Logo Sulselsatu

Tim PKM-K Universitas Hasanuddin Ciptakan “Makanja’ Feed” Pakan Alternatif dari Limbah Lingkungan

Andi
Andi

Selasa, 09 Juli 2024 21:28

Tim PKM-K Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin. Ist
Tim PKM-K Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin. Ist

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tim Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan (PKM-K) Universitas Hasanuddin yang diketuai oleh Aliah Ainun M. dengan rekan tim M. Iqbal, Putri Suryaningsih, Ninih Mutmainnah, dan Isdiansyah ciptakan pakan alternatif (Single Feeding System).Tim ini menunjukkan kepedulian yang tinggi terhadap limbah lingkungan dengan menghadirkan inovasi baru yang diberi nama “Makanja’ Feed”.

Dengan memanfaatkan limbah lingkungan berupa bulu ayam yang dihasilkan oleh Rumah Pemotongan Ayam, Kulit Singkong, dan Maggot yang dibudidaya dengan menggunakan sampah organik.

“Kami memformulasikan Makanja’ Feed untuk dijadikan sebagai produk yang unggul dengan berbagai kelebihan,” ungkap Ketua Tim PKM-K, Aliah, Selasa (09/7/2024).

Baca Juga : Jaringan Universitas Hasanuddin Semakin Optimal Saat Menggunakan Netmonk Prime

Makanja’ Feed adalah pakan alternatif ayam pedaging dengan konsep single feeding system, yang berarti pakan digunakan semenjak ayam berumur 0 hari-panen. Pakan ini dijual dengan ukuran kemasan 25 kg. Produk ini dapat menjadi solusi pakan ekonomis bagi peternak ayam pedaging, khususnya peternak mandiri.

“Kami mengembangkan produk setelah diskusi yang kami lakukan bersama ibu Shinta Dewi Sugiharti Tikson, S.E, M.Mgt selaku pendamping dan dosen pakar selaku formulator pakan,” tambahnya.

Anggota Tim PKM, Iqbal mengatakan akan memasarkan produk secara langsung dan tidak langsung, mengikutsertakan produk pada kegiatan pameran, expo, dan workshop untuk memamerkan produk dan berinteraksi langsung dengan calon pelanggan.

Baca Juga : Unhas Siapkan Pengamanan Ketat Antisipasi Praktik Calo Penerimaan Mahasiswa Baru

“Kedepannya kami berharap produk Makanja’ Feed lebih banyak lagi diketahui oleh masyarakat khususnya peternak ayam pedaging sehingga dapat memberikan manfaat yang luas” ujar Iqbal selaku anggota tim.

Nah, dari keunggulan ini Makanja’ Feed hadir lebih depan dibanding produk lain sehingga sangat efisien untuk digunakan.

“Tim kami akan terus mengembangkan produk ini agar bisa menjadi solusi efektif bagi peternak dan lingkungan sekitar tentunya. So, ikutin terus Makanja’ Feed representasi kampus merah Universitas Hasanuddin,” tutupnya.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Pendidikan20 Juli 2024 07:33
Pembalap Honda M. Badly Ayatullah Berbagi Pengalaman kepada Siswa SMKN 1 Palopo
Asmo Sulsel menghadirkan pembalap asal tim Honda 86 Ristan M. Badly Ayatullah berbagi pengalaman terkait membangun karier di dunia balap kepada ratusa...
Politik20 Juli 2024 02:33
Demokrat Resmi Usung Duet Andi Sudirman-Famawati Rusdi di Pilgub Sulsel
SULSELSATU.com, MAKASSAR – DPP Partai Demokrat resmi mengusung pasangan Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi sebagai bakal calon Gubernur dan ...
Video19 Juli 2024 21:49
VIDEO: Helikopter Jatuh di Kuta Selatan Diduga Milik Artis Raffi Ahmad
SULSELSATU.com – Helikopter mengalami kecelakaan di kawasan tebing Pantai Suluban, Kuta Selatan, Jumat (19/7/2024) ternyata milik artis terkenal...
Sulsel19 Juli 2024 21:27
MenPAN-RB Kagum Layanan MPP Kabupaten Gowa, Siap Jadi Contoh MPP Digital
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Abdullah Azwar Anas mengapresiasi berdirinya Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabu...