Logo Sulselsatu

Kejari Parepare Dampingi Kelurahan Kelola Anggarannya

Asrul
Asrul

Kamis, 13 Juni 2019 17:59

Kejari Parepare Dampingi Kelurahan Kelola Anggarannya

SULSELSATU.com, PAREPARE – Kejaksaan Negeri (Kejari) Parepare menggelar sosialisasi terkait pendampingan terhadap 22 kelurahan yang ada di Kota Parepare dalam mengelola dan pendanaan anggarannya.

Kegiatan dilaksanakan di Aula Kantor Kejari Parepare, turut hadir Lurah, Camat, perwakilan Bappeda dan Bagian Keuangan Setdako Parepare, Kamis (13/6/2019).

Kajari Parepare, Andi Darmawangsa mengatakan, sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman terkait konsep yang dilakukan Kejaksaan dalam mendampingi kelurahan mengatur anggaran dan pendanaannya.

Baca Juga : VIDEO: Kejari Parepare Tetap Layani Masyarakat

“Ada beberpa alasan sehingga kami berniat melakukan pendampingan terhadap pengelolaan dan pendanaan kelurahan, salah satunya karena keterbatasan SDM yang berkualitas, sementara anggaran mesti dipertanggungjawabkan dengan baik,” jelasnya.

Selain itu, lanjut dia, pendampingan ini juga sebagai upaya mencegah dan mengurangi terjadinya penyimpangan dalam pelaksanaannya.

“Kita tahu, pengelolaan bantuan dana kelurahan dari pusat sebesar Rp370 juta. Dimana diharapkan peruntukannya mesti tepat sasaran dan berimbas pada masyarakat,” harapnya.

Baca Juga : Dinas Kesehatan Semprot Disinfektan Ruang Pelayanan Kejari Parepare

Menurut Darmawangsa, program ini sebagai upaya mengantisipasi terjadinya kerugian negara yang diakibatkan pengelolaan keuangan yang kurang baik, sekaligus menyelamatkan lurah dari jeratan hukum.

“Jadi pendampingan dilakukan dengan metode TP4D. Namun sebelumnya akan dilakukan Bimtek untuk mengajari kelurahan dalam penggunaan dana itu. Kita tidak ingin kasus yang banyak menjerat kepala desa, juga terjadi pada lurah di Parepare,” kata dia.

Penulis: Andi Fardi
Editor: Hendra Wijaya

Baca Juga : Awal Tahun, Kasus Narkoba Paling Banyak Ditangani Kejari Parepare

 

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

 Komentar

 Terbaru

Otomotif04 Desember 2022 17:13
Bukti Pelayanan Prima, Asmo Sulsel Buka Parkiran Khusus Motor Matik Premium di Mall Phinisi Point
Asmo Sulsel beri pelayanan prima bagi konsumen dengan menghadirkan parkir khusus motor matik premium Honda di Mall Phinisi Point Makassar...
Makassar04 Desember 2022 16:54
SRC Gelar Pesta Retail Celebes, Hadirkan Seribu Toko Kelontong dari 4 Provinsi di Sulawesi
SULSELSATU.com, MAKASSAR – PT HM Sampoerna Tbk melalui PT SRC Indonesia Sembilan (SRCIS) secara konsisten mendukung transformasi dan digitalisas...
News04 Desember 2022 16:40
Menuju Natal dan Tahun Baru 2023, Staf Khusus Menhub Minta Pelindo Bersiap Hadapi Arus Mudik
Pelindo bersiap hadapi arus mudik natal dan tahun baru 2023...
Video04 Desember 2022 14:42
VIDEO: Bawaslu Jeneponto Gelar Rakon Dengan Panwaslu
SULSELSATU.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Jeneponto menggelar Rapat Konsolidasi (Rakon) Pengawasan Tahapan Pemilu tahun 202...