Logo Sulselsatu

Lahan Pertanian Terbatas, Pemkot Makassar Andalkan Hortikultura

Asrul
Asrul

Rabu, 26 Juni 2019 16:30

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemerintah Kota Makassar menilai telah mengupayakan berbagi kebijakan, program, maupun kegiatan untuk menginisiasi dan mengembangkan sektor pertanian di Kota Makassar.

Kepala Dinas Perikanan dan Pertanian (DP2) Kota Makassar, Evi Apriliyati, mengatakan pengembangan sektor pertanian di Makassar mengacu pada daya dukung yang ada, seperti kondisi ekologis perkotaan mengingat lahan pertanian di Makassar masih terbatas.

Berdasarkan statistik, Kota Makassar hingga saat ini memiliki lahan sawah seluas 2.600 hektar, tegal atau pekarangan seluas 7.000 hektar dan memiliki 7.526 lorong yang potensial bagi pengembangan hortikultura.

Baca Juga : Menteri PPPA Apresiasi Tiga Inovasi di Kota Makassar

“Meskipun jumlahnya terbatas, dengan pengelolaan yang baik tetap dapat memberikan sumbangsih bagi penyediaan pangan bagi sebagian penduduk kota,” ujarnya dalam sosialisasi pengawasan dan perlindungan tanaman di Hotel Grand Asia, Rabu, (26/6/2019).

Eva menyebutkan, produksi komoditi cabai rawit dan cabai di Kota Makassar pada tahun 2018 mencapai 3.552 ton dari total luas panen 444 hektar dan secara keseluruhan komoditi utama hortikultura mencapai produksi sebesar 5.310 ton.

Evi menilai, meski di tengah keterbatasan lahan namun produksi hasil hortikultura sedemikian itu akan mampu memberikan keuntungan bagi petani dan kelompok tani serta akan memberikan multiplier effect bagi pedagang, industri olahan dan konsumen.

Baca Juga : Kota Makassar Sabet Penghargaan Peduli HAM 2023

“Pada akhirnya diharapkan meningkatkan kesejahteraan warga serta menciptakan stabilitas ekonomi, khususnya di Kota Makassar,” katanya.

Penulis: Asrhawi Muin
Editor: Awang Darmawan

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Bisnis28 Maret 2024 16:01
Kalla Beton Kembangkan Produk Precast, Produksi Lebih Cepat dan Bentuk Cetakan Lebih Custom
Kalla Beton terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan konstruksi dari mitra atau pelanggan. Salah satu produk yang tengah dikembangkan saat ini adalah...
Aneka28 Maret 2024 13:55
Pertama di Indonesia, Pj Gubernur Sulsel Inisiasi Gerakan Sedekah Pohon
SULSELSATU.com, BONE – Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, kembali mencetak sejarah dengan melakukan gerakan sedekah pohon untuk masya...
Sulsel28 Maret 2024 13:19
Wabup Gowa Ingatkan Pembangunan 2025 Harus Tepat dan Strategis
perencanaan pembangunan 2025 harus betul-betul adaptif dengan perkembangan situasi yang kita hadapi saat ini...
Lifestyle28 Maret 2024 11:55
KUR BRI Bawa Bisnis Kue Gusti dari Rumah hingga Masuk Retail Terkenal
Gusti Putu Carmisuati adalah salah satu ibu rumah tangga yang berhasil sukses dengan usahanya berkah Kredit Usaha Rakyat (KUR) PT Bank Rakyat Indonesi...