Logo Sulselsatu

Program Gema Sabtu Bersih Pemkot Makassar Ajak Masyarakat Kurangi Sampah

Asrul
Asrul

Kamis, 20 Juni 2019 21:43

Program Gema Sabtu Bersih Pemkot Makassar Ajak Masyarakat Kurangi Sampah

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar mencanangkan program dan rencana aksi Gerakan Makassar (Gema) Sabtu Bersih. Melalui program ini, masyarakat akan diajak untuk memahami tentang penanganan dan pengelolaan sampah.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Makassar, Rusmayani Madjid, usai menghadiri rapat koordinasi terkait launching program Gema Sabtu Bersih di Ruang Sipakatau, Kamis, (20/6/2019).

Baca Juga : Program Pemkot Mengaji Tuai Apresiasi Kabag Prokopim Makassar

“Gema Sabtu Bersih adalah suatu gerakan yang diprakarsai oleh Bapak Pj Wali Kota (Iqbal Suheb). Ini sebenarnya bukan pada bagaimana kita membersihkan tapi bagaimana mengedukasi masyarakat juga untuk mereduce (mengurangi) sampah mereka dan bagaimana penanganannya,” ujarnya.

Saat ini, kata dia, Pemkot Makassar juga tengah berupaya untuk meraih penghargaan Adipura yang gagal diraih tahun lalu. Oleh karena itu, program Gema Sabtu Bersih ini dinilai sangat tepat dilakukan sekarang.

Meski begitu, ia berharap agar program ini tidak hanya dilaksanakan pada hari Sabtu saja melainkan setiap hari. Menurutnya, hari Sabtu hanya menjadi wakti bagi Pj Wali Kota untuk melakukan peninjauan terkait efektifitas pelaksanaannya.

Baca Juga : Semarak Hari Kebudayaan 1 April, Pemkot Makassar Suguhkan Parade Budaya

“Kami berharap bahwa gerakan ini akan berkesinambungan bahkan bukan hanya pada hari Sabtu saja tapi setiap hari. Dan saya berharap dimulai dari kami aparat-aparat pemerintah memberikan contoh kepada masyarakat untuk bagaimana pola-pola kebersihan,” katanya.

Adapun program Gema Sabtu Bersih ini sendiri rencananya akan dilaunching pada Sabtu, 22 Juni 2019 mendatang di Anjungan Pantai Losari.

Penulis: Asrhawi Muin
Editor: Awang Darmawan

 Komentar

 Terbaru

Kesehatan17 Mei 2022 19:53
Tekan Angka Kematian Ibu dan Bayi, Wali Kota Danny Gandeng Direktur USAID Indonesia
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Wali Kota Makassar Ramdhan Pomanto menerima kunjungan Direktur Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID...
Nasional17 Mei 2022 19:43
Adnan Harap Program Dana Hibah Kemdikbud Ristek Bantu Permasalahan Pendidikan Hingga ke Daerah
SULSELSATU.com, JAKARTA – Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan yang juga Sekretaris Jenderal (Sekjen) Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indone...
Berita Utama17 Mei 2022 18:21
Presiden Jokowi Umumkan Pelonggaran Pemakaian Masker
SULSELSATU.com – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memutuskan untuk melonggarkan penggunaan masker di tengah kondisi Covid-19 di Indonesia. Hal t...
Ekonomi17 Mei 2022 17:38
Klaster Usaha Binaan BRI Purun Eco-Straw Mendapat Apresiasi di Sidang Umum PBB
  SULSELSATU.com – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus konsisten mendukung pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk...