Logo Sulselsatu

VIDEO: Kejaksaan Kawal Dana Kelurahan di Parepare, Ini Tanggapan Taufan

Andi
Andi

Senin, 17 Juni 2019 13:00

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, PAREPARE – Dana kelurahan yang merupakan kebijakan Presiden RI, Joko Widodo, mendapat pengawalan dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Parepare. Ini ditandai dengan telah dikumpulkannya seluruh Lurah di Parepare, untuk menerima sosialisasi penggunaan dana itu.

Menanggapi hal itu, Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe mengatakan, pendampingan dana kelurahan yang dilakukan institusi Kejaksaan Parepare merupakan terobosan Kajarinya, yakni Andi Darmawangsa.

“Kajari Parepare memotret antisipasi dini, sebagai upaya pencegahan jangan sampai terjadi penyimpangan dalam penggunaannya. Sumber dana ini berasal dari APBN dan turun ke daerah,” ujar wali kota bergelar doktor hukum itu, Ahad (16/6/2019).

Baca Juga : VIDEO: Taufan Pawe Imbau Warga Tak Panik Soal Corona

Menurut Taufan, Institusi Kejaksaan melihat kebijakan pemerintah pusat akan dana kelurahan yang mesti dikawal dan dilakukan pendampingan terkait sistem pengelolaan dana dan pelaksanaannya.

“Saya menilai, pemahaman pak Kajari (Andi Darmawangsa) terkait tindakan pendampingan dana kelurahan sudah cermat, dan memang mesti dikawal dengan ketat,” tegas Taufan.

Kajari Parepare, Andi Darmawangsa mengatakan, ada beberapa alasan sehingga Kejaksaan melakukan pendampingan terhadap pengelolaan dana kelurahan, salah satunya karena keterbatasan SDM yang berkualitas, sementara anggaran mesti dipertanggungjawabkan dengan baik.

Baca Juga : Taufan Pawe Terima Kunker DPRD Sulsel di RS Hasri Ainun Habibie

Selain itu, lanjut dia, pendampingan ini juga sebagai upaya mencegah dan mengurangi terjadinya penyimpangan dalam pelaksanaannya. Sekaligus mengantisipasi terjadinya kerugian negara yang diakibatkan pengelolaan keuangan yang kurang baik, sekaligus menyelamatkan lurah dari jeratan hukum.

“Kita tahu, pengelolaan bantuan dana kelurahan dari pusat sebesar Rp370 juta. Di mana diharapkan peruntukannya mesti tepat sasaran dan berimbas pada masyarakat,” ujarnya.

Penulis: Andi Fardi
Video Editor: Andi Hermanto
Editor: Kink Kusuma Rein

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Politik20 Mei 2024 23:44
Azhar Arsyad Ajak Lintas Generasi Bangkit Majukan Makassar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Ketua DPW PKB Sulsel Azhar Arsyad mengajak seluruh generasi untuk bersatu menyatukan kekuatan memajukan Kota Makassar...
Video20 Mei 2024 23:20
VIDEO: Heboh! Makam Mahasiswi di Purbalingga Dibongkar, Diduga Pencurian Tali Pocong
SULSELSATU.com – Aksi pembongkaran makam di Purbalingga, Senin (20/5/2024). Video ini menghebohkan media sosial. Berdasarkan informasi, makan ya...
Hukum20 Mei 2024 22:36
15 UPT Kanwil Kemenkumham Sulsel Masuk Tahap Panel TPI
SULSELSATU.com, BANDUNG – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulawesi Selatan (Sulsel) ikuti Panel Hasil Evaluasi P...
Politik20 Mei 2024 22:24
Harap Bersama di Pilwali, ARA Siap Jalani Mekanisme Dapatkan Rekomendasi Hanura
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Adi Rasyid Ali (ARA) menyerahkan berkas pendaftaran ke DPC Hanura Kota Makassar pada Senin (20/5/2024). Penyerahan be...