Logo Sulselsatu

Disdik Sulsel Siapkan Solusi untuk Calon Siswa Tak Lolos PPDB 2024

Muh Jahir Majid
Muh Jahir Majid

Selasa, 09 Juli 2024 17:09

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dinas Pendidikan (Disdik) Sulawesi Selatan (Sulsel) tengah menyiapkan sekolah untuk menampung calon siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) yang tidak lolos PPDB 2024.

Kepala Bidang (Kabid) SMA Disdik Sulsel, Muhammad Nurkusuma mengatakan, pihaknya akan menggunakan sejumlah fasilitas atau gedung milik Pemprov Sulsel untuk menjadi sarana pendidikan atau sekolah untuk calon siswa SMA tersebut.

Bahkan kata dia, sejumlah sekolah menengah kejuruan (SMK) juga bakal disulap menjadi SMA yang tentu akan ditunjang dengan fasilitas pembelajaran, SMK 3 Makassar menjadi salah satu opsi rencana itu.

“Saya rasa dengan situasi seperti ini kita manfaatkan saja bangunan milik Pemprov Sulsel,” ungkapnya.

Ia menyampaikan, di Makassar jumlah SMA sebanyak 23 unit, dan dengan rencana penyatuan SMK 3 menjadi sebuah SMA itu akan bertambah menjadi 24 unit.

“Gedung SMK 3 kita pakai untuk satu SMA, Rencananya akan menjadi SMA 24 Makassar,” tuturnya.

Ia mengatakan, hal itu mulai berlaku pada tahun ajaran 2024-2025 ini, sesuai dengan hasil rapat bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulsel.

Terkait dengan daya tampungnya lanjut Muhammad Nurkusuma, pihaknya juga akan memantau siswa yang sudah mendaftar pada SMA swasta.

“Ada sekitar 800 siswa belum tertampung, tapi kita belum lihat apakah siswa tersebut sudah mendaftar SMA swasta atau belum. Jadi nanti kita petakan kembali daya tampung kita,” ujarnya.

Bahkan kata dia, untuk rencana itu akan menerapkan 10 rombongan belajar (rombel), dengan jumlah siswa per rombel sebanyak 36 orang.

“Untuk menghindari anak putus sekolah kami akan petakan lagi, jadi setiap angkatan itu minimal 10 rombel, jadi satu sekolah 360 siswa,” paparnya.

Ia juga mengatakan, terkait dengan keluhan SMA 23 dan 13 Makassar belum dapat menggunakan 100 persen gedung penunjang pembelajaran juga sudah diatensi oleh pihaknya. “Nanti setelah ini akan ada rapat banggar akan dialokasikan maksimalkan gedung sekolah,” kuncinya. (*)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Politik25 Juli 2024 14:05
Kader Golkar Gigit Jari, Beringin Rindang Hampir Pasti Usung Andi Sudirman-Fatmawati
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kader Partai Golkar yang ingin maju di Pilgub Sulsel harus gigit jari. Pasalnya, partai berlambang pohon beringin itu...
Berita Utama25 Juli 2024 12:18
Peran Aktif Babinsa Koramil Kelara Gotong Royong Bersama Warga Bersihkan Saluran Air
SULSELSATU.com JENEPONTO – Sebagai upaya untuk menciptakan lingkungan Kawasan Desa binaan yang bersih, Babinsa Jajaran Koramil 1425-04/Kelara Kodim ...
Metropolitan25 Juli 2024 12:16
F8 Jadi Pembuktian Talenta Anak Makassar Setara Seniman Kelas Dunia
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Makassar International Eight Festival & Forum atau F8 2024 membuktikan bahwa talenta anak-anak Makassar setara de...
Berita Utama25 Juli 2024 10:21
Program RTLH, Kodim 1425 Jeneponto Konsisten Wujudkan Kesejahteraan Purnawirawan TNI AD
SULSELSATU.com, JENEPONTO – Personil Kodim 1425 Jeneponto dibantu warga masyarakat terus kebut pengerjaan renovasi RTLH milik Purnawirawan TNI-AD Ba...