Logo Sulselsatu

Yuk Ramaikan Fun Bike Jelajah Geopark Maros-Pangkep, Catat Tanggalnya

Asrul
Asrul

Kamis, 27 Juni 2019 18:14

Yuk Ramaikan Fun Bike Jelajah Geopark Maros-Pangkep, Catat Tanggalnya

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulawesi Selatan bakal menggelar Fun Bike Jelajah Geopark Maros-Pangkep tahun 2019. Kegiatan ini bakal digelar pada 29-30 Juni 2019.

Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Sulsel, Kemal Redindo mengatakan, salah satu tujuan kegiatan ini adalah untuk mempromosikan dan membentuk destinasi wisata baru di Sulsel. Diperkirakan sebanyak 1.500 pesepeda akan berpartisipasi pada agenda tersebut.

Baca Juga : Gubernur Sulsel Harap AMN Makassar Jadi Wadah Komunikasi Anak Bangsa

“Ini menjadi langkah awal, jadi para pesepeda akan menghampiri beberapa destinasi-destinasi geopark. Kegiatan ini bisa menjadi destinasi baru yang ada di Sulsel,” kata Dindo, sapaan akrabnya, di kantor Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Sulsel, Kamis (27/6/2019).

Setelah acara besar ini, kata Dindo, ia berharap akan dibangun destinasi wisata kuliner dan wisata belanja di sekitar geosite itu.

“Ke depannya kalau acara ini sukses dan dilirik Kementerian, perlu dibangun destinasi baru. Kita akan bangun hotel, pusat perbelanjaan dan pusat kuliner,” tambah mantan Sekretaris Bapenda Sulsel ini.

Baca Juga : DPRD-Gubernur Sulsel Teken Persetujuan APBD 2023, Target Pendapatan Rp10 Triliun

General Manajer (GM) Geopark Maros-Pangkep Dedy Irfan mengungkapkan, jelajah Geopark Maros-Pangkep ini akan ditempuh dengan waktu kurang lebih 4 jam dengan panjang trek 42 km.

“Kita targetkan 1.500 peserta. Asal peserta terjauh pulau Kalimantan dan Papua. Komunitas terdaftar 34. Setiap rest area akan ditampilkan beberapa bintang tamu atau hiburan,” ujarnya.

Dijelaskan Dedy, trek yang akan dilalui itu, selain jalan beraspal, juga akan melewati single trek di tambak, jalan beton, serta tanjakan dengan kemiringan 60 derajat.

Baca Juga : 2 Masjid di Gowa Dapat Dana Hibah Pemprov Sulsel

Sementara itu, Kepala Seksi Pembinaan Event Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulsel, Ahmad Yusran mengatakan, acara ini merupakan bentuk kerjasama dari Badan Pengelola Maros-Pangkep dengan Dinas Pariwisata Sulsel, Disbupar Maros dan Pangkep, Badan Pelestarian cagar budaya, Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, dan PT Semen Tonasa.

“Para peserta yang akan mengikuti acara ini, akan diajak mengelilingi lima geosite utama. Yakni Tonasa Park, Rammang-Rammang, Leang-Leang, Hutan Batu Balocci, dan Sumpang Bita,” kata Yusran.

Penulis: Jahir Majid
Editor: Awang Darmawan

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

 Komentar

 Terbaru

Video30 November 2022 21:46
VIDEO: Walikota Makassar Danny Pomanto Main Latto-Latto Dengan Anak-anak
SULSELSATU.com – Permainan Latto-latto’ atau katto-Katto tengah ramai dimainkan anak-anak di Makassar dan sekitarnya. Bahkan Walikota Maka...
Tokoh30 November 2022 21:30
Nuraeni Putus Lingkaran KDRT Lewat Kelompok Perempuan Berdaya
Cara Nuraeni memutus rantai KDRT lewat kelompok perempuan berdaya...
Makassar30 November 2022 19:11
Respon Instruksi Danny Pomanto, Dinas PU Lakukan Pengerukan Sedimen di Saluran Sekunder
Danny pomanto minta dinas PU lakukan perawatan drainase ...