Logo Sulselsatu

Gema Sabtu Bersih Resmi Diluncurkan

Asrul
Asrul

Sabtu, 22 Juni 2019 12:33

ubernur Sulsel Nurdin Abdullah dan Pj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb menyalami para satgas kebersihan usai peluncuran Gema Sabtu Bersih, di Anjungan Pantai Losari, Sabtu (22/6/19) (IST)
ubernur Sulsel Nurdin Abdullah dan Pj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb menyalami para satgas kebersihan usai peluncuran Gema Sabtu Bersih, di Anjungan Pantai Losari, Sabtu (22/6/19) (IST)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar resmi melaunching atau meluncurkan Gerakan Makassar (Gema) Sabtu Bersih yang sebelumnya telah dicanangkan beberapa waktu lalu.

Gerakan yang diluncurkan langsung oleh Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah ini dilaksanakan dalam bentuk upacara di Anjungan Pantai Losari, Sabtu (22/6/19). Nurdin Abdullah pun bertindak sebagai inspektur upacara dan Camat Ujung Pandang A Pattiware sebagai komandan upacara.

Launching Gema Sabtu Bersih diikuti ratusan Satgas Kebersihan dari 15 kecamatan yang hadir bersama camat se-Kota Makassar.

Baca Juga : Pemkot Makassar Peringati Harkitnas ke-116, Suarakan Bangkit Untuk Indonesia Emas

Tak ketinggalan Ketua TP PKK Provinsi Sulsel Liestiaty F Nurdin, Pj Ketua TP PKK Kota Makassar Murni Djamaluddin Iqbal, Sekda Kota Makassar M Ansar, Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Wahyu Dwi Ariwibowo, dan Jajaran SKPD lingkup Pemkot Makassar.

Gema Sabtu Bersih diinisiasi langsung oleh Pj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb bersama Pj Ketua TP PKK Kota Makassar Murni Djamaluddin Iqbal.

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan keluarga, satuan pendidikan, satuan kerja dan komunitas. Mengutamakan peran serta masyarakat di dalam menunjang perilaku bersih dan sehat.

Baca Juga : Baznas RI Nobatkan Danny Pomanto Jadi Duta Zakat Indonesia

“Ini inovasi baru mendorong dan menggalakkan kegiatan gotong – royong atau kerja bakti “Sabtu Bersih” di tiap RT/RW se-Makassar yang dikordinir oleh kelurahan masing-masing,” ucap Iqbal.

Selain itu, inovasi ini membentuk dan memelihara kawasan hijau percontohan di tiap kecamatan yang dikordinir oleh camat se-Makassar.

Sementara itu, Nurdin Abdullah mengapresiasi serta mendukung kegiatan ini. Menurutnya, kegiatan ini sangat membantu menjaga kebersihan Makassar.

Baca Juga : Danny Pomanto Lantik 5.975 Pj RT-RW Sebagai Amil Zakat Perorangan

“Minimal Sabtu di seluruh sudut kota Makassar bebas sampah. Ini juga membantu para petugas kebersihan untuk mengangkut langsung sampah-sampah yang sudah dikumpulkan masyarakat. Jadi kita ringankan ini pekerjaannya Satgas,” ungkapnya.

Launching Gema Sabtu Bersih ditandai dengan pemberian satu paket alat kebersihan berupa sapu dan sekop sampah kepada petugas Satgas Kebersihan Makassar.

Penulis : Asrhawi Muin
Editor: Azis Kuba

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Politik20 Mei 2024 23:44
Azhar Arsyad Ajak Lintas Generasi Bangkit Majukan Makassar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Ketua DPW PKB Sulsel Azhar Arsyad mengajak seluruh generasi untuk bersatu menyatukan kekuatan memajukan Kota Makassar...
Video20 Mei 2024 23:20
VIDEO: Heboh! Makam Mahasiswi di Purbalingga Dibongkar, Diduga Pencurian Tali Pocong
SULSELSATU.com – Aksi pembongkaran makam di Purbalingga, Senin (20/5/2024). Video ini menghebohkan media sosial. Berdasarkan informasi, makan ya...
Hukum20 Mei 2024 22:36
15 UPT Kanwil Kemenkumham Sulsel Masuk Tahap Panel TPI
SULSELSATU.com, BANDUNG – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulawesi Selatan (Sulsel) ikuti Panel Hasil Evaluasi P...
Politik20 Mei 2024 22:24
Harap Bersama di Pilwali, ARA Siap Jalani Mekanisme Dapatkan Rekomendasi Hanura
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Adi Rasyid Ali (ARA) menyerahkan berkas pendaftaran ke DPC Hanura Kota Makassar pada Senin (20/5/2024). Penyerahan be...