Logo Sulselsatu

Megawati Hampir Pasti Kembali Pimpin PDIP

Asrul
Asrul

Rabu, 26 Juni 2019 17:13

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, JAKARTAMegawati Soekarnoputri hampir dipastikan kembali terpilih sebagai calon ketua umum PDIP untuk periode 2019-2024. Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) se-Indonesia kompak mengusulkan nama Megawati sebagai calon ketua umum PDIP pada Kongres V yang akan digelar di Bali, 8 Agustus 2019 mendatang.

Beberapa pertimbangan yang dijadikan alasan adalah, karena figur Megawati dianggap mampu berada di luar dan di dalam untuk menyatukan kebhinekaan yang ada di Indonesia, dan selalu berada di garis depan jika menyangkut dengan ideologi Pancasila.

Megawati juga memiliki rekam jejak kepemimpinan di partai seperti berhasil memenangi pemilu tiga kali yakni pada 1999, 2014, dan 2019. Itu kenapa seluruh kader PDIP masih membutuhkan sosok Megawati untuk menakhodai partai lima tahun ke depan.

Baca Juga : Kata PDIP Soal Presiden Jokowi Bertemu Empat Mata dengan Prabowo Subianto

“Baru pertama kali dalam sejarah Republik ini ada partai yang memenangkan pileg dua kali berturut-turut. Memenangkan pileg dan pilpres sekaligus juga PDIP yakni di tahun 2014 dan 2019. Kami sangat berharap sekali Ibu menerima dan memimpin PDIP lima tahun ke depan,” kata anggota Komisi V DPR RI Alex Indra Lukman di Padang, seperti dikutip dari VIVA, Rabu (26/6/2019).

Bendahara Fraksi PDI Perjuangan DPR RI itu menjelaskan, PDIP merupakan satu-satunya partai yang membangun sistem pencalonan kepala daerah maupun caleg dari bawah. Semua itu terjadi di bawah kepemimpinan Megawati Soekarnoputri.

Karena itu, 34 DPD PDIP se-Indonesia, menyerap aspirasi dari bawah, meminta Megawati Soekarnoputri untuk berkenan memimpin kembali PDIP periode 2019-2024.

Baca Juga : PPP Susul PDIP Jagokan Ganjar Pranowo Sebagai Capres 2024

“Saya kemarin, menjadi juru bicara dari 34 DPD PDIP se-Indonesia dalam rakernas. Aspirasi yang saya serap dari seluruh ketua DPD itu sama, yakni mengusulkan satu nama yaitu Megawati Soekarnoputri. Kami masih mempercayakan dan berharap kepada ibu. Kita sangat berharap ibu bersedia dan berkenan memimpin,” ungkapnya.

Terkait adanya kader lain yang punya potensi menjabat sebagai ketua umum, Alex tak menampik soal itu. Menurutnya, PDIP memiliki banyak kader yang mumpuni sebagai ketua umum.

Tapi, dalam mekanisme demokrasi di internal PDIP hanya ada satu nama calon yang diusulkan dari tingkat paling bawah.

Baca Juga : Sekjen DPP PDIP Blak-blakan Akan Dorong Karaeng Kio Bertarung di Pilkada Gowa

“Dan ternyata, sampai saat ini hanya ada satu nama yang dicalonkan dari tingkat kecamatan yakni Megawati. Jadi kita tidak ingin berspekulasi apakah nama lain itu berkompeten atau tidak,” tuturnya.

Editor: Awang Darmawan

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video18 April 2024 22:35
VIDEO: Viral, Pria Bule Isi Bensin Mobil Mewahnya di Warung Eceran
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan mobil mewah mengisi bensin di warung eceran. Kejadian ini terjadi di Pulau Dewata Bali. Video ini d...
Teknologi18 April 2024 21:15
Indosat Bersama Mastercard Kolaborasi Hadirkan Cybersecurity Center of Excellence
Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat or IOH) dan Mastercard menandatangani nota kesepahaman berkolaborasi menjaga ekonomi digital Indonesia melalui pere...
Hukum18 April 2024 21:03
Peringati HBP ke-60, Kanwil Kemenkumham Sulsel Gelar Donor Darah
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kanwil Kemenkumham Sulsel) menyelenggarakan kegiatan donor dar...
Video18 April 2024 20:39
VIDEO: Rekonstruksi Kasus Pembunuhan Suami Terhadap Istrinya di Makassar
SULSELSATU.com – Polisi menyelenggarakan rekonstruksi kasus pembunuhan yang melibatkan tersangka berinisial H (43) terhadap istrinya JU (35) di ...