Logo Sulselsatu

Ketika Camat di Lutra Jadi “Ustaz Dadakan”

Asrul
Asrul

Selasa, 04 Juni 2019 11:33

Ketika Camat di Lutra Jadi “Ustaz Dadakan”

SULSELSATU.com – Sejatinya seorang Camat harus menguasai panggung, di mana pun dan kapan pun. Sepanjang untuk mengabarkan kebaikan dan menyampaikan kebenaran, maka tidak boleh ada panggung yang tersisa untuk mengeluarkan ujar-ujar kebaikan.

Kehadiran Camat di tengah masyarakat harus menjadi solusi setiap problematika yang ada. Jika tidak mempunyai skill dan jiwa kepemimpinan, mustahil Camat mampu menjadi bagian dari solusi tersebut.

Momentum Bulan Ramadan yang saat ini telah mendekati ujung adalah panggung bagi Camat untuk memberikan solusi, mengedukasi, menyampaikan pencerahan kamtibmas, sekaligus panggung menyampaikan nasehat-nasehat keagamaan kepada masyarakat di wilayah kerja masing-masing.

Baca Juga : Pesawat Perintis Penumpang Terbang Lebih Cepat di 2020, IDP Apresiasi Kemenhub

Beberapa Camat di Luwu Utara pun tak ingin menyia-nyiakan momentum bulan suci ini untuk menyampaikan nasehat keagamaan di atas mimbar-mimbar masjid.

Sebut saja Camat Masamba Ari Setiawan, Camat Sukamaju Selatan (Sultan) Anjas Rusli, Camat Malangke Barat (Malbar) Sulpiadi, dan Camat Mappedeceng Kadri.

Para Camat ini tahu betul memanfaatkan momentum untuk memberikan nasehat keagamaan, jika tidak bisa dikatakan ceramah agama. Jangan salah, Camat-camat muda ini juga fasih mengutip beberapa ayat dari Al Qur’an saat menyampaikan ceramah tarawih di beberapa masjid.

Baca Juga : 32 Kepala OPD di Lutra Teken Perjanjian Kinerja di Hadapan Bupati

Sampaikanlah walau hanya satu ayat. Hadist Nabi Saw ini menjadi pegangan para Camat untuk memilih menjadi “ustaz dadakan”. Artinya, meskipun hanya satu ayat tetap wajib disampaikan, karena ilmu yang dimiliki, masyarakat berhak untuk tahu.

Setiap orang yang mendengar kebaikan dan menerima ilmu pengetahuan, wajib menyegerakan dan menyampaikannya lagi kepada yang lain meskipun hanya satu ayat agar kebaikan itu tak pernah putus.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

 Komentar

 Terbaru

OPD04 Desember 2022 20:25
Hari Pertama Reses, Rudianto Lallo Terima Keluhan Drainase dan Jalan Rusak
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Ketua DPRD Kota Makassar, Rudianto Lallo kembali menyapa warga Kelurahan Kaluku Bodoa dan Pannampu Kecamatan Tallo, K...
Ekonomi04 Desember 2022 19:22
BRI Raih Penghargaan Bank Teraktif dalam Meningkatkan Literasi Keuangan Pada LPS Banking Awards 2022
SULSELSATU.com – Literasi keuangan harus terus didorong untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap layanan keuangan formal. Konsisten melakukan ed...
Ekonomi04 Desember 2022 18:21
Wapres Ma’ruf Amin Dorong Percepatan Konversi Bank Sulselbar ke Syariah
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin mengapresiasi dan mendorong percepatan konversi bank Sulselbar menjadi bank s...
Otomotif04 Desember 2022 17:13
Bukti Pelayanan Prima, Asmo Sulsel Buka Parkiran Khusus Motor Matik Premium di Mall Phinisi Point
Asmo Sulsel beri pelayanan prima bagi konsumen dengan menghadirkan parkir khusus motor matik premium Honda di Mall Phinisi Point Makassar...