Logo Sulselsatu

5 Parpol di Makassar Bentuk Koalisi Kerakyatan

Asrul
Asrul

Minggu, 07 Juli 2024 18:32

Gabungan partai politik yang gagal masuk ke parlemen membentuk Koalisi Kerakyatan menyambut Pilwalkot Makassar. Foto/SS
Gabungan partai politik yang gagal masuk ke parlemen membentuk Koalisi Kerakyatan menyambut Pilwalkot Makassar. Foto/SS

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Lima partai nonparlemen di Kota Makassar membentuk Koalisi Kerakyatan. Koalisi ini dipersiapkan untuk berkontribusi pada Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwalkot) Makassar 2024.

Kelima partai itu yakni Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora), Partai Ummat, Partai Buruh, Partai Bulan Bintang (PBB), dan Partai Kebangkitan Nusantara (PKN).

Dalam struktural, Koalisi Kerakyatan ini diketuai Partai Gelora. Partai Ummat bertindak sebagai Sekretaris, PKN sebagai Bendahara. Sementara PBB dan Partai Buruh masing-masing sebagai juru bicara.

Baca Juga : Presiden PKS Ajak Kader Solid Menangkan Amri Arsyid di Pilwalkot Makassar

Sekretaris Partai Gelora Makassar Rusdiyan Rasyid mengemukakan, koalisi ini dibentuk seusai mendapat persetujuan dari masing-masing pengurus pusat. Koalisi ini bakal ambil bagian di Pilwalkot Makassar 2024.

“Sebagai instrumen demokrasi, kami bergabung untuk Pilwalkot Makassar. Makassar ini kota besar, perlu banyak orang untuk membenahi. Kami ingin ada perbaikan, ada inovasi,” ucap Rusdiyan usai deklarasi.

Menurut Rusdiyan, Koalisi Kerakyatan punya visi misi membawa Kota Makassar menjadi lebih baik lagi. Makanya, kandidat yang akan didukung oleh koalisi ini di Pilwalkot Makassar nanti adalah yang memiliki visi misi sama.

Baca Juga : Cara Appi Yakinkan Kerukunan Keluarga Luwu Raya Antar Makassar Jauh Lebih Baik

Rusdiyan menjamin dukungan yang diberikan Koalisi Kerakyatan tidak kosong. Sebab kelima partai anggota koalisi memiliki instrumen politik yang jelas. Mulai dari kecamatan, kelurahan, hingga RT/RW.

“Secara angka kami memiliki 28 ribu suara lebih saat Pemilu lalu. Sekitar 3,9 persen suara pemilu sah, dengan sebaran suara merata,” pungkas Rusdiyan.

Ketua Partai Ummat Makassar Natspul Sulaiman mengungkap, ketika pertama kali pembentukan koalisi ini diusulkan, Partai Ummat menyambut positif. Pasalnya, ini bisa menjadi nilai tawar bagi pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar.

Baca Juga : Rudal “Sayang Makassar” Kalah Sebelum Bertarung di Pilwalkot Makassar

“Saya menganggap koalisi ini filosofinya sapu lidi. Kalau berjalan sendiri, pasti dipandang sebelah mata. Tapi kalau jalan berbarengan, dalam koalisi ini pasti akan diperhitungkan,” ucap Natspul.

“Semoga koalisi ini solid mendukung siapa yang akan didukung nantinya. Kalau sudah ada satu, itu yang akan didukung, dibantu menyukseskan kepemimpinannya di Makassar,” sambung dia lagi.

Arman Muis, Ketua DPC PBB Makassar menjelaskan bawah Pengurus Pusat telah memberi kebebasan dalam menyambut pilkada di wilayah masing-masing.

Baca Juga : KKPB Deklarasi Dukung Appi Maju Pilwalkot Makassar

“Kita diberi kebebasan, partai non parlemen, bagaimana berkolaborasi dengan partai lain. Dengan ini, prinsipnya satu, kami siap menyukseskan pilkada, berkontribusi di pilkada. Kalau sendiri-sendiri, kecil. Kalau bersatu kita besar,” katanya.

Sementara itu, juru bicara Koalisi Kerakyatan Ishar mengatakan pasca deklarasi ini, pihaknya akan melakukan silaturahmi dengan kandidat-kandidat yang punya niat mengabdi sebagai pemimpin di Makassar.

“Tentu kita ingin ada kesamaan dengan kandidat yang akan kita dukung, maka silaturahmi awal akan kami bangun dengan kandidat,” tutur Ishar.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

News19 Juli 2024 10:18
PT Vale Tegaskan Komitmen Keberlanjutan dalam Sustainability Report 2023
PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) merilis Laporan Keberlanjutan 2023 dengan tema “Mining for Tomorrow: Sustaining Operations with Responsibility”...
Metropolitan18 Juli 2024 21:53
Danny Pomanto Globalkan Budaya Bugis, Makassar, Mandar, dan Toraja Lewat Event F8
SULSELSATU.com, JAKARTA – Makassar Internasional Eight Festival and Forum atau F8 selalu menyajikan hal-hal baru setiap tahunnya. Kembali digela...
Video18 Juli 2024 21:27
VIDEO: Kebakaran Alang-Alang di Pintu 1 Kampus Unhas
SULSELSATU.com – Alang-alang di pintu 1 Kampus Universitas Hasanuddin terbakar pada Kamis (18/7/2024) malam. Video kebakaran alang-alang tersebu...
Metropolitan18 Juli 2024 20:23
Perkuat Identitas Budaya Lokal, TP PKK Kota Makassar Sosialisasi Tata Cara Berbusana Daerah
SULSELSATU.com, MAKASSAR – TP PKK Kota Makassar menggelar sosialisasi tata cara berbusana daerah yang benar berbasis kearifan lokal. Kegiatan in...