Logo Sulselsatu

Lahan Pertanian Terbatas, Pemkot Makassar Andalkan Hortikultura

Asrul
Asrul

Rabu, 26 Juni 2019 16:30

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemerintah Kota Makassar menilai telah mengupayakan berbagi kebijakan, program, maupun kegiatan untuk menginisiasi dan mengembangkan sektor pertanian di Kota Makassar.

Kepala Dinas Perikanan dan Pertanian (DP2) Kota Makassar, Evi Apriliyati, mengatakan pengembangan sektor pertanian di Makassar mengacu pada daya dukung yang ada, seperti kondisi ekologis perkotaan mengingat lahan pertanian di Makassar masih terbatas.

Berdasarkan statistik, Kota Makassar hingga saat ini memiliki lahan sawah seluas 2.600 hektar, tegal atau pekarangan seluas 7.000 hektar dan memiliki 7.526 lorong yang potensial bagi pengembangan hortikultura.

Baca Juga : Baznas RI Nobatkan Danny Pomanto Jadi Duta Zakat Indonesia

“Meskipun jumlahnya terbatas, dengan pengelolaan yang baik tetap dapat memberikan sumbangsih bagi penyediaan pangan bagi sebagian penduduk kota,” ujarnya dalam sosialisasi pengawasan dan perlindungan tanaman di Hotel Grand Asia, Rabu, (26/6/2019).

Eva menyebutkan, produksi komoditi cabai rawit dan cabai di Kota Makassar pada tahun 2018 mencapai 3.552 ton dari total luas panen 444 hektar dan secara keseluruhan komoditi utama hortikultura mencapai produksi sebesar 5.310 ton.

Evi menilai, meski di tengah keterbatasan lahan namun produksi hasil hortikultura sedemikian itu akan mampu memberikan keuntungan bagi petani dan kelompok tani serta akan memberikan multiplier effect bagi pedagang, industri olahan dan konsumen.

Baca Juga : Danny Pomanto Lantik 5.975 Pj RT-RW Sebagai Amil Zakat Perorangan

“Pada akhirnya diharapkan meningkatkan kesejahteraan warga serta menciptakan stabilitas ekonomi, khususnya di Kota Makassar,” katanya.

Penulis: Asrhawi Muin
Editor: Awang Darmawan

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Sulsel18 Mei 2024 16:30
Dirjen Bimas Hindu Buka Musda Peradah Sulsel: Pemuda Hindu Harus Jadi Pencerah Masyarakat
Dewan Pimpinan Provinsi Perhimpunan Pemuda Hindu (DPP Peradah) Indonesia Sulsel menggelar kegiatan Lokasabha (Musyawarah Daerah) XII dan Seminar Kepem...
Makassar18 Mei 2024 16:06
Baznas RI Nobatkan Danny Pomanto Jadi Duta Zakat Indonesia
Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto dinobatkan sebagai Duta Zakat Indonesia....
Makassar18 Mei 2024 15:43
Danny Pomanto Lantik 5.975 Pj RT-RW Sebagai Amil Zakat Perorangan
Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto melantik 5.975 Pj RT-RW sebagai amil zakat perorangan....
Bisnis18 Mei 2024 13:17
Pelindo Sinergi BUMN Bersama Pindad Teken Perjanjian Kerja Sama Pemanfaatan Lahan Pengelolaan Ikan
PT Pelabuhan Indonesia (Persero) melakukan sinergi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan PT Pindad International Logistic melalui penandatanganan per...