Logo Sulselsatu

Bakal Calon Walikota Makassar Ini Klaim Politik Uang Bisa Dihilangkan

Asrul
Asrul

Kamis, 27 Juni 2019 16:30

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Forum Makassar Kita menggelar diskusi dengan tema “Menyusun Bayangan Kebudayaan Kota Makassar” di Red Corner, Kamis (27/6/2019).

Hadir sebagai pembicara calon Wali Kota Makassar Muh Ismak, akademisi Arqam Azikin, Luhur Priyanto, Muh Ridha, Arief Wicaksono.

Baca Juga : Peneliti BRIN Kunjungi Bawaslu Sulsel, Cari Tahu Soal Politik Uang

Selanjutnya budayawan dan juga anggota DPRD Sulsel Wawan Mattaliu, Aslan Abidin, Anwar Jimpe Rahman dan beberapa narasumber lainnya.

Arqam dalam paparannya, mengatakan jika ditarik ke konteks politik, money politik yang sampai saat ini marak terjadi juga akan merusak kebudayaan masyarakat di Kota Makassar.

Politik uang ini sudah menjadi budaya, tapi merusak. Nah inilah yang harus kita hentikan bersama dengan berbagai pendekatan, terutama pelaku politik, termasuk calon walikota di Makassar ini,” kata dosen Unismuh Makassar itu.

Baca Juga : Wabup Gowa Ajak Warga Tolak Politik Uang dan SARA

Budaya politik lain yang cukup merusak tatanan kebudayaan di masyarakat adalah mahar yang harus disetorkan ke partai politik jika ingin ikut berkontestasi.

“Kalau begini terus, saran saya sebaiknya pemilihan dikembalikan saja ke DPR. Karena ruang lingkup untuk politik uang kecil dan tidak merusak tatanan kebudayaan kita secara luas,” ungkap Arqam.

Menanggapi hal itu, Muh Ismak mengatakan apa yang diutarakan Arqam adalah realitas di masyarakat, namun bisa diatasi.

“Realitasnya memang seperti itu, tetapi menurut saya itu bisa kita hindari. Memulai dengan diri pribadi untuk komitmen tidak menggunakan politik uang,” ujar Ismak.

Politik uang itu adalah awal sumber kerusakan. Seseorang yang melakukan itu jika terpilih hal pertama yang dipikirkan adalah mengembalikan modal yang dipakai dan masyarakatlah merasakan dampaknya,” tambah Ismak.

Penulis: Asrul
Editor: Awang Darmawan

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video12 Juni 2024 23:22
VIDEO: 50 Bangsal Pekerja Royal Sentraland Moncongloe Maros Terbakar
SULSELSATU.com – Bangsal pekerja di Perumahan Royal Sentraland, Moncongloe, Maros terbakar, Rabu (12/6/2024). Kejadian tersebut terjadi sekitar ...
Pendidikan12 Juni 2024 22:51
Ramah Tama FIP UNM, Rektor UNM: Hidup itu Untuk Memberi Kontribusi
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Makassar (UNM) kembali menggelar ramah tamah Wisuda periode Juni ...
Politik12 Juni 2024 22:21
Dinilai Bebas KKN, Milenial 445 Dukung Sudirman Sulaiman Maju Pilgub Sulsel
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dukungan untuk Andi Sudirman Sulaiman maju pada pentas Pemilihan Gubernur (Pilgib) Sulsel mulai bermunculan, terbaru ...
Pendidikan12 Juni 2024 21:58
Danny Pomanto Minta ICMI Ambil Peran Cerdaskan Anak Bangsa di Tengah Krisis Moral
Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto meminta Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) mengambil peran mencerdaskan anak bangsa di tengah krisis...