Logo Sulselsatu

Dekatkan Calon ke Masyarakat, KPU Sulsel Rancang Debat Kandidat Digelar di Daerah Masing-masing

Asrul
Asrul

Senin, 08 Juli 2024 16:00

Anggota KPU Sulsel Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat, Hasruddin Husain. Foto/SS
Anggota KPU Sulsel Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat, Hasruddin Husain. Foto/SS

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Selatan (Sulsel) bakal menggelar debat untuk calon gubernur, bupati dan wali kota Pilkada Serentak 2024 di daerah masing-masing.

Anggota KPU Sulsel Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat, Hasruddin Husain, mengatakan pihaknya sedang merancang teknis debat Pilkada 2024 dengan pendekatan kedaerahan.

Baca Juga : Debat Pertama Pilgub Sulsel Dijadwalkan 28 Oktober, Begini Persiapan KPU

“Debat itu nantinya kita kembalikan ke daerah masing-masing. KPU 24 kabupaten kota ini harus menggelar debat di daerah masing-masing,” ujar Hasruddin usai diskusi Cafe Demokrasi KPU Sulsel di Makassar, Senin (8/7/2024).

Hasruddin Husain menjelaskan, debat pilkada di daerah bertujuan untuk memaksimalkan penyebaran informasi, sekaligus menghidupkan perekonomian khususnya media massa lokal.

Apalagi debat calon kepala daerah merupakan salah satu tahapan penting dalam masa kampanye Pilkada 2024.

Baca Juga : KPU Siapkan 6.857.088 Lembar Surat Suara untuk Pilgub Sulsel

“Kita ingin isu-isu strategis yang disampaikan kandidat dalam debat ini benar-benar tersampaikan kepada masyarakat,” tutur Hasruddin yang juga mantan Ketua KPU Kota Parepare.

Soal teknis pelaksanaan debat Pilkada 24 kabupaten kota di Sulsel, Hasruddin menyebut hal ini akan dikoordinasikan bersama pihak keamanan dan juga pemerintah daerah.

Menurut Hasruddin, selama ini debat pilkada terpusat di Jakarta maupun di ibu kota provinsi. KPU Sulsel menginginkan sesuatu yang baru dan berbeda. Ia yakin KPU kabupaten kota mampu menggelar debat di daerah masing-masing.

Baca Juga : Hadapi Pilkada Serentak, KPU Sulsel Bekali Ilmu Khusus Ratusan PPK di Bulukumba

“Tidak ada lagi debatnya dibawa ke Makassar dengan pertimbangan fasilitas tidak memadai, entah gedung-gedungnya tua,” katanya.

Sementara itu untuk debat calon gubernur dan wakil gubernur 2024, KPU Sulsel merancang tahapan ini digelar pada 3 daerah yang dianggap representatif. Daerah tersebut adalah Kabupaten Bulukumba, Kota Parepare dan Kota Palopo.

“Dengan representasi tiga daerah ini, kita berharap mampu menjawab informasi tentang isi debat yang selama ini dipusatkan di Jakarta,” tutup Hasruddin Husain.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Politik24 Oktober 2024 12:31
Relawan Buruh Siap Menangkan Seto-Rezki di Pilkada Makassar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Para buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Maritim Indonesia (SPMI) Sulsel mendeklarasikan dukungan kep...
Hukum24 Oktober 2024 11:36
Peningkatan Kinerja Humas Pemasyarakatan Sulsel Melalui Asistensi Media
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Direktorat Jenderal Pemasyarakatan melalui Kelompok Kerja Kehumasan, yang dipimpin PJ Bidang Informasi, JP Budi Waskito, ...
Politik24 Oktober 2024 10:50
Ajak Warga Pilih Andalan Hati, Puluhan Legislator Parpol Koaliasi Tebar Ribuan APK
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Partai politik (parpol) koalisi pengusung dan pendukung pasangan Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi (Andalan Hati...
Aneka24 Oktober 2024 09:26
Kolaborasi Asmo Sulsel Bersama Perusahaan Edukasi Safety Riding kepada Pegawai
Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) memberikan edukasi safety riding kepada puluhan karyawan Mars Cocoa Side Pangkep...