Logo Sulselsatu

Pemkot Makassar Fokus Benahi Kanal

Asrul
Asrul

Kamis, 20 Juni 2019 09:57

Pekerja menyelesaikan pembangunan tanggul kanal di Kelurahan Untia, Jalan Salodong, Makassar, Sabtu (9/2/2019). (Sulselsatu/Moh Niaz Sharief)
Pekerja menyelesaikan pembangunan tanggul kanal di Kelurahan Untia, Jalan Salodong, Makassar, Sabtu (9/2/2019). (Sulselsatu/Moh Niaz Sharief)

SULSELSATU.com, MAKASSARPemkot Makassar saat ini tengah fokus membenahi kanal. Seluruh camat di Kota Makassar pun mengerahkan sumber daya yang ada untuk membersihkan kanal di wilayahnya masing-masing.

Camat Tamalate, Fahyuddin mengaku telah menurunkan pasukannya untuk membersihkan empat kanal yang ada di wilayahnya yakni kanal Pabaeng-Baeng, kanal Jongayya, kanal Balang Baru, dan kanal Maccini Sombala.

“Banyak sedimentasi yang kami temukan baik di bagian tengah ataupun pinggir kanal. Kami akan kordinasi dengan Dinas PU dan Pompengan untuk meminta bantuan pengerukan karena memang sudah terjadi pendangkalan,” kata Fahyuddin, Kamis (20/6/2019).

Baca Juga : Jappa Jokka Cap Gomeh 2023 Bangkitkan Ekonomi, Libatkan 153 UMKM

Fahyuddin juga mengaku menemukan banyak genangan sampah utamanya di kanal Pabaeng-Baeng. Makanya, satgas drainase pun mengumpulkan dan mengangkut genangan sampah tersebut agar tidak mengotori kanal.

Upaya edukasi juga dilakukan Fahyuddin dengan memasang spanduk di ruas kanal Pabaeng-Baeng bertuliskan “Sayangi Kanal ta. Stop Buang Sampah di Kanal”. Ia juga menggagas terbentuknya komunitas peduli kanal yang akan diluncurkan bulan depan.

Sementara itu, Camat Panakkukang Andi Pangerang mengatakan, sudah sebulan ia mengerahkan 30 satgas drainase untuk membersihkan dua kanal yang ada di wilayahnya yaitu kanal Sinrijala, dan kanal Pampang.

Baca Juga : Pasar Murah Dibuka Pekan Depan, Komoditi Penyumbang Inflasi Diguyur Subsidi

Camat Mariso Juliaman, juga menerjunkan satgas drainase untuk membersihkan dua saluran drainase utama di kecamatannya yaitu kanal Jongayya yang terletak di jalan Nuri Baru sampai dengan jalan Metro Tanjung Bunga. Kanal ini berbatasan wilayah dengan Kecamatan Tamalate.

Ada juga kanal Sambung Jawa atau Bunga Eja yang melintas di Jalan Hati Murni, Kelurahan Tamarunang, dan Jalan Bunga Eja, Kelurahan Bontorannu.

Kecamatan Mariso juga memiliki kanal penghubung yaitu kanal Metro Tanjung Bunga, Kelurahan Kunjung Mae, dan kanal Lette, di perbatasan Kelurahan Lette dan Kelurahan Mariso, tembus ke Jalan Metro Tanjung Bunga, serta kanal Rajawali sampai dengan Jalan Cendrawasih, Kelurahan Panambungan.

Baca Juga : Pemkot Makassar Rencanakan 20 OPD dapat Kendaraan Listrik Tahun Ini

“Pembersihan kanal kami lakukan sudah hampir sebulan sesuai instruksi bapak wali kota,” kata Juliaman.

Penulis: Asrhawi Muin
Editor: Hendra Wijaya

 

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Internasional06 Februari 2023 08:23
Inovasi Safety Riding dan Instruktur AHM Raih Predikat Terbaik di Kompetisi Safety Riding Asia & Oceania
Instruktur Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM) berhasil meraih gelar terbaik kedua pada kategori 150cc dan Innovative Safety Concept, serta terba...
News06 Februari 2023 07:54
Andi Sudirman dan Amar Ma’ruf Sulaiman Anti Mager Bersama 12 Ribu Warga Bulukumba
SULSELSATU.com, BULUKUMBA – Ribuan masyarakat Bulukumba begitu antusias mengikuti kegiatan Sulsel Anti Mager di Pantai Merpati, Bulukumba, Mingg...
Berita Utama05 Februari 2023 21:41
Pemkot Nilai Penambalan Jalan Hertasning Menggunakan Paving Block oleh Pemprov Tidak Efektif
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Ruas Jalan Hertasning-Aroepala rusak parah di beberapa titik, pemerintah Kota (Pemkot) Makassar menganggap Pemerintah Pro...
Metropolitan05 Februari 2023 19:58
Ketua KONI Parepare Zulham Arief Gerak Cepat Serahkan Bantuan ke Korban Banjir
SULSELSATU.com, PAREPARE – Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Parepare, Zulham Arief (ZA) menyerahkan paket bantuan kepada mas...