Logo Sulselsatu

Wabup Wajo Hadiri Halal Bihalal Rumpun Keluarga Petta Pawellangi

Asrul
Asrul

Kamis, 13 Juni 2019 16:29

Wabup Wajo Hadiri Halal Bihalal Rumpun Keluarga Petta Pawellangi

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Wakil Bupati Wajo H. Amran, SE menghadiri acara Halal Bihalal Rumpun Keluarga Petta Pawwellangi di Makassar, 12 Juni 2019.

Hadir dalam acara ini diantaranya.
Rumpun Keluarga Petta Pawellangi, Petta Benteng pola, Petta Ranreng Talotenreng, Petta Ranreng Tua, Petta Villa, Petta Patola, Petta Cakkuridie, Petta Arung Belawa dan
Majelis Anggota Raja dan Sultan (MARS) Kabupaten Wajo dan Keluarga Besar Arung Matowa Wajo serta Tokoh Budayawan Kabupaten Wajo.

Mengawali sambutan ini, H. Amran, SE menyampaikan bahwa atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Wajo merasa sangat berbahagia dan berterima kasih atas undangan Rumpun Keluarga Petta Pawellangi menghadiri kegiatan Halal bi halal yang dilaksanakan pada malam hari ini.

Baca Juga : Puskesmas Bara-Baraya Gelar Halal Bihalal

Kehadirannya di sini tidak lain merupakan penghargaan yang diberikan Pemerintah Daerah maupun secara pribadi terhadap jasa-jasa yang telah diberikan oleh Almarhum Petta Pawellangi terhadap kemerdekaan Republik Indonesia maupun dalam pengabdian beliau sebagai Sulewatan Tancung pada masanya.

Selanjutnya disampaikan bahwa almarhum sebagai Sulewatan Tancung yang salah satunya beliau telah mengratiskan masyarakat untuk memanfaatkan pasar rakyat tanpa adanya retribusi sebagaimana yang berlaku pada masa itu.

Selain itu, perjuangannya juga patut di teladani dalam melawan penjajahan di daerah Wajo dengan perlawanannya yang tidak pernah memberikan ruang kepada penjajah untuk bekerja sama ataupun berkonsiliasi dengan Pemerintahan sulewatan Tancung yang dipimpinnya.

Baca Juga : Halal Bihalal Bersama Jajaran ASN Pemkab Gowa, Adnan Ingatkan Pentingnya Kolaborasi

“Marilah kita jadikan momentum Halal bi halal ini sebagai wadah untuk merekatkan kembali hubungan silaturahim di antara kita baik sesama keluarga maupun sesama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Wajo.” Jelas H. Amran, SE.

Juga dalam kesempatan ini mengajak untuk menjadikan keteladanan para pendahulu pada masa kerajaan di berbagai pelosok Wajo sebagai acuan dan kerangka pikir dalam berperilaku dan bertindak sebagaimana keteladanan yang diwariskan para pemimpin terdahulu, yakni Sipakatau, Sipakalebbi, Sipakainge.

“Istilah ini bukan hanya merupakan semboyang belaka, akan tetapi menjadi semangat kita bahwa di Kabupaten Wajo dahulu ini pernah memimpin seorang raja yang bijak, yang mengayomi rakyatnya, yang magetteng (tegas), malempu (jujur), dalam mewujudkan kesejahteraan rakyat Wajo.” Ungkap H. Amran, SE.

Baca Juga : Pasca Cuti Lebaran, Pemkab Jeneponto Gelar Upacara dan Halal Bihalal

Diakhir sambutannya Wakil Bupati Wajo mengaharapkan Semoga Pemerintahan Amanah yang diusung dalam rangka mewujudkan Kabupaten Wajo yang maju dan sejahtera 2019-2024 dapat menjadi pelanjut etos kerja dan kepemimpinan para Arung dan Raja sebagai pendahulu di Kabupaten Wajo. terutama, kepada seluruh rumpun Keluarga

“Petta Pawellangi dan Rumpun Keluarga Arung Matowa Wajo, serta Majelis Anggota Raja dan Sultan Kabupaten Wajo dapat memberikan dukungan penuh kepada kami dalam mengawal program –program unggulan yang kami tawarkan.” Harap H. Amran, SE. (rls)

Editor: Hendra Wijaya

Baca Juga : Pasca Cuti Lebaran, Pemkab Jeneponto Gelar Upacara dan Halal Bihalal

 

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

 Komentar

 Terbaru

Video05 Desember 2022 22:40
VIDEO: Panggung Acara Anies Baswedan di Pekanbaru Ambruk
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan panggung acara Rapat Akbar Relawan Anies Baswedan di Pekanbaru roboh. Video tersebut terjadi saat r...
Ekonomi05 Desember 2022 19:35
Selamatkan Masyarakat Dari Jerat Rentenir, Perempuan Ini Sukses Jadi Agen BRILink dan UMi
  SULSELSATU.com – Siapapun bisa menjadi AgenBRILink yang sukses asal memiliki kemauan. Ini terbukti pada sosok wanita asal Barito Kuala, Banja...
Video05 Desember 2022 19:10
VIDEO: Pertandingan Latto-latto di Soppeng, Dua Bocah Bertanding Sampai 4 Jam 47 Menit
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan 2 orang tengah bertanding bermain latto-latto untuk memperebutkan 1 unit sepeda. Juara 1 merupakan ...
Kriminal05 Desember 2022 18:30
Kasus Pembuangan Bayi Marak Terjadi, Tiga Bulan Terakhir Ada Enam Kasus
Kasus pembuangan bayi marak terjadi di Kota Makassar ...