Logo Sulselsatu

Perpustakaan Umum Panakkukang Jadi Destinasi Baru di Longwis Budaya Paropo

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Rabu, 12 Juni 2024 11:04

Perpustakaan umum di Jalan Paropo Kota Makassar. Foto: Istimewa.
Perpustakaan umum di Jalan Paropo Kota Makassar. Foto: Istimewa.

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Makassar kini memiliki perpustakaan dengan konsep unik dan berbeda.

Perpustakaan Umum Kecamatan Panakkukang di Baruga Paropo, Jalan Paropo 2 No. 38, Kota Makassar menawarkan tema kekinian yang menggabungkan wisata budaya.

Saat ditemui di ruang bacanya, Kepala Perpustakaan, Yahya Syamsuddin menyampaikan bahwa perpustakaan ini juga dilengkapi dengan mini kafe dan mini museum.

Baca Juga : PDAM Makassar Catat Kepuasan Pelanggan Mencapai 93,77 Persen Selama 2023

Perpustakaan berlantai dua ini memiliki desain menarik dengan mini bar kafe dan mini museum di lantai pertama, yang dilengkapi dengan buku-buku daerah Makassar. Lantai kedua menyediakan layanan pertemuan serta area baca anak.

Pengunjung dapat menikmati beragam bacaan, wisata budaya, dan bersantai di kafe dengan fasilitas Wi-Fi dari pukul 12 siang hingga 12 malam.

“Disini biasa juga ditempati nobar (nonton bareng),” ungkap Yahya.

Baca Juga : PJ Sekda Pimpin Rapat Finalisasi Persiapan Peresmian Program RISE di Bulorokeng

Terletak di salah satu pemukiman tertua di Kota Makassar, yaitu Kampung Paropo, perpustakaan ini merupakan binaan Dinas Perpustakaan Makassar.

Selain buku, perpustakaan ini juga menawarkan berbagai pernak-pernik khas Kampung Paropo seperti gantungan kunci dan kaos yang dapat dibeli sebagai kenang-kenangan.

“Sudah banyak yang berkunjung ke sini untuk belajar sejarah, termasuk rombongan dari Papua,” kata Yahya, Rabu (12/6/2024).

Baca Juga : Danny Pomanto Hadiri Pelantikan dan Pengambilan Sumpah 209 Bintara Polri

Yahya juga mengungkapkan rasa syukurnya atas dukungan dari pemerintah setempat yang menjadikan lorong perpustakaan sebagai lorong wisata (Longwis) budaya.

“Alhamdulillah, Perpustakaan Umum kami disupport oleh Camat dan Lurah dan menjadikan lorong kami lorong wisata (Longwis) budaya. Untuk operasional perpustakaan kami juga terbantu dari hasil kafe dan pernak pernik yang kami jual namun kami tetap berharap ada dukungan pemerintah untuk membantu pengembangan dan keberlanjutan perpustakaan kami,” harap Yahya.

Pustakawan Dinas Perpustakaan Kota Makassar Tulus Wulan Juni sangat mengapresiasi kreativitas tenaga perpustakaan dalam menghadirkan layanan yang menarik dan nyaman bagi pemustaka.

Baca Juga : Disnaker Makassar Siapkan Pelatihan Gratis untuk Masyarakat Lorong dan Difabel

“Ini keren konsepnya dan saya tidak menyangka banyak sekali perubahan di Perpustakaan Umum Kecamatan Panakkukang di tengah banyak keterbatasan yang dialami oleh Perpustakaan,” ungkap Tulus

“Terus semangat dan terus ditingkatkan karena perpustakaan tidak hanya tempat membaca saja tetapi tempat rekreasi atau wisata, tempat ngumpul yang positif, wadah kreativitas masyarakat dan membangun jiwa kemandirian,” terang Tulus memberi semangat,” pungkasnya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Penulis : Andi Baso Mappanyompa
Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video13 Juli 2024 22:40
VIDEO: Prabowo Subianto: Untuk Apa Bangun Gedung-gedung, Kereta Cepat jika Negara Tidak Aman
SULSELSATU.com – Presiden terpilih Prabowo Subianto menyampaikan perlindungan rakyat Indonesia menjadi penting. Ia menyampaikan pembangunan insf...
Sulsel13 Juli 2024 22:02
Melalui Fashion Karnaval, Bupati Adnan Harap Malino Terus Dikenal Kota Bunga
SULSELSATU.com, GOWA – Beautiful Malino 2024 memasuki hari kedua dengan berbagai rangkaian kegiatan, salah satunya adalah Fashion Karnaval yang ...
Bisnis13 Juli 2024 20:53
All New Honda BeAT Series Terbaru Hiasi Langit dan Pantai Ambon
Balon udara besar bertuliskan Honda dan All New Honda BeAT Series terbaru menghiasi langit serta pantai Ambon. Masyarakat pun dikejutkan dengan hal te...
Video13 Juli 2024 20:45
VIDEO: Modus Baru Penipuan Paket COD di Tanjung Bunga Makassar
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan seorang kurir yang mengantarkan paket bodong di Tanjung Bunga, Kota Makassar. Penghuni rumah yang m...