Logo Sulselsatu

Program Gema Sabtu Bersih Pemkot Makassar Ajak Masyarakat Kurangi Sampah

Asrul
Asrul

Kamis, 20 Juni 2019 21:43

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar mencanangkan program dan rencana aksi Gerakan Makassar (Gema) Sabtu Bersih. Melalui program ini, masyarakat akan diajak untuk memahami tentang penanganan dan pengelolaan sampah.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Makassar, Rusmayani Madjid, usai menghadiri rapat koordinasi terkait launching program Gema Sabtu Bersih di Ruang Sipakatau, Kamis, (20/6/2019).

Baca Juga : Danny Pomanto Minta ICMI Ambil Peran Cerdaskan Anak Bangsa di Tengah Krisis Moral

“Gema Sabtu Bersih adalah suatu gerakan yang diprakarsai oleh Bapak Pj Wali Kota (Iqbal Suheb). Ini sebenarnya bukan pada bagaimana kita membersihkan tapi bagaimana mengedukasi masyarakat juga untuk mereduce (mengurangi) sampah mereka dan bagaimana penanganannya,” ujarnya.

Saat ini, kata dia, Pemkot Makassar juga tengah berupaya untuk meraih penghargaan Adipura yang gagal diraih tahun lalu. Oleh karena itu, program Gema Sabtu Bersih ini dinilai sangat tepat dilakukan sekarang.

Meski begitu, ia berharap agar program ini tidak hanya dilaksanakan pada hari Sabtu saja melainkan setiap hari. Menurutnya, hari Sabtu hanya menjadi wakti bagi Pj Wali Kota untuk melakukan peninjauan terkait efektifitas pelaksanaannya.

Baca Juga : Haul ke-354 Sultan Hasanuddin, PJ Sekda Kota Makassar: Momentum Pelestarian Nilai Budaya

“Kami berharap bahwa gerakan ini akan berkesinambungan bahkan bukan hanya pada hari Sabtu saja tapi setiap hari. Dan saya berharap dimulai dari kami aparat-aparat pemerintah memberikan contoh kepada masyarakat untuk bagaimana pola-pola kebersihan,” katanya.

Adapun program Gema Sabtu Bersih ini sendiri rencananya akan dilaunching pada Sabtu, 22 Juni 2019 mendatang di Anjungan Pantai Losari.

Penulis: Asrhawi Muin
Editor: Awang Darmawan

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video12 Juni 2024 23:22
VIDEO: 50 Bangsal Pekerja Royal Sentraland Moncongloe Maros Terbakar
SULSELSATU.com – Bangsal pekerja di Perumahan Royal Sentraland, Moncongloe, Maros terbakar, Rabu (12/6/2024). Kejadian tersebut terjadi sekitar ...
Pendidikan12 Juni 2024 22:51
Ramah Tama FIP UNM, Rektor UNM: Hidup itu Untuk Memberi Kontribusi
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Makassar (UNM) kembali menggelar ramah tamah Wisuda periode Juni ...
Politik12 Juni 2024 22:21
Dinilai Bebas KKN, Milenial 445 Dukung Sudirman Sulaiman Maju Pilgub Sulsel
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dukungan untuk Andi Sudirman Sulaiman maju pada pentas Pemilihan Gubernur (Pilgib) Sulsel mulai bermunculan, terbaru ...
Pendidikan12 Juni 2024 21:58
Danny Pomanto Minta ICMI Ambil Peran Cerdaskan Anak Bangsa di Tengah Krisis Moral
Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto meminta Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) mengambil peran mencerdaskan anak bangsa di tengah krisis...