Logo Sulselsatu

Pemkot Makassar Fokus Benahi Kanal

Asrul
Asrul

Kamis, 20 Juni 2019 09:57

Pekerja menyelesaikan pembangunan tanggul kanal di Kelurahan Untia, Jalan Salodong, Makassar, Sabtu (9/2/2019). (Sulselsatu/Moh Niaz Sharief)
Pekerja menyelesaikan pembangunan tanggul kanal di Kelurahan Untia, Jalan Salodong, Makassar, Sabtu (9/2/2019). (Sulselsatu/Moh Niaz Sharief)

SULSELSATU.com, MAKASSARPemkot Makassar saat ini tengah fokus membenahi kanal. Seluruh camat di Kota Makassar pun mengerahkan sumber daya yang ada untuk membersihkan kanal di wilayahnya masing-masing.

Camat Tamalate, Fahyuddin mengaku telah menurunkan pasukannya untuk membersihkan empat kanal yang ada di wilayahnya yakni kanal Pabaeng-Baeng, kanal Jongayya, kanal Balang Baru, dan kanal Maccini Sombala.

“Banyak sedimentasi yang kami temukan baik di bagian tengah ataupun pinggir kanal. Kami akan kordinasi dengan Dinas PU dan Pompengan untuk meminta bantuan pengerukan karena memang sudah terjadi pendangkalan,” kata Fahyuddin, Kamis (20/6/2019).

Baca Juga : Program Pemkot Mengaji Tuai Apresiasi Kabag Prokopim Makassar

Fahyuddin juga mengaku menemukan banyak genangan sampah utamanya di kanal Pabaeng-Baeng. Makanya, satgas drainase pun mengumpulkan dan mengangkut genangan sampah tersebut agar tidak mengotori kanal.

Upaya edukasi juga dilakukan Fahyuddin dengan memasang spanduk di ruas kanal Pabaeng-Baeng bertuliskan “Sayangi Kanal ta. Stop Buang Sampah di Kanal”. Ia juga menggagas terbentuknya komunitas peduli kanal yang akan diluncurkan bulan depan.

Sementara itu, Camat Panakkukang Andi Pangerang mengatakan, sudah sebulan ia mengerahkan 30 satgas drainase untuk membersihkan dua kanal yang ada di wilayahnya yaitu kanal Sinrijala, dan kanal Pampang.

Baca Juga : Semarak Hari Kebudayaan 1 April, Pemkot Makassar Suguhkan Parade Budaya

Camat Mariso Juliaman, juga menerjunkan satgas drainase untuk membersihkan dua saluran drainase utama di kecamatannya yaitu kanal Jongayya yang terletak di jalan Nuri Baru sampai dengan jalan Metro Tanjung Bunga. Kanal ini berbatasan wilayah dengan Kecamatan Tamalate.

Ada juga kanal Sambung Jawa atau Bunga Eja yang melintas di Jalan Hati Murni, Kelurahan Tamarunang, dan Jalan Bunga Eja, Kelurahan Bontorannu.

Kecamatan Mariso juga memiliki kanal penghubung yaitu kanal Metro Tanjung Bunga, Kelurahan Kunjung Mae, dan kanal Lette, di perbatasan Kelurahan Lette dan Kelurahan Mariso, tembus ke Jalan Metro Tanjung Bunga, serta kanal Rajawali sampai dengan Jalan Cendrawasih, Kelurahan Panambungan.

Baca Juga : Survei Kepuasan Masyarakat Kota Makassar, Pemkot 75 Persen dan DPRD Makassar 58 Persen

“Pembersihan kanal kami lakukan sudah hampir sebulan sesuai instruksi bapak wali kota,” kata Juliaman.

Penulis: Asrhawi Muin
Editor: Hendra Wijaya

 

 Komentar

 Terbaru

Makassar17 Mei 2022 01:05
Ramah Tamah Hari Raya Waisak, Wali Kota Danny Gagas Pembangunan Religius Park
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto menghadiri Ramah tamah hari raya Waisak yang digelar Persatuan Umat Budha Ind...
Video16 Mei 2022 22:50
VIDEO: Jalan Rusak Parah, Mobil Ambulans yang Bawa Jenazah Ikut Terjebak
SULSELSATU.com – Akses jalan Batuputih-Sangkulirang, Kalimantan Timur mengalami rusak parah. Akibatnya Mobil ambulans Puskesmas Biduk yang sedan...
Makassar16 Mei 2022 22:06
KPK Puji Kinerja Gubernur Andi Sudirman
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kepala Satuan Tugas (Kasatgas) Koordinasi dan Supervisi Pencegahan Korupsi (Korsupgah) Wilayah IV Komisi Pemberantasan Ko...
Kesehatan16 Mei 2022 21:35
Tingkatkan Fasilitas Pelayanan Publik, NIPAH Park Gandeng PMI Hadirkan Gerai Donor Darah
SULSELSATU.com, MAKASSAR – NIPAH Park berkolaborasi dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Makassar menghadirkan gerai donor darah. Gerai dono...