Logo Sulselsatu

KM Umsini Terbakar di Pelabuhan Makassar, Pelindo Pastikan Semua Aman dan Tetap Beroperasi

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Senin, 10 Juni 2024 05:59

Proses evakuasi KM Umsini yang terbakar di Pelabuhan Makassar. Foto: Istimewa.
Proses evakuasi KM Umsini yang terbakar di Pelabuhan Makassar. Foto: Istimewa.

SULSELSATU.com, MAKASSAR – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 menyatakan bahwa kejadian kebakaran yang menimpa KM Umsini tidak mengganggu operasional di Pelabuhan Makassar.

KM Umsini sebelumnya tiba di Pelabuhan Makassar pukul 01.30 WITA dari Baubau dan akan melanjutkan pelayarannya ke Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Executive Director 4 Pelindo Regional 4 Abdul Azis mengatakan, pihaknya juga turut membantu penanganan atas insiden kebakaran yang menimpa KM Umsini pada Minggu (9/6/2024) pukul 05.45 WITA tersebut.

Baca Juga : Pelindo Group Peduli Masyarakat Sekitar MNP, Buat Akses Jalan Warga Buloa

“Kami menyiapkan ruang tunggu di Terminal Penumpang Anging Mammiri yang dapat menampung sebanyak kurang lebih 3.000 orang penumpang,” ujarnya.

“Alhamdulillah seluruh penumpang dari atas kapal sudah berhasil turun dengan selamat. Kapasitas terminal penumpang di Pelabuhan Makassar sangat siap sekali dengan kapasitas total kurang lebih 3.000 orang. Dan saat ini kondisi sekarang ada sekitar 1.500 orang penumpang.”

Abdul Azis menambahkan, pada prinsipnya Pelindo tetap berupaya memberikan rasa nyaman, tertib, dan aman kepada para penumpang yang akan tetap melanjutkan perjalanannya ke Surabaya dan ke Jakarta.

Baca Juga : Pelindo Regional 4 dan Kejati Sulut Teken MoU Tingkatkan Sinergi Pendampingan Hukum

Pelindo sebagai pengelola terminal penumpang Pelabuhan Makassar akan memberikan jaminan kebersihan dan ketersediaan kebutuhan para penumpang seperti ruang untuk ibu menyusui, mushola, toliet yang bersih, dan pendingan ruangan atau AC, untuk memberikan rasa nyaman kepada para penumpang.

“Semoga ini bisa tertangani dengan baik sehingga meskipun tertunda keberangkatannya, mereka tetap bisa tiba di tempat tujuan dengan selamat,” tukas Abdul Azis.

General Manager Pelindo Regional 4 Makassar Iwan Sjarifuddin menambahkan, insiden kebakaran KM Umsini yang terjadi tadi pagi juga tidak mengganggu aktivitas keluar masuk kapal di Pelabuhan Makassar.

Baca Juga : Delegasi Misi Bisnis Spanyol Kunjungi Pelabuhan Balikpapan dan KKT, Jajaki Peluang Investasi

“Saat ini info dari Pelni, ada penumpang kurang lebih 400 orang yang akan menuju Surabaya dan sisanya sekitar 1.000 orang masih menunggu karena mereka akan lanjut ke Jakarta dan ke Kijang. Itu nanti akan kami tampung di terminal penumpang. Sampai saat ini Alhamdulillah terminal penumpang di Pelabuhan Makassar masih aman-aman saja. Konsekuensi akibat insiden ini pasti ada, tapi kami upayakan seminimal mungkin,” pungkas Iwan.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Politik24 Oktober 2024 12:31
Relawan Buruh Siap Menangkan Seto-Rezki di Pilkada Makassar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Para buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Maritim Indonesia (SPMI) Sulsel mendeklarasikan dukungan kep...
Hukum24 Oktober 2024 11:36
Peningkatan Kinerja Humas Pemasyarakatan Sulsel Melalui Asistensi Media
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Direktorat Jenderal Pemasyarakatan melalui Kelompok Kerja Kehumasan, yang dipimpin PJ Bidang Informasi, JP Budi Waskito, ...
Politik24 Oktober 2024 10:50
Ajak Warga Pilih Andalan Hati, Puluhan Legislator Parpol Koaliasi Tebar Ribuan APK
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Partai politik (parpol) koalisi pengusung dan pendukung pasangan Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi (Andalan Hati...
Aneka24 Oktober 2024 09:26
Kolaborasi Asmo Sulsel Bersama Perusahaan Edukasi Safety Riding kepada Pegawai
Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) memberikan edukasi safety riding kepada puluhan karyawan Mars Cocoa Side Pangkep...