Pelabuhan Makassar masih aman-aman saja. Konsekuensi akibat insiden ini pasti ada, tapi kami upayakan seminimal mungkin,” pungkas Iwan.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Olahraga22 Juli 2024 09:28
Kemenkumham Sulsel Juara Umum Turnamen Tenis Peringatan Hari Pengayoman Tahun 2024
SULSELSATU.com, JAKARTA – Kontingen Tenis Lapangan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kanwil Kemenkumham Sulsel) berhasi...
Olahraga22 Juli 2024 08:24
Daftar Juara Honda Dream Cup Palopo, Siap Jadi Bibit Pembalap Muda Potensial
Honda Dream Cup (HDC) di Sirkuit Ratona Motosport Palopo berhasil mendapatkan juaranya setiap kelas balap....
Berita Utama22 Juli 2024 08:07
Tim Sepakbola Kodim 1425 Jeneponto FC, Raih Tiket Ke Babak Semifinal Pada Turnamen Tarowang Super Cup
SULSELSATU.com, JENEPONTO – Tim Sepak Bola Kodim 1425 Jeneponto FC berhasil melaju ke semifinal setelah memenangkan pertandingan melawan Pestisida F...
Metropolitan21 Juli 2024 22:37
Dosen Sastra UMI Jabat Ketua Asosiasi Dosen Swasta Sulsel
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Muhammad Harun, S.S., M.Pd., C.I, yang merupakan Dosen Fakultas Sastra UMI, terpilih dan dipercaya menjadi Ketua Umum...