Logo Sulselsatu

Program Gema Sabtu Bersih Pemkot Makassar Ajak Masyarakat Kurangi Sampah

Asrul
Asrul

Kamis, 20 Juni 2019 21:43

Program Gema Sabtu Bersih Pemkot Makassar Ajak Masyarakat Kurangi Sampah

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar mencanangkan program dan rencana aksi Gerakan Makassar (Gema) Sabtu Bersih. Melalui program ini, masyarakat akan diajak untuk memahami tentang penanganan dan pengelolaan sampah.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Makassar, Rusmayani Madjid, usai menghadiri rapat koordinasi terkait launching program Gema Sabtu Bersih di Ruang Sipakatau, Kamis, (20/6/2019).

Baca Juga : Danny Pomanto Minta Pedagang Percayakan Polemik Pengelolaan Pasar Butung ke Pemkot Makassar

“Gema Sabtu Bersih adalah suatu gerakan yang diprakarsai oleh Bapak Pj Wali Kota (Iqbal Suheb). Ini sebenarnya bukan pada bagaimana kita membersihkan tapi bagaimana mengedukasi masyarakat juga untuk mereduce (mengurangi) sampah mereka dan bagaimana penanganannya,” ujarnya.

Saat ini, kata dia, Pemkot Makassar juga tengah berupaya untuk meraih penghargaan Adipura yang gagal diraih tahun lalu. Oleh karena itu, program Gema Sabtu Bersih ini dinilai sangat tepat dilakukan sekarang.

Meski begitu, ia berharap agar program ini tidak hanya dilaksanakan pada hari Sabtu saja melainkan setiap hari. Menurutnya, hari Sabtu hanya menjadi wakti bagi Pj Wali Kota untuk melakukan peninjauan terkait efektifitas pelaksanaannya.

Baca Juga : Pemkot Makassar Kecolongan Pertahankan Fasum, Akhmad Namsum: Semua Lahan Akan Disertifikasi

“Kami berharap bahwa gerakan ini akan berkesinambungan bahkan bukan hanya pada hari Sabtu saja tapi setiap hari. Dan saya berharap dimulai dari kami aparat-aparat pemerintah memberikan contoh kepada masyarakat untuk bagaimana pola-pola kebersihan,” katanya.

Adapun program Gema Sabtu Bersih ini sendiri rencananya akan dilaunching pada Sabtu, 22 Juni 2019 mendatang di Anjungan Pantai Losari.

Penulis: Asrhawi Muin
Editor: Awang Darmawan

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

 Komentar

 Terbaru

Berita Utama04 Desember 2022 13:20
Perdalam Ilmu Pengawasan, Bawaslu Jeneponto Gelar Rakon Dengan Panwaslu
MAKASSAR, SULSELSATU.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Jeneponto menggelar Rapat Konsolidasi (Rakon) Pengawasan Tahapan Pemilu tah...
Video03 Desember 2022 22:43
VIDEO: Cuma Makan Nasi dan Garam, Pria Akhirnya Punya Tabungan Rp 2,8 M
SULSELSATU.com – Seorang pekerja migran asal Bangladesh hanya makan bawang, cabai, dan garam agar dapat menabung. Dalam video terlihat pria as...
Makassar03 Desember 2022 21:43
Ari Ashari Tampung Aspirasi Masyarakat Makassar Soal Pengelolaan Drainase yang Kurang Maksimal
Reses Anggota DPRD Kota Makassar Ari Ashari...
Entertainment03 Desember 2022 21:19
Film Like and Share, Keberanian Mengangkat Masalah Pelecehan Seksual Secara Gamblang
Film Like and Share tentang cerita tentang pelecehan seksual yang akan tayang pada 8 Desember 2022...