Logo Sulselsatu

Bakal Calon Walikota Makassar Ini Klaim Politik Uang Bisa Dihilangkan

Asrul
Asrul

Kamis, 27 Juni 2019 16:30

Bakal Calon Walikota Makassar Ini Klaim Politik Uang Bisa Dihilangkan

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Forum Makassar Kita menggelar diskusi dengan tema “Menyusun Bayangan Kebudayaan Kota Makassar” di Red Corner, Kamis (27/6/2019).

Hadir sebagai pembicara calon Wali Kota Makassar Muh Ismak, akademisi Arqam Azikin, Luhur Priyanto, Muh Ridha, Arief Wicaksono.

Baca Juga : Peneliti BRIN Kunjungi Bawaslu Sulsel, Cari Tahu Soal Politik Uang

Selanjutnya budayawan dan juga anggota DPRD Sulsel Wawan Mattaliu, Aslan Abidin, Anwar Jimpe Rahman dan beberapa narasumber lainnya.

Arqam dalam paparannya, mengatakan jika ditarik ke konteks politik, money politik yang sampai saat ini marak terjadi juga akan merusak kebudayaan masyarakat di Kota Makassar.

Politik uang ini sudah menjadi budaya, tapi merusak. Nah inilah yang harus kita hentikan bersama dengan berbagai pendekatan, terutama pelaku politik, termasuk calon walikota di Makassar ini,” kata dosen Unismuh Makassar itu.

Baca Juga : Wabup Gowa Ajak Warga Tolak Politik Uang dan SARA

Budaya politik lain yang cukup merusak tatanan kebudayaan di masyarakat adalah mahar yang harus disetorkan ke partai politik jika ingin ikut berkontestasi.

“Kalau begini terus, saran saya sebaiknya pemilihan dikembalikan saja ke DPR. Karena ruang lingkup untuk politik uang kecil dan tidak merusak tatanan kebudayaan kita secara luas,” ungkap Arqam.

Menanggapi hal itu, Muh Ismak mengatakan apa yang diutarakan Arqam adalah realitas di masyarakat, namun bisa diatasi.

Baca Juga : Wabup Gowa Ajak Warga Tolak Politik Uang dan SARA

“Realitasnya memang seperti itu, tetapi menurut saya itu bisa kita hindari. Memulai dengan diri pribadi untuk komitmen tidak menggunakan politik uang,” ujar Ismak.

Politik uang itu adalah awal sumber kerusakan. Seseorang yang melakukan itu jika terpilih hal pertama yang dipikirkan adalah mengembalikan modal yang dipakai dan masyarakatlah merasakan dampaknya,” tambah Ismak.

Penulis: Asrul
Editor: Awang Darmawan

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Internasional06 Februari 2023 08:23
Inovasi Safety Riding dan Instruktur AHM Raih Predikat Terbaik di Kompetisi Safety Riding Asia & Oceania
Instruktur Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM) berhasil meraih gelar terbaik kedua pada kategori 150cc dan Innovative Safety Concept, serta terba...
News06 Februari 2023 07:54
Andi Sudirman dan Amar Ma’ruf Sulaiman Anti Mager Bersama 12 Ribu Warga Bulukumba
SULSELSATU.com, BULUKUMBA – Ribuan masyarakat Bulukumba begitu antusias mengikuti kegiatan Sulsel Anti Mager di Pantai Merpati, Bulukumba, Mingg...
Berita Utama05 Februari 2023 21:41
Pemkot Nilai Penambalan Jalan Hertasning Menggunakan Paving Block oleh Pemprov Tidak Efektif
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Ruas Jalan Hertasning-Aroepala rusak parah di beberapa titik, pemerintah Kota (Pemkot) Makassar menganggap Pemerintah Pro...
Metropolitan05 Februari 2023 19:58
Ketua KONI Parepare Zulham Arief Gerak Cepat Serahkan Bantuan ke Korban Banjir
SULSELSATU.com, PAREPARE – Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Parepare, Zulham Arief (ZA) menyerahkan paket bantuan kepada mas...