Logo Sulselsatu

Kembangkan Ekonomi Kerakyatan, Asisten Pemkot Makassar Tekankan Pembaruan Data

Asrul
Asrul

Senin, 17 Juni 2019 15:14

Workshop Fasilitas badan/lembaga Kota Makassar Tahun 2019 dengan tata kelola lembaga UMKM untuk peningkatan Finance, bertempat di Hotel Aston, Jl.Sultan Hasanuddin, Senin (17/5/2019) (IST)
Workshop Fasilitas badan/lembaga Kota Makassar Tahun 2019 dengan tata kelola lembaga UMKM untuk peningkatan Finance, bertempat di Hotel Aston, Jl.Sultan Hasanuddin, Senin (17/5/2019) (IST)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemerintah Kota Makassar saat ini tengah berupaya mengembangkan ekonomi kerakyatan melalui pembinaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Maka dari itu, Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Makassar mengadakan workshop di Hotel Aston, Senin, (17/6/2019) guna memberikan konseling dan bimbingan terhadap pelaku usaha.

Dalam kesempatan ini, Asisten I Pemkot Makassar Bidang Pemerintahan, Andi Aziz Hasan, menekankan akan pentingnya pembaruan data dalam pengembangan UMKM.

Baca Juga : Danny Pomanto Minta Pedagang Percayakan Polemik Pengelolaan Pasar Butung ke Pemkot Makassar

“Yang paling penting adalah masalah updating (pembaruan) data. Data itu yang sangat dibutuhkan terkait masalah perkembangan UMKM yang ada di kota Makassar ini,” ujar Aziz.

Dia menambahkan, pembaruan data secara berkelanjutan harus selalu ada pada kegiatan pelaksanaan pemerintahan, termasuk di tingkatan kelurahan dan kecamatan.

“Karena kalau ini tidak dilakukan tentu kita tidak bisa membuat suatu rencana yang baik, karena unsur perencanaan yang baik tentu yang didukung dengan data yang baik pula,” tuturnya.

Baca Juga : Pemkot Makassar Kecolongan Pertahankan Fasum, Akhmad Namsum: Semua Lahan Akan Disertifikasi

Selain itu, dia juga berharap agar stakeholder lain seperti Dinas Perdagangan dan Dinas Koperasi Kota Makassar untuk bisa bersinergi dalam memberikan konseling kepada pelaku UMKM maupun lembaga yang ada sebagai upaya peningkatan ekonomi kerakyatan.

“Karena Bappeda juga tidak bisa menyusun suatu perencanaan yang baik kalau tidak didukung dengan data-data yang tingkat akurasinya tidak baik,” katanya.

Penulis : Asrhawi Muin
Editor: Azis Kuba

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

 Komentar

 Terbaru

Video05 Desember 2022 22:40
VIDEO: Panggung Acara Anies Baswedan di Pekanbaru Ambruk
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan panggung acara Rapat Akbar Relawan Anies Baswedan di Pekanbaru roboh. Video tersebut terjadi saat r...
Ekonomi05 Desember 2022 19:35
Selamatkan Masyarakat Dari Jerat Rentenir, Perempuan Ini Sukses Jadi Agen BRILink dan UMi
  SULSELSATU.com – Siapapun bisa menjadi AgenBRILink yang sukses asal memiliki kemauan. Ini terbukti pada sosok wanita asal Barito Kuala, Banja...
Video05 Desember 2022 19:10
VIDEO: Pertandingan Latto-latto di Soppeng, Dua Bocah Bertanding Sampai 4 Jam 47 Menit
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan 2 orang tengah bertanding bermain latto-latto untuk memperebutkan 1 unit sepeda. Juara 1 merupakan ...
Kriminal05 Desember 2022 18:30
Kasus Pembuangan Bayi Marak Terjadi, Tiga Bulan Terakhir Ada Enam Kasus
Kasus pembuangan bayi marak terjadi di Kota Makassar ...