Logo Sulselsatu

Dekatkan Calon ke Masyarakat, KPU Sulsel Rancang Debat Kandidat Digelar di Daerah Masing-masing

Asrul
Asrul

Senin, 08 Juli 2024 16:00

Anggota KPU Sulsel Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat, Hasruddin Husain. Foto/SS
Anggota KPU Sulsel Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat, Hasruddin Husain. Foto/SS

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Selatan (Sulsel) bakal menggelar debat untuk calon gubernur, bupati dan wali kota Pilkada Serentak 2024 di daerah masing-masing.

Anggota KPU Sulsel Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat, Hasruddin Husain, mengatakan pihaknya sedang merancang teknis debat Pilkada 2024 dengan pendekatan kedaerahan.

Baca Juga : Teken Kerjasama Dengan KPU, Kejati Sulsel Komitmen Jaga Netralitas di Pilkada Serentak

“Debat itu nantinya kita kembalikan ke daerah masing-masing. KPU 24 kabupaten kota ini harus menggelar debat di daerah masing-masing,” ujar Hasruddin usai diskusi Cafe Demokrasi KPU Sulsel di Makassar, Senin (8/7/2024).

Hasruddin Husain menjelaskan, debat pilkada di daerah bertujuan untuk memaksimalkan penyebaran informasi, sekaligus menghidupkan perekonomian khususnya media massa lokal.

Apalagi debat calon kepala daerah merupakan salah satu tahapan penting dalam masa kampanye Pilkada 2024.

Baca Juga : Bawaslu Sulsel Ingatkan KPU Cermat Lakukan Coklit, Tak Sekadar Tempel Stiker

“Kita ingin isu-isu strategis yang disampaikan kandidat dalam debat ini benar-benar tersampaikan kepada masyarakat,” tutur Hasruddin yang juga mantan Ketua KPU Kota Parepare.

Soal teknis pelaksanaan debat Pilkada 24 kabupaten kota di Sulsel, Hasruddin menyebut hal ini akan dikoordinasikan bersama pihak keamanan dan juga pemerintah daerah.

Menurut Hasruddin, selama ini debat pilkada terpusat di Jakarta maupun di ibu kota provinsi. KPU Sulsel menginginkan sesuatu yang baru dan berbeda. Ia yakin KPU kabupaten kota mampu menggelar debat di daerah masing-masing.

Baca Juga : DKPP Pecat Hasyim Asy’ari Sebagai Ketua dan Anggota KPU RI

“Tidak ada lagi debatnya dibawa ke Makassar dengan pertimbangan fasilitas tidak memadai, entah gedung-gedungnya tua,” katanya.

Sementara itu untuk debat calon gubernur dan wakil gubernur 2024, KPU Sulsel merancang tahapan ini digelar pada 3 daerah yang dianggap representatif. Daerah tersebut adalah Kabupaten Bulukumba, Kota Parepare dan Kota Palopo.

“Dengan representasi tiga daerah ini, kita berharap mampu menjawab informasi tentang isi debat yang selama ini dipusatkan di Jakarta,” tutup Hasruddin Husain.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Berita Utama25 Juli 2024 10:21
Program RTLH, Kodim 1425 Jeneponto Konsisten Wujudkan Kesejahteraan Purnawirawan TNI AD
SULSELSATU.com, JENEPONTO – Personil Kodim 1425 Jeneponto dibantu warga masyarakat terus kebut pengerjaan renovasi RTLH milik Purnawirawan TNI-AD Ba...
Ekonomi25 Juli 2024 10:17
Dukung Program Pangan Nasional, Danramil Bangkala Jeneponto Hadiri Panen Raya Padi
SULSELSATU.com, JENEPONTO – Panen raya padi yang berlangsung di Dusun Bangkala Desa Tuju Kecamatan Bangkala Barat Kabupaten Jeneponto, dihadiri ...
Bisnis25 Juli 2024 08:29
IM3 Hadirkan Paket Freedom Internet Simpel tapi Spesial dengan 100 Persen Kuota Utama
Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) melalui brand IM3 menghadirkan paket kuota data baru dari Freedom Internet yang Simpel tapi Spesial....
Video24 Juli 2024 22:50
VIDEO: Pengunjung Membludak di Festival Internasional Eight (F8) Makassar
SULSELSATU.com – Festival Internasional Eight (F8) berlangsung meriah pada Rabu malam (24/7/2024). Dalam video terlihat sejumlah pengunjung berd...