Logo Sulselsatu

Kembangkan Ekonomi Kerakyatan, Asisten Pemkot Makassar Tekankan Pembaruan Data

Asrul
Asrul

Senin, 17 Juni 2019 15:14

Workshop Fasilitas badan/lembaga Kota Makassar Tahun 2019 dengan tata kelola lembaga UMKM untuk peningkatan Finance, bertempat di Hotel Aston, Jl.Sultan Hasanuddin, Senin (17/5/2019) (IST)
Workshop Fasilitas badan/lembaga Kota Makassar Tahun 2019 dengan tata kelola lembaga UMKM untuk peningkatan Finance, bertempat di Hotel Aston, Jl.Sultan Hasanuddin, Senin (17/5/2019) (IST)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemerintah Kota Makassar saat ini tengah berupaya mengembangkan ekonomi kerakyatan melalui pembinaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Maka dari itu, Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Makassar mengadakan workshop di Hotel Aston, Senin, (17/6/2019) guna memberikan konseling dan bimbingan terhadap pelaku usaha.

Dalam kesempatan ini, Asisten I Pemkot Makassar Bidang Pemerintahan, Andi Aziz Hasan, menekankan akan pentingnya pembaruan data dalam pengembangan UMKM.

Baca Juga : Makassar Terima Penghargaan Kota Terbaik Penyelenggaraan Pemerintah Daerah

“Yang paling penting adalah masalah updating (pembaruan) data. Data itu yang sangat dibutuhkan terkait masalah perkembangan UMKM yang ada di kota Makassar ini,” ujar Aziz.

Dia menambahkan, pembaruan data secara berkelanjutan harus selalu ada pada kegiatan pelaksanaan pemerintahan, termasuk di tingkatan kelurahan dan kecamatan.

“Karena kalau ini tidak dilakukan tentu kita tidak bisa membuat suatu rencana yang baik, karena unsur perencanaan yang baik tentu yang didukung dengan data yang baik pula,” tuturnya.

Baca Juga : Dinas Kominfo Makassar Bentuk Kelompok Informasi Masyarakat Promosikan Lorong Wisata

Selain itu, dia juga berharap agar stakeholder lain seperti Dinas Perdagangan dan Dinas Koperasi Kota Makassar untuk bisa bersinergi dalam memberikan konseling kepada pelaku UMKM maupun lembaga yang ada sebagai upaya peningkatan ekonomi kerakyatan.

“Karena Bappeda juga tidak bisa menyusun suatu perencanaan yang baik kalau tidak didukung dengan data-data yang tingkat akurasinya tidak baik,” katanya.

Penulis : Asrhawi Muin
Editor: Azis Kuba

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video25 April 2024 23:13
VIDEO: Aksi Pencurian di Sebuah Perumahan di Gowa, TV dan Speaker Raib
SULSELSATU.com – Aksi pencurian telah terjadi di Perumahan Parangbanoa, Kabupaten Gowa, pada Kamis (25/4/2024). Pencurian ini mengakibatkan bara...
Makassar25 April 2024 22:02
Makassar Terima Penghargaan Kota Terbaik Penyelenggaraan Pemerintah Daerah
Makassar lagi-lagi meraih penghargaan dan masuk sebagai kota terbaik Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah....
Kesehatan25 April 2024 21:35
Yayasan Hadji Kalla Bentuk Kelompok Jantung Sehat di 14 Desa Kecamatan Bontonompo
Yayasan Hadji Kalla bersama mitra Yayasan Jantung Indonesia cabang Sulsel resmi membentuk kelompok Jantung Sehat di 14 desa dan kelurahan di Kecamatan...
Video25 April 2024 21:31
VIDEO: Oknum Personel Polda Sumut Diduga Kabur Usai Tabrak Mobil Warga
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan oknum yang diduga personal Polda Sumut menabrak mobil warga. Kejadian terjadi di pintu keluar tol K...