Logo Sulselsatu

Megawati Hampir Pasti Kembali Pimpin PDIP

Asrul
Asrul

Rabu, 26 Juni 2019 17:13

Megawati Hampir Pasti Kembali Pimpin PDIP

SULSELSATU.com, JAKARTAMegawati Soekarnoputri hampir dipastikan kembali terpilih sebagai calon ketua umum PDIP untuk periode 2019-2024. Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) se-Indonesia kompak mengusulkan nama Megawati sebagai calon ketua umum PDIP pada Kongres V yang akan digelar di Bali, 8 Agustus 2019 mendatang.

Beberapa pertimbangan yang dijadikan alasan adalah, karena figur Megawati dianggap mampu berada di luar dan di dalam untuk menyatukan kebhinekaan yang ada di Indonesia, dan selalu berada di garis depan jika menyangkut dengan ideologi Pancasila.

Megawati juga memiliki rekam jejak kepemimpinan di partai seperti berhasil memenangi pemilu tiga kali yakni pada 1999, 2014, dan 2019. Itu kenapa seluruh kader PDIP masih membutuhkan sosok Megawati untuk menakhodai partai lima tahun ke depan.

Baca Juga : Andi Suhada Siap Jadi Ketua Tim Pemenangan Dilan

“Baru pertama kali dalam sejarah Republik ini ada partai yang memenangkan pileg dua kali berturut-turut. Memenangkan pileg dan pilpres sekaligus juga PDIP yakni di tahun 2014 dan 2019. Kami sangat berharap sekali Ibu menerima dan memimpin PDIP lima tahun ke depan,” kata anggota Komisi V DPR RI Alex Indra Lukman di Padang, seperti dikutip dari VIVA, Rabu (26/6/2019).

Bendahara Fraksi PDI Perjuangan DPR RI itu menjelaskan, PDIP merupakan satu-satunya partai yang membangun sistem pencalonan kepala daerah maupun caleg dari bawah. Semua itu terjadi di bawah kepemimpinan Megawati Soekarnoputri.

Karena itu, 34 DPD PDIP se-Indonesia, menyerap aspirasi dari bawah, meminta Megawati Soekarnoputri untuk berkenan memimpin kembali PDIP periode 2019-2024.

Baca Juga : PDIP Makassar Tegaskan Siap Berkoalisi Bersama PKS di Pilwali

“Saya kemarin, menjadi juru bicara dari 34 DPD PDIP se-Indonesia dalam rakernas. Aspirasi yang saya serap dari seluruh ketua DPD itu sama, yakni mengusulkan satu nama yaitu Megawati Soekarnoputri. Kami masih mempercayakan dan berharap kepada ibu. Kita sangat berharap ibu bersedia dan berkenan memimpin,” ungkapnya.

Terkait adanya kader lain yang punya potensi menjabat sebagai ketua umum, Alex tak menampik soal itu. Menurutnya, PDIP memiliki banyak kader yang mumpuni sebagai ketua umum.

Tapi, dalam mekanisme demokrasi di internal PDIP hanya ada satu nama calon yang diusulkan dari tingkat paling bawah.

Baca Juga : DILAN Tak Kunjung Kantongi Rekomendasi PDIP, Terancam Ditikung Onasis

“Dan ternyata, sampai saat ini hanya ada satu nama yang dicalonkan dari tingkat kecamatan yakni Megawati. Jadi kita tidak ingin berspekulasi apakah nama lain itu berkompeten atau tidak,” tuturnya.

Editor: Awang Darmawan

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

 Komentar

 Terbaru

News27 November 2022 06:06
Srikandi Ganjar Gelar Creative Competition, Geliatkan Industri Seni di Sulsel
Relawan srikandi ganjar gelar creative competition...
Video26 November 2022 23:42
VIDEO: Bantuan Kebanyakan Pakaian Wanita, Bapak-Bapak Cosplay Pakai Daster
SULSELSATU.com – Gempa yang terjadi di Cinjur, Jawa Barat menyebabkan kerusakan yang luar biasa. Data dari BNPB pada Sabtu (26/11) sebanyak 310 ...
Olahraga26 November 2022 22:19
Kejurnas Wilayah 5 Taekwondo Resmi Bergulir di Makassar
  SULSELSATU.com, MAKASSAR – Gelaran kejuaraan nasional (Kejurnas) wilayah 5 yang dipusatkan di Kota Makassar resmi bergulir pada Jumat (25...
Video26 November 2022 21:30
VIDEO: Muazin Menangis saat Kumandangkan Azan di Bencana Gempa Cianjur
SULSELSATU.com – Seorang muazin menangis saat melakukan adzan di dalam masjid yang hancur dilanda gempa pada Senin (21/11). Masjid itu terletak ...