Logo Sulselsatu

Gema Sabtu Bersih Resmi Diluncurkan

Asrul
Asrul

Sabtu, 22 Juni 2019 12:33

ubernur Sulsel Nurdin Abdullah dan Pj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb menyalami para satgas kebersihan usai peluncuran Gema Sabtu Bersih, di Anjungan Pantai Losari, Sabtu (22/6/19) (IST)
ubernur Sulsel Nurdin Abdullah dan Pj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb menyalami para satgas kebersihan usai peluncuran Gema Sabtu Bersih, di Anjungan Pantai Losari, Sabtu (22/6/19) (IST)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar resmi melaunching atau meluncurkan Gerakan Makassar (Gema) Sabtu Bersih yang sebelumnya telah dicanangkan beberapa waktu lalu.

Gerakan yang diluncurkan langsung oleh Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah ini dilaksanakan dalam bentuk upacara di Anjungan Pantai Losari, Sabtu (22/6/19). Nurdin Abdullah pun bertindak sebagai inspektur upacara dan Camat Ujung Pandang A Pattiware sebagai komandan upacara.

Launching Gema Sabtu Bersih diikuti ratusan Satgas Kebersihan dari 15 kecamatan yang hadir bersama camat se-Kota Makassar.

Baca Juga : Pemkot Makassar Kecolongan Pertahankan Fasum, Akhmad Namsum: Semua Lahan Akan Disertifikasi

Tak ketinggalan Ketua TP PKK Provinsi Sulsel Liestiaty F Nurdin, Pj Ketua TP PKK Kota Makassar Murni Djamaluddin Iqbal, Sekda Kota Makassar M Ansar, Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Wahyu Dwi Ariwibowo, dan Jajaran SKPD lingkup Pemkot Makassar.

Gema Sabtu Bersih diinisiasi langsung oleh Pj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb bersama Pj Ketua TP PKK Kota Makassar Murni Djamaluddin Iqbal.

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan keluarga, satuan pendidikan, satuan kerja dan komunitas. Mengutamakan peran serta masyarakat di dalam menunjang perilaku bersih dan sehat.

Baca Juga : Hadir di Youth Entrepreneurship, Indira Mulyasari Dorong Pemuda Buat Karya Inspiratif

“Ini inovasi baru mendorong dan menggalakkan kegiatan gotong – royong atau kerja bakti “Sabtu Bersih” di tiap RT/RW se-Makassar yang dikordinir oleh kelurahan masing-masing,” ucap Iqbal.

Selain itu, inovasi ini membentuk dan memelihara kawasan hijau percontohan di tiap kecamatan yang dikordinir oleh camat se-Makassar.

Sementara itu, Nurdin Abdullah mengapresiasi serta mendukung kegiatan ini. Menurutnya, kegiatan ini sangat membantu menjaga kebersihan Makassar.

Baca Juga : Pemprov Sulsel Ingin Ambil Alih Terminal Malengkeri, Danny Pomanto: Tidak Bisa, Bukan Aset Pemkot

“Minimal Sabtu di seluruh sudut kota Makassar bebas sampah. Ini juga membantu para petugas kebersihan untuk mengangkut langsung sampah-sampah yang sudah dikumpulkan masyarakat. Jadi kita ringankan ini pekerjaannya Satgas,” ungkapnya.

Launching Gema Sabtu Bersih ditandai dengan pemberian satu paket alat kebersihan berupa sapu dan sekop sampah kepada petugas Satgas Kebersihan Makassar.

Penulis : Asrhawi Muin
Editor: Azis Kuba

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

 Komentar

 Terbaru

News26 November 2022 16:14
Lewat Global IT Challengen (GITC) 2022, LG Berdayakan Generasi Muda Disabilitas
LG berdayakan anak muda disablitas...
Video26 November 2022 15:58
VIDEO: Gerombolan Monyet Liar ‘Serang’ Pemukiman Warga di Bandung
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan gerombolan monyet menyerang pemukiman Warga Kota Bandung, Jawa Barat. Dalam video terlihat sekita...
Pendidikan26 November 2022 12:25
Undang Reviewer Nasional, LP2M UNM Ajak Dosen Kembangkan Kualitas Penelitian
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Makassar (UNM) mengadakan kegiatan seminar has...
Makassar26 November 2022 11:43
PHRI Bike Tour 2022 Lewati Destinasi Wisata, Kesempatan Perkenalkan Pariwisata Makassar
PHRI Bike Tour hadir di Makassar, momen perkenalkan pariwisata Makassar...