Logo Sulselsatu

Wawali Parepare Hadiri Sosialisasi GPN di Makassar

Asrul
Asrul

Kamis, 20 Juni 2019 22:44

Wawali Parepare Hadiri Sosialisasi GPN di Makassar

SULSELSATU.com, PAREPARE – Wakil Walikota Parepare, Pangerang Rahim menghadiri sosialisasi Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) dan elektronifikasi transaksi keuangan pemerintah daerah, yang digelar Bank Indonesia (BI), di Hotel The Rinra Makassar, Kamis (20/6/2019).

Kepala Bagian Humas dan Protokoler Setdako Parepare, M Anwar Amir mengatakan, GPN atau National Payment Gateway (NPG) adalah sebuah sistem yang menghubungkan seluruh alat pembayaran (kartu debit, kartu kredit, atau uang elektronik) dengan mesin/perangkat transaksi pembayaran seperti ATM, mesin Electronic Data Capture (EDC), atau kanal pembayaran lainnya.

“Sederhananya, seluruh nasabah bisa melakukan transaksi offline seperti pembayaran, transfer uang, atau tarik tunai tanpa biaya di semua mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) atau Electronic Data Capture (EDC) mana pun yang berlogo GPN di seluruh Indonesia,” bebernya.

Baca Juga : Buruan Beli Tiket PSM Makassar vs Sulut United FC, Cek Disini Harganya

Menurutnya, keuntungan menggunakan kartu GPN yang disosialisasikan BI menggunakan kartu debit berlogo GPN yaitu selain bisa melakukan transaksi di seluruh Indonesia karena terkoneksi dengan mesin ATM/EDC mana pun, juga ikut mendukung upaya Bank Indonesia untuk merealisasikan infrastruktur pembayaran yang lebih efisien, andal, dan aman.

“Selain itu, jika pada umumnya kartu debit yang dikeluarkan oleh bank dikenakan biaya administrasi bulanan cukup tinggi, kini Nasabah mendapat keuntungan berupa penurunan biaya administrasi bulanan kartu mulai dari Rp1.000 per bulan jika menggunakan kartu GPN. Namun di Jenius, penggunaan kartu debit berlogo GPN tidak dikenakan biaya administrasi bulanan,” tandasnya.

Kegiatan itu dihadiri sejumlah pimpinan Bank Indonesia Cabang Makassar. Sosialisasi ini digelar untuk mempercepat elektroniofikasi transaksi keuangan di pemerintah daerah.

Baca Juga : Jelang Akhir Tahun, Kepala Daerah di Sulsel Kebut Vaksinasi

Penulis: Andi Fardi
Editor: Awang Darmawan

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

 Komentar

 Terbaru

News27 November 2022 06:06
Srikandi Ganjar Gelar Creative Competition, Geliatkan Industri Seni di Sulsel
Relawan srikandi ganjar gelar creative competition...
Video26 November 2022 23:42
VIDEO: Bantuan Kebanyakan Pakaian Wanita, Bapak-Bapak Cosplay Pakai Daster
SULSELSATU.com – Gempa yang terjadi di Cinjur, Jawa Barat menyebabkan kerusakan yang luar biasa. Data dari BNPB pada Sabtu (26/11) sebanyak 310 ...
Olahraga26 November 2022 22:19
Kejurnas Wilayah 5 Taekwondo Resmi Bergulir di Makassar
  SULSELSATU.com, MAKASSAR – Gelaran kejuaraan nasional (Kejurnas) wilayah 5 yang dipusatkan di Kota Makassar resmi bergulir pada Jumat (25...
Video26 November 2022 21:30
VIDEO: Muazin Menangis saat Kumandangkan Azan di Bencana Gempa Cianjur
SULSELSATU.com – Seorang muazin menangis saat melakukan adzan di dalam masjid yang hancur dilanda gempa pada Senin (21/11). Masjid itu terletak ...