Logo Sulselsatu

UGM Beri Kemudahan Akses Ujian Masuk CBT di Makassar

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Rabu, 12 Juni 2024 15:01

Ts ujian masuk UGM di Makassar. Foto: Istimewa.
Ts ujian masuk UGM di Makassar. Foto: Istimewa.

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Sebanyak 472 peserta mengikuti Ujian Masuk Computer Based Test (UM-CBT) Universitas Gadjah Mada (UGM) di Makassar. Tes berlangsung di Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Sulsel pada 11 dan12 Juni 2024.

Penanggung Jawab Lokasi UM-CBT UGM UGM Dr. Abdurakhman menjelaskan, para peserta yang mengikuti ujian ini tidak hanya berasal dari Kota Makassar, tetapi juga mencakup dari beberapa wilayah Indonesia bagian timur.

“Tentu ini untuk memudahkan siswa yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi di UGM. Para peserta dari berbagai daerah di kawasan Indonesia timur, khususnya di area Makassar dan sekitarnya memiliki kesempatan yang sama untuk mendaftar di UGM,” jelasnya.

Baca Juga : Kalla Institute Gandeng Bank Sulselbar Jalin Kerja Sama Tingkatkan Kualitas Mahasiswa

Menurut Dr.Abdurakhman, penunjukan Makassar sebagai lokasi UM-CBT UGM dapat mengefisienkan dan waktu peserta.

“Kouta memgikuti proporsi tahun ini sesuai dengan yang disiapkan UGM. Setelah mengikuti test UM-CBT, nanti peserta sisa menunggu pengumuman sekitar bulan Juli 2024, di website resmi atau akun sosial media resmi milik UGM,” lanjutnya.

Bagi peserta yang diterima, maka otomatis dapat langsung ke Yogyakarta untuk daftar ulang, karena telah berhak menjadi mahasiswa UGM.

Baca Juga : Indosat Fasilitasi Laboratorium Bagi Mahasiswa Unhas Kembangkan Kemampuan di Bidang Teknologi

Penyelenggaraan UM-CBT UGM ini didukung oleh sejumlah pihak. Salah satunya yaitu Keluarga Alumni Gadjah Mada (KAGAMA) yang ada di seluruh Indonesia.

Ketua KAGAMA Sulsel Asniar Khumas mengungkapkan, tahun ini merupakan tahun kedua pelakasanaan UM-CBT UGM di Makassar.

“Alhamdulillah ini sudah masuk tahun kedua Makassar ditunjuk menjadi lokasi ujian masuk UGM di luar pulau Jawa sejak tahun 2023 lalu. Alhamdulillah antusiasme peserta sangat tinggi, hinga mencapai 472 orang yang berasal dari alumni berbagai Sekolah Menengah Atas (SMA) di Sulsel, Sulbar, Sulteng, Sultra, Sulut, Gorontalo, Maluku, NTB, hingga Papua Selatan,” ungkapnya.

Baca Juga : Yayasan Guru Belajar Gelar Workshop Pembelajaran Inovatif, Hadirkan Media Ajar Finansial Menarik

Asniar menyebut, untuk seluruh peralatan yang dipakai ujian dikirim langsung dari UGM melalui Kantor Pos Indonesia.

“Salah satu komitmen UGM yaitu pengembangan SDM di wilayah Indonesia Timur patut diapresiasi sebesar-besarnya. Terselenggaranya UM-CBT UGM dengan baik ini tidak terlepas dari peranan panitia lokal yang merupakan lulusan UGM untuk memberikan fasilitas yang sesuai dengan prosedural yang telah ditetapkan UGM,” tandasnya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Politik24 Oktober 2024 12:31
Relawan Buruh Siap Menangkan Seto-Rezki di Pilkada Makassar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Para buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Maritim Indonesia (SPMI) Sulsel mendeklarasikan dukungan kep...
Hukum24 Oktober 2024 11:36
Peningkatan Kinerja Humas Pemasyarakatan Sulsel Melalui Asistensi Media
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Direktorat Jenderal Pemasyarakatan melalui Kelompok Kerja Kehumasan, yang dipimpin PJ Bidang Informasi, JP Budi Waskito, ...
Politik24 Oktober 2024 10:50
Ajak Warga Pilih Andalan Hati, Puluhan Legislator Parpol Koaliasi Tebar Ribuan APK
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Partai politik (parpol) koalisi pengusung dan pendukung pasangan Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi (Andalan Hati...
Aneka24 Oktober 2024 09:26
Kolaborasi Asmo Sulsel Bersama Perusahaan Edukasi Safety Riding kepada Pegawai
Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) memberikan edukasi safety riding kepada puluhan karyawan Mars Cocoa Side Pangkep...