Logo Sulselsatu

Lakukan Penawaran Investasi Tanpa Izin OJK, Satgas PASTI Putuskan Tiga Hal Bagi Ahmad Rafif Raya

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Minggu, 07 Juli 2024 13:44

Ahmad Rafif Raya. Foto: Istimewa.
Ahmad Rafif Raya. Foto: Istimewa.

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Influencer Ahmad Rafif Raya asal Makassar terbukti telah melakukan penawaran investasi melalui perusahaan PT Waktunya Beli Saham tanpa izin dari Otoritas Jasa Keuangan.

Dalam keterangannya kepada OJK, Ahmad Rafif Raya mengakui bahwa dirinya adalah pengurus dan pemegang saham dari PT Waktunya Beli Saham. PT Waktunya Beli Saham tidak memiliki izin usaha dari OJK sebagai Manajer Investasi dan Penasihat Investasi.

Ahmad Rafif Raya menyatakan bahwa telah melakukan penawaran investasi, penghimpunan dana, dan pengelolaan dana masyarakat tanpa izin.

Baca Juga : LPS Siapkan Pembayaran Simpanan Nasabah BPR yang Tutup

Penghimpunan dana masyarakat dari hasil penawaran investasi yang dilakukan Ahmad Rafif Raya menggunakan nama-nama pegawai dari PT Waktunya Beli Saham untuk membuka rekening Efek nasabah di beberapa perusahaan sekuritas.

Atas keterangan tersebut, Satuan Tugas Pemberantasan Aktivitas Keuangan Ilegal atau Satgas PASTI menghentikan kegiatan yang dilakukan oleh Ahmad Rafif Raya.

Hal tersebut karena terindikasi melanggar ketentuan Pasal 237 Undang-Undang tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (UU P2SK) dalam melakukan penawaran investasi, penghimpunan dan pengelolaan dana masyarakat tanpa izin dari OJK.

Baca Juga : OJK Catat Aset Perbankan Sulsel Mencapai Rp193,36 Triliun Hingga Mei 2024

Pada tanggal 4 Juli 2024, Satgas PASTI telah memanggil Ahmad Rafif Raya melalui pertemuan virtual untuk meminta keterangan dan klarifikasi terkait pemberitaan permasalahannya dalam melakukan pengelolaan dana sebesar Rp71 Milyar.

Permintaan keterangan tersebut dilakukan bersama dengan satuan kerja pengawasan pasar modal dan penyidikan OJK, untuk memastikan aspek legalitas dan model bisnis yang dilakukan oleh Ahmad Rafif Raya.

Sekretariat Satuan Tugas Pemberantasan Aktivitas Keuangan Ilegal – Hudiyanto mengatakan, memperhatikan keterangan yang telah disampaikan, Satgas PASTI memutuskan memerintahkan Ahmad Rafif Raya untuk tiga hal.

Baca Juga : Beautiful Malino Dorong Investor Lirik Kabupaten Gowa, Investasi Pariwisata Capai Rp400 Miliar

“Pertama, menghentikan kegiatannya dalam melakukan penawaran investasi, penghimpunan dan pengelolaan dana masyarakat tanpa izin sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku,” kata Hudiyanto dalam rilis resmi OJK.

Putusan kedua adalah Ahmad Rafif Raya bertanggung-jawab atas kerugian para pihak yang telah menitipkan dananya untuk berinvestasi dan mengembalikan seluruh dana yang telah dititipkan oleh para pihak.

Dan, terakhir adalah bersikap kooperatif terhadap proses penegakan hukum atas kegiatan penawaran investasi, penghimpunan dan pengelolaan dana masyarakat tanpa izin tersebut.

Baca Juga : OJK Bersama Stakeholder Perkuat Tata Kelola dan Integrasi Sektor Jasa Keuangan

Ahmad Rafif Raya telah menyatakan kesediaannya untuk menerima keputusan rapat Satgas PASTI tersebut dan dituangkan dalam surat pernyataan yang ditandatangani di atas meterai tertanggal 4 Juli 2024.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Olahraga25 Juli 2024 16:56
Pembalap Astra Honda Bertekad Bawa CBR Series Berjaya di ARRC Mandalika
Tampil di negeri sendiri, para pembalap binaan PT Astra Honda Motor (AHM) ini bertekad membawa CBR Series raih podium tertinggi pada gelaran balap Asi...
Ekonomi25 Juli 2024 16:02
Tumbuh Selektif dan Prudent, BRI Cetak Laba Rp29,90 Triliun
SULSELSATU.com, JAKARTA – PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dan entitas perusahaan anak atau BRI Group berhasil mencatatkan kinerja positif da...
Video25 Juli 2024 15:44
VIDEO: Kebakaran di Desa Tolada Luwu Utara, Rumah Ludes Terbakar
SULSELSATU.com, LUWU UTARA – Kebakaran di sebuah rumah di Desa Tolada, Dusun Lumu Lumu, Kecamatan Malangke, Kabupaten Luwu Utara pada Kamis (25/...
Hukum25 Juli 2024 15:37
Liberti Sitinjak Apresiasi Jajarannya Raih Juara Umum Pada Turnamen Tenis Peringatan Hari Pengayoman
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan, Liberti Sitinjak mengapresiasi jajarannya yang terg...