Logo Sulselsatu

Ops Ketupat 2019: Jumlah Lakalantas 44, 26 Orang Tewas

Asrul
Asrul

Rabu, 12 Juni 2019 13:22

Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani. (Sulselsatu/Hermawam Mappiwali)
Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani. (Sulselsatu/Hermawam Mappiwali)

SULSELSATU.com, MAKASSAROperasi Ketupat 2019 Kepolisian di seluruh Indonesia saat arus mudik dan arus balik masa lebaran telah usai. Di Sulsel, operasi ini menyisakan sejumlah catatan tersendiri. Terdapat angka kecelakaan yang menurun drastis namun jumlah korban tewas yang justru sebaliknya.

Berdasarkan laporan Anev Ops Ketupat 2019 Polda Sulsel, angka kecelakaan lalulintas alias lakalantas 44 kasus, turun drastis jika dibandingkan 156 kasus pada tahun 2018 lalu. Angka penurunan ini tercatat sebesar 72 persen.

Meski demikian, jumlah korban meninggal dunia justru meningkat dari angka kecelakaan yang menurun tersebut. Tahun 2019 ini, ada 26 orang yang meregang nyawa, sedang korban luka berat sebanyak 13 orang.

Baca Juga : Pelajar Berusia 13 Tahun di Jeneponto Tewas Tertabrak Mobil Mini Bus

Apabila dibandingkan dengan tahun sebelumnya, korban meninggal duni berjumlah 24 orang serta luka berat terdapat 12 orang.

Terkait pelaksanaan Ops Ketupat 2019 yang berlangsung 13 hari, Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani menilai operasi yang melibatkan sejumlah instansi terkait itu berjalan dengan lancar secara umum. Hal itu dimaksud Dicky berdasarkan angka kecelakaan yang memang mengalami penurunan.

“Pada tahun ini mengalami trend penurunan angka kecelakaan lalulintas yang sangat signifikan,” kata Dicky, Rabu (12/6/2019).

Baca Juga : VIDEO: Akibat Jalan Licin, Mobil Minibus di Luwu Utara Masuk ke Empang

Ia menjelaskan, bahwa di balik Ops Ketupat 2019, terdapat 5.035 personel gabungan dari TNI-Polri yang diterjunkan untuk bertugas. Rinciannya adalah 2.662 personel kepolisian serta ditambah 2.373 personel dari instansi terkait seperti TNI, Jasa Raharja, Basarnas, Damkar, serta petugas dari instansi lainnya.

“Selama Ops Ketupat 2019 berlangsung, ribuan personel ini di tempatkan di beberapa titik di wilayah Sulsel. Sedikitnya terdapat 119 pos yang disiapkan, terdiri dari pos pengamanan 67 titik, pos pelayanan 42 titik, dan pos terpadu 10 titik,” katanya.

Penulis: Hermawan Mappiwali
Editor: Hendra Wijaya

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

News30 September 2023 22:13
Bumi Karsa Beri Pelatihan Real Time Kinematic Bagi Tenaga Surveyor
Bumi Karsa latihpemanfaatan teknologi pemetaan bagi para personil surveyor untuk mendukung proses konstruksi di lapangan....
Bisnis30 September 2023 21:04
XL Axiata Bersama PLN Kolaborasi Integrasi Produk dan Gali Potensi Bisnis
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) dan PT PLN (Persero) menjalin kerja sama mengintegrasikan layanan produk dan menggali potensi untuk menciptakan solusi bi...
Video30 September 2023 19:00
VIDEO: Ibu Hamil di Jawa Barat Ngidam Pegang Punggung Pria Berseragam Angkatan Laut
SULSELSATU.com – Video Ibu hamil ngidam memegang pinggang pria berseragam angkatan laut viral di media sosial. Kejadian ini terjadi di Jawa Bara...
Makassar30 September 2023 17:26
Dirangkaikan dengan Maulid Nabi Muhammad SAW, IKA Pesantren Guppi Samata Gowa Gelar Jalan Sehat
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Pondok Pesantren (Ponpes) Guppi Samata Gowa, akan menggelar jalan sehat, Minggu (1/10/20...