Logo Sulselsatu

Yuk Ramaikan Fun Bike Jelajah Geopark Maros-Pangkep, Catat Tanggalnya

Asrul
Asrul

Kamis, 27 Juni 2019 18:14

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulawesi Selatan bakal menggelar Fun Bike Jelajah Geopark Maros-Pangkep tahun 2019. Kegiatan ini bakal digelar pada 29-30 Juni 2019.

Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Sulsel, Kemal Redindo mengatakan, salah satu tujuan kegiatan ini adalah untuk mempromosikan dan membentuk destinasi wisata baru di Sulsel. Diperkirakan sebanyak 1.500 pesepeda akan berpartisipasi pada agenda tersebut.

Baca Juga : Pimpin Rakor Awal, Zudan Bagikan Visi Bersama Bahagiakan Masyarakat Sulsel

“Ini menjadi langkah awal, jadi para pesepeda akan menghampiri beberapa destinasi-destinasi geopark. Kegiatan ini bisa menjadi destinasi baru yang ada di Sulsel,” kata Dindo, sapaan akrabnya, di kantor Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Sulsel, Kamis (27/6/2019).

Setelah acara besar ini, kata Dindo, ia berharap akan dibangun destinasi wisata kuliner dan wisata belanja di sekitar geosite itu.

“Ke depannya kalau acara ini sukses dan dilirik Kementerian, perlu dibangun destinasi baru. Kita akan bangun hotel, pusat perbelanjaan dan pusat kuliner,” tambah mantan Sekretaris Bapenda Sulsel ini.

Baca Juga : Upacara Pertama Sebagai Penjabat Gubernur Sulsel, Zudan Dorong Percepatan Transformasi Digital

General Manajer (GM) Geopark Maros-Pangkep Dedy Irfan mengungkapkan, jelajah Geopark Maros-Pangkep ini akan ditempuh dengan waktu kurang lebih 4 jam dengan panjang trek 42 km.

“Kita targetkan 1.500 peserta. Asal peserta terjauh pulau Kalimantan dan Papua. Komunitas terdaftar 34. Setiap rest area akan ditampilkan beberapa bintang tamu atau hiburan,” ujarnya.

Dijelaskan Dedy, trek yang akan dilalui itu, selain jalan beraspal, juga akan melewati single trek di tambak, jalan beton, serta tanjakan dengan kemiringan 60 derajat.

Baca Juga : Dijemput Forkopimda, OPD dan Tokoh Masyarakat, Zudan: Terima Kasih Sambutan Hangatnya

Sementara itu, Kepala Seksi Pembinaan Event Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulsel, Ahmad Yusran mengatakan, acara ini merupakan bentuk kerjasama dari Badan Pengelola Maros-Pangkep dengan Dinas Pariwisata Sulsel, Disbupar Maros dan Pangkep, Badan Pelestarian cagar budaya, Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, dan PT Semen Tonasa.

“Para peserta yang akan mengikuti acara ini, akan diajak mengelilingi lima geosite utama. Yakni Tonasa Park, Rammang-Rammang, Leang-Leang, Hutan Batu Balocci, dan Sumpang Bita,” kata Yusran.

Penulis: Jahir Majid
Editor: Awang Darmawan

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Politik20 Mei 2024 23:44
Azhar Arsyad Ajak Lintas Generasi Bangkit Majukan Makassar
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Ketua DPW PKB Sulsel Azhar Arsyad mengajak seluruh generasi untuk bersatu menyatukan kekuatan memajukan Kota Makassar...
Video20 Mei 2024 23:20
VIDEO: Heboh! Makam Mahasiswi di Purbalingga Dibongkar, Diduga Pencurian Tali Pocong
SULSELSATU.com – Aksi pembongkaran makam di Purbalingga, Senin (20/5/2024). Video ini menghebohkan media sosial. Berdasarkan informasi, makan ya...
Hukum20 Mei 2024 22:36
15 UPT Kanwil Kemenkumham Sulsel Masuk Tahap Panel TPI
SULSELSATU.com, BANDUNG – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulawesi Selatan (Sulsel) ikuti Panel Hasil Evaluasi P...
Politik20 Mei 2024 22:24
Harap Bersama di Pilwali, ARA Siap Jalani Mekanisme Dapatkan Rekomendasi Hanura
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Adi Rasyid Ali (ARA) menyerahkan berkas pendaftaran ke DPC Hanura Kota Makassar pada Senin (20/5/2024). Penyerahan be...