Logo Sulselsatu

Pemkot Makassar Fokus Benahi Kanal

Asrul
Asrul

Kamis, 20 Juni 2019 09:57

Pekerja menyelesaikan pembangunan tanggul kanal di Kelurahan Untia, Jalan Salodong, Makassar, Sabtu (9/2/2019). (Sulselsatu/Moh Niaz Sharief)
Pekerja menyelesaikan pembangunan tanggul kanal di Kelurahan Untia, Jalan Salodong, Makassar, Sabtu (9/2/2019). (Sulselsatu/Moh Niaz Sharief)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemkot Makassar saat ini tengah fokus membenahi kanal. Seluruh camat di Kota Makassar pun mengerahkan sumber daya yang ada untuk membersihkan kanal di wilayahnya masing-masing.

Camat Tamalate, Fahyuddin mengaku telah menurunkan pasukannya untuk membersihkan empat kanal yang ada di wilayahnya yakni kanal Pabaeng-Baeng, kanal Jongayya, kanal Balang Baru, dan kanal Maccini Sombala.

“Banyak sedimentasi yang kami temukan baik di bagian tengah ataupun pinggir kanal. Kami akan kordinasi dengan Dinas PU dan Pompengan untuk meminta bantuan pengerukan karena memang sudah terjadi pendangkalan,” kata Fahyuddin, Kamis (20/6/2019).

Baca Juga : Jubir Makassar Recover: Mulai September, Vaksinasi Sasar 100 RT Per Hari

Fahyuddin juga mengaku menemukan banyak genangan sampah utamanya di kanal Pabaeng-Baeng. Makanya, satgas drainase pun mengumpulkan dan mengangkut genangan sampah tersebut agar tidak mengotori kanal.

Sponsored by MGID

Upaya edukasi juga dilakukan Fahyuddin dengan memasang spanduk di ruas kanal Pabaeng-Baeng bertuliskan “Sayangi Kanal ta. Stop Buang Sampah di Kanal”. Ia juga menggagas terbentuknya komunitas peduli kanal yang akan diluncurkan bulan depan.

Sementara itu, Camat Panakkukang Andi Pangerang mengatakan, sudah sebulan ia mengerahkan 30 satgas drainase untuk membersihkan dua kanal yang ada di wilayahnya yaitu kanal Sinrijala, dan kanal Pampang.

Baca Juga : 9 Hari Swab On The Road, Pemkot Makassar Periksa 2.089 Orang, 55 Positif

Camat Mariso Juliaman, juga menerjunkan satgas drainase untuk membersihkan dua saluran drainase utama di kecamatannya yaitu kanal Jongayya yang terletak di jalan Nuri Baru sampai dengan jalan Metro Tanjung Bunga. Kanal ini berbatasan wilayah dengan Kecamatan Tamalate.

Ada juga kanal Sambung Jawa atau Bunga Eja yang melintas di Jalan Hati Murni, Kelurahan Tamarunang, dan Jalan Bunga Eja, Kelurahan Bontorannu.

Kecamatan Mariso juga memiliki kanal penghubung yaitu kanal Metro Tanjung Bunga, Kelurahan Kunjung Mae, dan kanal Lette, di perbatasan Kelurahan Lette dan Kelurahan Mariso, tembus ke Jalan Metro Tanjung Bunga, serta kanal Rajawali sampai dengan Jalan Cendrawasih, Kelurahan Panambungan.

Baca Juga : Isolasi Apung Milik Pemkot Makassar, Jadi Percontohan Nasional, Curi Perhatian Internasional

“Pembersihan kanal kami lakukan sudah hampir sebulan sesuai instruksi bapak wali kota,” kata Juliaman.

Penulis: Asrhawi Muin
Editor: Hendra Wijaya

 

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Kesehatan17 September 2021 14:43
PMI Sulsel Siapkan Plasma Konvalesen Gratis untuk Pasien Covid
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Palang Merah Indonesia Sulawesi Selatan (PMI Sulsel) siapkan plasma konvalesen gratis di markas PMI Sulsel, Jalan Lan...
Ekonomi17 September 2021 13:45
Komitmen Pada Isu Lingkungan, PLTU Co-firing Enceng Gondok Raih Penghargaan Internasional
SULSELSATU.com, MAKASSAR – PT PLN (Persero) berupaya terus menjaga keseimbangan aspek lingkungan hidup dan keekonomian operasional, termasuk di ...
Video16 September 2021 23:06
VIDEO: Emak-emak Ini Tuduh Driver Ojol Curi Emas Ketika Antar Paket COD
SULSELSATU.com – Seorang driver ojek online dituduh curi emas milik seorang ibu-ibu viral di media sosial. Ojol DKI Jakarta dituduh mencuri seju...
Sponsored by MGID
Makassar16 September 2021 21:02
Dewan Pengawas BPJS Kesehatan Temui Wali Kota Danny
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto) menerima kunjungan Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS)...