Logo Sulselsatu

LAZ Hadji Kalla Bantu Budidaya Timun Hijau dan Ikan Nila di Kabupaten Pinrang

Sri Wahyu Diastuti
Sri Wahyu Diastuti

Rabu, 10 Juli 2024 20:53

Petani budidaya timun hijau yang dibantu LAZ Hadji Kalla. Foto: Istimewa.
Petani budidaya timun hijau yang dibantu LAZ Hadji Kalla. Foto: Istimewa.

SULSELSATU.com, PINRANGLAZ Hadji Kalla melalui Bidang Community Development membantu program pemberdayaan ekonomi melalui pengembangan komuditi timun hijau kelompok tani di Desa Bababinanga Kabupaten Pinrang, Sulsel.

Program ini merupakan bagian dari implementasi Program Desa Bangkit Sejahtera (DBS). Tujuan adalah meningkatkan kesejahteraan ekonomi kelompok petani di desa binaan LAZ Hadji Kalla.

Pada 2024 ini, LAZ Hadji Kalla memberikan bantuan pemberdayaan komoditas timun hijau, yang belum pernah dibudidayakan oleh petani desa.

Baca Juga : LAZ Hadji Kalla Bersama Coastal Sosialisasi Kawasan Tanpa Rokok untuk Remaja

Program pemberdayaan yang dilakukan antara lain pelatihan peningkatan kapabilitas petani, penyediaan bibit unggul, penyediaan pupuk berkualitas dan obat pembasmi hama hingga pendampingan budidaya sampai panen.

Lahan yang disediakan untuk pendampingan budidaya komuditi ini seluas 1 hektar dengan 8 orang petani sebagai pengelolanya. Selain itu juga terdapat pemberian 10.000 bibit ikan nila.

Erny Rachmi Nurdin selaku Program Manager Community Development LAZ Hadji Kalla menjelaskan, program DBS adalah salah satu upaya LAZ Hadji Kalla untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa melalui pemberdayaan ekonomi, sosial dan lingkungan.

Baca Juga : LAZ Hadji Kalla Salurkan Bantuan Logistik Bagi Korban Banjir di Sulsel

Dengan adanya program ini, KALLA harapkan masyarakat di desa binaan mendapatkan manfaat berupa peningkatan ekonomi, kualitas sosial dan perbaikan kondisi lingkungan.

“Kami berharap program ini dapat menjadi model pemberdayaan ekonomi berbasis pertanian di daerah lain. Program Desa Bangkit Sejahtera sebagai bentuk kontribusi LAZ Hadji Kalla dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa,” ungkapnya.

Salah satu petani penerima manfaat Program Budidaya Komuditi Timun Hijau Takdir menyampaikan rasa terima kasihnya kepada LAZ Hadji Kalla yang membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga : Program Beasiswa KALLA Dibuka Hingga 30 April 2024 Bagi Mahasiswa di Empat Provinsi Ini

“Program ini sangat membantu kami dalam meningkatkan hasil panen. Dengan bantuan bibit unggul dan pelatihan dari LAZ Hadji Kalla, kami sekarang bisa memanen hingga 80 karung timun hijau dalam sekali panen, yang dijual dengan harga hingga 100 ribu rupiah per karung. Kami sangat berterima kasih kepada LAZ Hadji Kalla atas dukungan ini,” ujarnya.

Sebelumnya, LAZ Hadji Kalla telah memberikan dukungan dalam pengembangan produksi sambal khas desa ini, yang terkenal karena memiliki cita rasa yang unik dan diolah dari bahan baku Udang Rebon yang tersedia dan berlimpah di desa.

Bentuk dukungan yang diberikan oleh LAZ Hadji Kalla berupa peningkatan dan inovasi produksi, baik dari sisi pengemasan dan pemasaran, managemen keuangan serta bantuan sarana produksi yang akan menunjang kualitas & kuantitas serta pemasaran produk agar dapat diterima dalam lingkup pasar yang lebih luas.

Baca Juga : LAZ Hadji Kalla Sebar 30 Ribu Paket Sembako untuk Warga Dhuafa di 60 Daerah

Manfaat yang telah dirasakan oleh anggota Kelompok UMKM Sambal Balacang adalah perluasan pemasaran produk yang telah menjangkau ke beberapa wilayah karena dipasarkan secara online sementara pemasaran secara offline adalah menggunakan konsep penitipan di beberapa toko untuk dijual.

Saat ini penjualan telah mencapai hingga puluhan pax dengan keuntungan hingga 50 persen.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video20 Juli 2024 22:40
VIDEO: Pengendara Mobil Berpakaian PNS Beli Bensin Rp 10 Ribu, Ekspresi Petugas SPBU Jadi Sorotan
SULSELSATU.com – Pengendara mobil yang diduga Pegawai Negeri Sipil (PNS) membeli bensin Rp10 ribu. Video tersebut viral di media sosial Instagra...
Video20 Juli 2024 21:01
VIDEO: Demokrat Resmi Dukung Komika Marshel Widianto di Pilkada Tangsel 2024
SULSELSATU.com – Partai Demokrat resmi mendukung Ahmad Riza Patria-Marshel Widianto untuk maju di Pilkada Tangerang Selatan 2024. Ketua Umum Agu...
Aneka20 Juli 2024 20:20
Asmo Sulsel Undang Iwan Banaran dalam Honda Jagoanku Talkshow Blogger
Astra Motor Sulsel menghadirkan Iwan Banaran yang merupakan seorang blogger, content creator, dan influencer otomotif. Ia dinilai cukup terkenal dan t...
Video20 Juli 2024 20:02
VIDEO: Mobil Nyungsep di Parkiran Living Plaza Pettarani Makassar
SULSELSATU.com – Sebuah mobil nyungsep di parkiran Living Plaza Pettarani, Kota Makassar. Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Peristiw...