Logo Sulselsatu

Lantamal VI Hadirkan Ruangan Khusus Sejarah Operasi Trikora dan Dwikora di Naval Museum

Asrul
Asrul

Minggu, 23 Juni 2019 15:45

Lantamal VI Hadirkan Ruangan Khusus Sejarah Operasi Trikora dan Dwikora di Naval Museum
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Telah banyak buku yang menceritakan tentang sejarah Operasi Trikora dan Dwikora. Sejarah Trikora dan Dwikora tersebut akan lebih diperjelas di Naval Museum Lantamal VI.
Untuk menampung benda-benda sejarah operasi Trikora dan Dwikora di Naval Museum Lantamal VI, pengelola telah menyiapkan satu ruangan khusus yang diberi nama Trokora-Dwikora Room. Tampak Foto-foto pejuang Trikora Dwikora, pertempuran, dan beberapa bom laut dan meriam turut dipajang.
Penjelasan tentang operasi yang sarat perjuangan dalam merebut kembali Irian Barat dari tangan Belanda (Trikora) serta perjuangan tentara dan rakyat dalam mempertahankan Indonesia dari pembentukan Federasi Malaysia oleh Inggris (Dwikora) tersebut terpajang dan berada di salah satu ruangan di dalam museum ini.
Menurut Letkol Laut (KH) Jarwadi selaku pengelola Naval Museum Lantamal VI, di ruangan ini terpajang sejarah Trikora dan Dwikora merupakan salah satu sejarah perjuangan TNI Angkatan Laut dalam mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari infiltrasi negara lain untuk merebut sebagian wilayah yang masuk dalam Negara Indonesia ini.
“Jadi nantinya pengunjung akan dapat melihat dan membaca bagaimana perjuangan para pahlawan kusuma bangsa dalam mempertahankan wilayah NKRI dari segala tekanan bangsa lain yang ingin menguasai sebagian wilayah NKRI ini,” ujar Letkol Laut (KH) Jarwadi.
“Di dalam ruangan tempat sejarah Trikora dan Dwikora tersebut juga dipajang kisah perjuangan Sersan Dua KKO Djanatin dan Kopral Satu KKO Tohir dalam melaksanakan tugas infiltrasi dan sabotase serta untuk mengacaukan stabilitas keamanan di Singapura pada tanggal 9 Maret 1965”, tambahnya.
Editor: Kink Kusuma Rein

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

 Komentar

 Terbaru

OPD04 Desember 2022 20:25
Hari Pertama Reses, Rudianto Lallo Terima Keluhan Drainase dan Jalan Rusak
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Ketua DPRD Kota Makassar, Rudianto Lallo kembali menyapa warga Kelurahan Kaluku Bodoa dan Pannampu Kecamatan Tallo, K...
Ekonomi04 Desember 2022 19:22
BRI Raih Penghargaan Bank Teraktif dalam Meningkatkan Literasi Keuangan Pada LPS Banking Awards 2022
SULSELSATU.com – Literasi keuangan harus terus didorong untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap layanan keuangan formal. Konsisten melakukan ed...
Ekonomi04 Desember 2022 18:21
Wapres Ma’ruf Amin Dorong Percepatan Konversi Bank Sulselbar ke Syariah
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin mengapresiasi dan mendorong percepatan konversi bank Sulselbar menjadi bank s...
Otomotif04 Desember 2022 17:13
Bukti Pelayanan Prima, Asmo Sulsel Buka Parkiran Khusus Motor Matik Premium di Mall Phinisi Point
Asmo Sulsel beri pelayanan prima bagi konsumen dengan menghadirkan parkir khusus motor matik premium Honda di Mall Phinisi Point Makassar...