Logo Sulselsatu

Penuhi Undangan PBB ke Azerbaijan, Ini Kegiatan Iqbal Suhaeb

Asrul
Asrul

Selasa, 25 Juni 2019 14:13

Penuhi Undangan PBB ke Azerbaijan, Ini Kegiatan Iqbal Suhaeb

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb bertolak ke Baku, Azerbaijan untuk memenuhi undangan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Iqbal diketahui meninggalkan tanah air pekan lalu bersama rombongan KemenPAN-RB yang menyertakan beberapa kepala daerah di Indonesia.

Selama berada di Baku, Azerbaijan, Iqbal akan mengikuti dua kegiatan utama yaitu memenuhi undangan menghadiri dan berpartisipasi pada UNPSF (United Nations Public Service Forum) 2019 di Baku, Azerbaijan, dan workshop inovasi pelayanan publik di Haydar Aliyef Center, kota Baku Azerbaijan, pada 24 – 26 Juni 2019.

Baca Juga : Danny Pomanto Minta Pedagang Percayakan Polemik Pengelolaan Pasar Butung ke Pemkot Makassar

Agenda kedua yang diikuti Iqbal adalah mengunjungi dan mempelajari inovasi pelayanan publik di UNPSF, ASAN Xidmat di Azerbaijan, dan Public Service Hall di Georgia pada 25 – 27 Juni 2019.

“Keiikutsertaan Kota Makassar dikarenakan Makassar menjadi salah satu kota di Indonesia yang mendapatkan Award Top 40 Inovasi Makassar melalui inovasi “Longset (Lorong Sehat)” masuk dalam UNPSA (United Nations Public Service Awards) melalui seleksi KemenPAN-RB yang masuk dalam TOP 40 pada tahun 2017,” jelas Kabag Perekonomian dan Kerja Sama Setda Kota Makassar Najiran Syamsuddin,” Selasa, (25/6/2019).

Menurut Iqbal, kehadiran Pemkot Makassar memenuhi undangan PBB sangat diperlukan untuk memperkuat peran Kota Makassar dalam dunia internasional utamanya melalui keikutsertaan Indonesia dalam forum PBB.

Baca Juga : Pemkot Makassar Kecolongan Pertahankan Fasum, Akhmad Namsum: Semua Lahan Akan Disertifikasi

“Forum ini merupakan wadah transfer pengetahuan mengenai kebijakan, praktik, dan inovasi pelayanan publik yang paling mutakhir di antara negara – negara anggota PBB lainnya,” sebut Iqbal.

Indonesia sendiri merupakan negara yang aktif berperan serta dalam kegiatan UNPSA dan UNPSF sejak tahun 2015. Keikutsertaan tersebut sejalan dengan prestasi Indonesia dalam mendapatkan penghargaan UNPSA pada tahun 2015 dan 2018, yang dianugerahkan pada pelaksanaan UNPSF di tahun tersebut.

Capaian itu menjadikan Indonesia dikenal dalam berbagai forum internasional terkait dengan inovasi pelayanan publik. Partisipasi Indonesia dalam UNPSF 2019 di Baku, Azerbaijan dikarenakan pada tahun ini Indonesia kembali meraih award sebagai juara pertama pelayanan publik melalui Badan Penanggulangan Bencana RI dengan Inovasi “Peta Bencana”.

Baca Juga : Hadir di Youth Entrepreneurship, Indira Mulyasari Dorong Pemuda Buat Karya Inspiratif

Penerimaan penghargaan Top Inovasi 2019 tingkat dunia yang diselenggarakan oleh PBB melalui UNPSF bertempat di Heydar Aliyev Center, Baku, Azerbaijan, Senin, 24 Juni 2019 kemarin.

PBB mengundang negara dan kota yang ikut dalam kompetisi inovasi UNPSA hadir dalam forum bergengsi ini. Keikutsertaan Makassar dalam UNPSF menjadi penting karena membuat nama Makassar dikenal di mata dunia, dan sebagai bentuk partisipasi pada kegiatan peningkatan pelayanan publik terutama kompetisi yang dilaksanakan oleh KemenPAN – RB sebagai pembina KIPP (Kompetisi inovasi pelayanan publik).

Penulis: Asrhawi Muin
Editor: Awang Darmawan

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

 Komentar

 Terbaru

Video03 Desember 2022 22:43
VIDEO: Cuma Makan Nasi dan Garam, Pria Akhirnya Punya Tabungan Rp 2,8 M
SULSELSATU.com – Seorang pekerja migran asal Bangladesh hanya makan bawang, cabai, dan garam agar dapat menabung. Dalam video terlihat pria as...
Makassar03 Desember 2022 21:43
Ari Ashari Tampung Aspirasi Masyarakat Makassar Soal Pengelolaan Drainase yang Kurang Maksimal
Reses Anggota DPRD Kota Makassar Ari Ashari...
Entertainment03 Desember 2022 21:19
Film Like and Share, Keberanian Mengangkat Masalah Pelecehan Seksual Secara Gamblang
Film Like and Share tentang cerita tentang pelecehan seksual yang akan tayang pada 8 Desember 2022...
Video03 Desember 2022 20:56
VIDEO: Gempa M 6,4 Terjadi di Garut Jawa Barat
SULSELSATU.com – Gempa dengan kekuatan magnitudo 6,4 di mengguncang Garut, Jawa Barat, Sabtu (3/12/2022). Bahkan warga di Cianjur juga ikut me...