Logo Sulselsatu

Pemkab Wajo Gelar Seminar Nasional Lipa Sabbe

Asrul
Asrul

Sabtu, 22 Juni 2019 22:55

Pemkab Wajo Gelar Seminar Nasional Lipa Sabbe

SULSELSATU.com, WAJO – Pemerintah Kabupaten Wajo menggelar seminar nasional “Lipa Sabbe, Warisan dan Diplomasi Budaya Berbasis Kearifan Lokal” di Hotel Eka Sengkang, Jumat (21/6/2019).

Bupati Wajo, Amran Mahmud mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya pemerintah daerah untuk mengangkat nilai kearifan budaya lokal. Tujuannya untuk membangun akses persuteraan dari hulu sampai ke hilir dan membangun jaringan kerjasamanya.

“Kita akan membangun pariwisata Wajo, sehingga Wajo bukan lagi sebagai persinggahan, tapi sebagai destinasi wisata atau tempat kunjungan wisata lokal dan mancanegara dengan Danau Tempe sebagai ikon,” ungkap Amran.

Baca Juga : Amran Mahmud Teken Komitmen Penyelenggaraan MPP di KemenPAN-RB

Pemerintah daerah, lanjut Amran, juga berupaya memaksimalkan persuteraan dengan mengembangkan murbei. Caranya, dengan mempersiapkan prasarana jaringan dan membangun indukan telur sendiri sehingga tidak tergantung kepada telur dari Cina.

“Mimpi kami ingin jadikan Wajo sebagai Kota Wisata seperti Tanatoraja yang mempunyai ciri khas tersendiri. Kita harus melestarikan dan patenkan Lipa sabbe kita, dan ini merupakan potensi yang luar biasa,” tegas dia.

Ia juga mengatakan, APBD juga nantinya akan lebih banyak diarahkan pada pengembangan dan pemberdayaan masyarakat sehingga warga Wajo bisa lebih menikmatinya.

Baca Juga : Tok, Perda Pajak Sarang Burung Walet di Wajo Ditetapkan Jadi 2,5 Persen

“Mari kita membangun bersama. Mari kita rumuskan sesuatu dari hasil seminar ini untuk mendapatkan mimpi kami di Wajo. Dengan potensi persuteraan yang sudah dapat respon dari Dubes di Den Haag,” ujar Amran Mahmud.

Sementara itu, Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya Kemendikbud RI, Najamuddin Ramly mengapresiasi upaya Pemkab Wajo yang mendorong pelestarian Lipa Sabbe.

“Negeri Wajo melahirkan orang cerdas, ulama, dan pemimpin. Di sini pula sutra ditenun menjadi lipasabbe,” ungkap Najamuddin.

Baca Juga : Amran Mahmud Laporkan Kebutuhan Pembangunan Wajo Saat Bertemu Banggar DPR RI

Editor: Awang Darmawan

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

 Komentar

 Terbaru

Otomotif04 Desember 2022 17:13
Bukti Pelayanan Prima, Asmo Sulsel Buka Parkiran Khusus Motor Matik Premium di Mall Phinisi Point
Asmo Sulsel beri pelayanan prima bagi konsumen dengan menghadirkan parkir khusus motor matik premium Honda di Mall Phinisi Point Makassar...
Makassar04 Desember 2022 16:54
SRC Gelar Pesta Retail Celebes, Hadirkan Seribu Toko Kelontong dari 4 Provinsi di Sulawesi
SULSELSATU.com, MAKASSAR – PT HM Sampoerna Tbk melalui PT SRC Indonesia Sembilan (SRCIS) secara konsisten mendukung transformasi dan digitalisas...
News04 Desember 2022 16:40
Menuju Natal dan Tahun Baru 2023, Staf Khusus Menhub Minta Pelindo Bersiap Hadapi Arus Mudik
Pelindo bersiap hadapi arus mudik natal dan tahun baru 2023...
Video04 Desember 2022 14:42
VIDEO: Bawaslu Jeneponto Gelar Rakon Dengan Panwaslu
SULSELSATU.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Jeneponto menggelar Rapat Konsolidasi (Rakon) Pengawasan Tahapan Pemilu tahun 202...