Logo Sulselsatu

Pemkab Wajo Gelar Seminar Nasional Lipa Sabbe

Asrul
Asrul

Sabtu, 22 Juni 2019 22:55

Pemkab Wajo Gelar Seminar Nasional Lipa Sabbe

SULSELSATU.com, WAJO – Pemerintah Kabupaten Wajo menggelar seminar nasional “Lipa Sabbe, Warisan dan Diplomasi Budaya Berbasis Kearifan Lokal” di Hotel Eka Sengkang, Jumat (21/6/2019).

Bupati Wajo, Amran Mahmud mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya pemerintah daerah untuk mengangkat nilai kearifan budaya lokal. Tujuannya untuk membangun akses persuteraan dari hulu sampai ke hilir dan membangun jaringan kerjasamanya.

“Kita akan membangun pariwisata Wajo, sehingga Wajo bukan lagi sebagai persinggahan, tapi sebagai destinasi wisata atau tempat kunjungan wisata lokal dan mancanegara dengan Danau Tempe sebagai ikon,” ungkap Amran.

Baca Juga : Amran Mahmud Teken Komitmen Penyelenggaraan MPP di KemenPAN-RB

Pemerintah daerah, lanjut Amran, juga berupaya memaksimalkan persuteraan dengan mengembangkan murbei. Caranya, dengan mempersiapkan prasarana jaringan dan membangun indukan telur sendiri sehingga tidak tergantung kepada telur dari Cina.

“Mimpi kami ingin jadikan Wajo sebagai Kota Wisata seperti Tanatoraja yang mempunyai ciri khas tersendiri. Kita harus melestarikan dan patenkan Lipa sabbe kita, dan ini merupakan potensi yang luar biasa,” tegas dia.

Ia juga mengatakan, APBD juga nantinya akan lebih banyak diarahkan pada pengembangan dan pemberdayaan masyarakat sehingga warga Wajo bisa lebih menikmatinya.

Baca Juga : Tok, Perda Pajak Sarang Burung Walet di Wajo Ditetapkan Jadi 2,5 Persen

“Mari kita membangun bersama. Mari kita rumuskan sesuatu dari hasil seminar ini untuk mendapatkan mimpi kami di Wajo. Dengan potensi persuteraan yang sudah dapat respon dari Dubes di Den Haag,” ujar Amran Mahmud.

Sementara itu, Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya Kemendikbud RI, Najamuddin Ramly mengapresiasi upaya Pemkab Wajo yang mendorong pelestarian Lipa Sabbe.

“Negeri Wajo melahirkan orang cerdas, ulama, dan pemimpin. Di sini pula sutra ditenun menjadi lipasabbe,” ungkap Najamuddin.

Baca Juga : Amran Mahmud Laporkan Kebutuhan Pembangunan Wajo Saat Bertemu Banggar DPR RI

Editor: Awang Darmawan

 Komentar

 Terbaru

Sulsel20 Mei 2022 21:32
Gubernur Sulsel Harap Produktivitas Masyarakat Meningkat Pasca Rehab DI Cenrana
SULSELSATU.com, WAJO – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan kembali melanjutkan penanganan pada Daerah Irigasi Cenrana di Kabupaten Wajo untuk t...
Video20 Mei 2022 21:28
VIDEO: Bikin Heboh, Fans NCT Dream Berlarian Kejar Idolanya
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan ribuan fans NCT Dream berlarian mengejar idolannya. Aksi fans NCT Dream di bandara Soekarno-Hatta v...
OPD20 Mei 2022 21:21
Dispora Sulsel Usulkan Bonus untuk Atlet Sulsel Peraih Medali di Sea Games Vietnam
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Sulsel, mengusulkan untuk memberi ...
Berita Utama20 Mei 2022 20:49
Seorang Guru di Jeneponto Mengaku Korban Arogansi Oknum Kepsek di Jeneponto
SULSELSATU.com, Jeneponto – Seorang Guru Bantu di Kabupaten Jeneponto Sulawesi Selatan, Yulianti Yudin, mengaku menjadi korban dugaan Arogansi K...