Logo Sulselsatu

Over Kapasitas, 1 Penumpang KM Pantokrator Tak Sadarkan Diri

Asrul
Asrul

Sabtu, 01 Juni 2019 10:15

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, PAREPARE – Adrian, salah satu 16 tahun penumpang KM Pantokrator tak sadarkan diri akibat kapal yang ditumpanginya dari Samarinda itu over kapasitas. Ia dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau, saat tiba di Pelabuhan Nusantara Kota Parepare, Kamis (30/5/2019).

KM Pantokrator mengangkut penumpang melebihi kapasitas yang ditetapkan Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP), yakni jumlah penumpang terdaftar manifest sebanyak 2.080 jiwa, sementara kapasitas hanya 1.740 jiwa, ditambah dispensasi penambahan muatan 30 persen, jadi yang diizinkan sebanyak 2.000 jiwa, jadi masih over sekitar 80 jiwa.

Keluarga korban, Lia menjelaskan, ia bersama empat orang keluarganya berangkat dari Samarinda sekitar pukul 12.00 Wita, dan Adrian (korban) tidak sadarkan diri pukul 23.00 Wita. Sedangkan tiba di Pelabuhan Nusantara Kota Parepare pukul 07.00 Wita, dan langsung dirujuk ke RS Fatimah kemudian ke RS Andi Makkasau.

Baca Juga : BPBD Makassar Apel Siaga Arus Mudik Lebaran

“Sehat ji waktu berangkat. Nanti tengah malam baru dia (Adrian) sakit tidak sadarkan diri, karena sesak memang di atas kapal, full penumpang jadi kurang oksigen. Makanya saat tiba di pelabuhan, langsung kita rujuk ke rumah sakit,” katanya.

Ia mengaku, keluarganya (korban) sempat diperiksa oleh petugas medis saat berada di atas KM Pantokrator.

“Saat tidak sadarkan diri, kita langsung lapor sama petugas kapal. Makanya petugas medis sempat ji periksa korban (Adrian). Saat itu kondisi tubuhnya sudah hitam dan mulut berbusa,” bebernya.

Terpisah, Yasser mengaku, telah memeriksa terkait insiden penumpang tidak sadarkan diri di KM Pantokrator.

“Saya sudah cek ke chip officer, tidak ada laporan kalau ada yang sakit. Semestinnya kalau dia (korban) sakit jam 11 malam, harus lapor ke pihak kapal. Namun ini tidak ada laporan,” kata Bogar, sapaan akrabnya.

Berdasarkan data yang dihimpun, keluarga korban berencana merujuk Adrian ke rumah sakit Tajuddin di Kota Makassar, karena kondisi korban belum sadarkan diri selama dua hari terakhir.

Penulis: Andi Fardi
Editor: Azis Kuba

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Bisnis28 Maret 2024 17:39
Pengiriman Barang Lebih Cepat dan Mudah Melalui Layanan Same Day Delivery Cahaya Bone
Cahaya Bone sebagai salah satu lini bisnis Kalla Transport & Logistcs (Translog) senantiasa memberikan layanan terbaik kepada masyarakat....
Ramadan28 Maret 2024 16:22
Pegadaian Hadirkan Panggung Emas di Puncak Festival Ramadhan
PT Pegadaian memperingati hari ulang tahun PT Pegadaian yang ke-123 dan memeriahkan bulan Ramadhan 1445 H menghadirkan kegiatan Festival Ramadhan....
Bisnis28 Maret 2024 16:01
Kalla Beton Kembangkan Produk Precast, Produksi Lebih Cepat dan Bentuk Cetakan Lebih Custom
Kalla Beton terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan konstruksi dari mitra atau pelanggan. Salah satu produk yang tengah dikembangkan saat ini adalah...
Aneka28 Maret 2024 13:55
Pertama di Indonesia, Pj Gubernur Sulsel Inisiasi Gerakan Sedekah Pohon
SULSELSATU.com, BONE – Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, kembali mencetak sejarah dengan melakukan gerakan sedekah pohon untuk masya...