Logo Sulselsatu

Kembangkan Ekonomi Kerakyatan, Asisten Pemkot Makassar Tekankan Pembaruan Data

Asrul
Asrul

Senin, 17 Juni 2019 15:14

Workshop Fasilitas badan/lembaga Kota Makassar Tahun 2019 dengan tata kelola lembaga UMKM untuk peningkatan Finance, bertempat di Hotel Aston, Jl.Sultan Hasanuddin, Senin (17/5/2019) (IST)
Workshop Fasilitas badan/lembaga Kota Makassar Tahun 2019 dengan tata kelola lembaga UMKM untuk peningkatan Finance, bertempat di Hotel Aston, Jl.Sultan Hasanuddin, Senin (17/5/2019) (IST)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemerintah Kota Makassar saat ini tengah berupaya mengembangkan ekonomi kerakyatan melalui pembinaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Maka dari itu, Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Makassar mengadakan workshop di Hotel Aston, Senin, (17/6/2019) guna memberikan konseling dan bimbingan terhadap pelaku usaha.

Dalam kesempatan ini, Asisten I Pemkot Makassar Bidang Pemerintahan, Andi Aziz Hasan, menekankan akan pentingnya pembaruan data dalam pengembangan UMKM.

Baca Juga : Program Pemkot Mengaji Tuai Apresiasi Kabag Prokopim Makassar

“Yang paling penting adalah masalah updating (pembaruan) data. Data itu yang sangat dibutuhkan terkait masalah perkembangan UMKM yang ada di kota Makassar ini,” ujar Aziz.

Dia menambahkan, pembaruan data secara berkelanjutan harus selalu ada pada kegiatan pelaksanaan pemerintahan, termasuk di tingkatan kelurahan dan kecamatan.

“Karena kalau ini tidak dilakukan tentu kita tidak bisa membuat suatu rencana yang baik, karena unsur perencanaan yang baik tentu yang didukung dengan data yang baik pula,” tuturnya.

Baca Juga : Semarak Hari Kebudayaan 1 April, Pemkot Makassar Suguhkan Parade Budaya

Selain itu, dia juga berharap agar stakeholder lain seperti Dinas Perdagangan dan Dinas Koperasi Kota Makassar untuk bisa bersinergi dalam memberikan konseling kepada pelaku UMKM maupun lembaga yang ada sebagai upaya peningkatan ekonomi kerakyatan.

“Karena Bappeda juga tidak bisa menyusun suatu perencanaan yang baik kalau tidak didukung dengan data-data yang tingkat akurasinya tidak baik,” katanya.

Penulis : Asrhawi Muin
Editor: Azis Kuba

 Komentar

 Terbaru

Berita Utama17 Mei 2022 18:21
Presiden Jokowi Umumkan Pelonggaran Pemakaian Masker
SULSELSATU.com – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memutuskan untuk melonggarkan penggunaan masker di tengah kondisi Covid-19 di Indonesia. Hal t...
Ekonomi17 Mei 2022 17:38
Klaster Usaha Binaan BRI Purun Eco-Straw Mendapat Apresiasi di Sidang Umum PBB
  SULSELSATU.com – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus konsisten mendukung pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk...
Olahraga17 Mei 2022 17:34
Rivky Mokodompit Kembali ke PSM Makassar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Rivky Mokodompit kembali ke PSM Makassar. Ia akan mengisi posisi penjaga gawang yang ditinggalkan Hilmansyah dan Syai...
Video17 Mei 2022 16:07
VIDEO: Viral, Bocah Ini Nangis Gegara Tidak Ada Fotonya Di Album Pernikahan Orang Tuanya
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan seorang ibu bersama anaknya tengah melihat-lihat album foto pernikahannya. Bocah tersebut tampak me...