Logo Sulselsatu

UGM Beri Kemudahan Akses Ujian Masuk CBT di Makassar

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Rabu, 12 Juni 2024 15:01

Ts ujian masuk UGM di Makassar. Foto: Istimewa.
Ts ujian masuk UGM di Makassar. Foto: Istimewa.

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Sebanyak 472 peserta mengikuti Ujian Masuk Computer Based Test (UM-CBT) Universitas Gadjah Mada (UGM) di Makassar. Tes berlangsung di Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Sulsel pada 11 dan12 Juni 2024.

Penanggung Jawab Lokasi UM-CBT UGM UGM Dr. Abdurakhman menjelaskan, para peserta yang mengikuti ujian ini tidak hanya berasal dari Kota Makassar, tetapi juga mencakup dari beberapa wilayah Indonesia bagian timur.

“Tentu ini untuk memudahkan siswa yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi di UGM. Para peserta dari berbagai daerah di kawasan Indonesia timur, khususnya di area Makassar dan sekitarnya memiliki kesempatan yang sama untuk mendaftar di UGM,” jelasnya.

Baca Juga : Kalla Institute Usia 5 Tahun, Persiapkan Mahasiswa Buka Lapangan Kerja dan Berdaya Saing

Menurut Dr.Abdurakhman, penunjukan Makassar sebagai lokasi UM-CBT UGM dapat mengefisienkan dan waktu peserta.

“Kouta memgikuti proporsi tahun ini sesuai dengan yang disiapkan UGM. Setelah mengikuti test UM-CBT, nanti peserta sisa menunggu pengumuman sekitar bulan Juli 2024, di website resmi atau akun sosial media resmi milik UGM,” lanjutnya.

Bagi peserta yang diterima, maka otomatis dapat langsung ke Yogyakarta untuk daftar ulang, karena telah berhak menjadi mahasiswa UGM.

Baca Juga : Danny Pomanto Akan Buat Sistem Subsidi Agar Semua Anak Dapat Pendidikan

Penyelenggaraan UM-CBT UGM ini didukung oleh sejumlah pihak. Salah satunya yaitu Keluarga Alumni Gadjah Mada (KAGAMA) yang ada di seluruh Indonesia.

Ketua KAGAMA Sulsel Asniar Khumas mengungkapkan, tahun ini merupakan tahun kedua pelakasanaan UM-CBT UGM di Makassar.

“Alhamdulillah ini sudah masuk tahun kedua Makassar ditunjuk menjadi lokasi ujian masuk UGM di luar pulau Jawa sejak tahun 2023 lalu. Alhamdulillah antusiasme peserta sangat tinggi, hinga mencapai 472 orang yang berasal dari alumni berbagai Sekolah Menengah Atas (SMA) di Sulsel, Sulbar, Sulteng, Sultra, Sulut, Gorontalo, Maluku, NTB, hingga Papua Selatan,” ungkapnya.

Baca Juga : Danny Pomanto Minta ICMI Ambil Peran Cerdaskan Anak Bangsa di Tengah Krisis Moral

Asniar menyebut, untuk seluruh peralatan yang dipakai ujian dikirim langsung dari UGM melalui Kantor Pos Indonesia.

“Salah satu komitmen UGM yaitu pengembangan SDM di wilayah Indonesia Timur patut diapresiasi sebesar-besarnya. Terselenggaranya UM-CBT UGM dengan baik ini tidak terlepas dari peranan panitia lokal yang merupakan lulusan UGM untuk memberikan fasilitas yang sesuai dengan prosedural yang telah ditetapkan UGM,” tandasnya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video13 Juli 2024 22:40
VIDEO: Prabowo Subianto: Untuk Apa Bangun Gedung-gedung, Kereta Cepat jika Negara Tidak Aman
SULSELSATU.com – Presiden terpilih Prabowo Subianto menyampaikan perlindungan rakyat Indonesia menjadi penting. Ia menyampaikan pembangunan insf...
Sulsel13 Juli 2024 22:02
Melalui Fashion Karnaval, Bupati Adnan Harap Malino Terus Dikenal Kota Bunga
SULSELSATU.com, GOWA – Beautiful Malino 2024 memasuki hari kedua dengan berbagai rangkaian kegiatan, salah satunya adalah Fashion Karnaval yang ...
Bisnis13 Juli 2024 20:53
All New Honda BeAT Series Terbaru Hiasi Langit dan Pantai Ambon
Balon udara besar bertuliskan Honda dan All New Honda BeAT Series terbaru menghiasi langit serta pantai Ambon. Masyarakat pun dikejutkan dengan hal te...
Video13 Juli 2024 20:45
VIDEO: Modus Baru Penipuan Paket COD di Tanjung Bunga Makassar
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan seorang kurir yang mengantarkan paket bodong di Tanjung Bunga, Kota Makassar. Penghuni rumah yang m...