Logo Sulselsatu

Iqbal Suhaeb Ungkap Alasan Pembatalan Festival F8 Tahun Ini

Asrul
Asrul

Selasa, 16 Juli 2019 21:33

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar memastikan bahwa pelaksanaan Festival F8 batal digelar tahun ini. Pasalnya, Pemkot saat ini tengah melakukan rasionalisasi anggaran dan mengalihkan ke hal yang lebih prioritas.

Terkait hal ini, Pj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb pun menjawab alasan terkait pembatalan event tahunan tersebut.

Iqbal mengatakan, saat ini Kota Makassar tidak memiliki RPJMD sehingga semua kegiatan mengacu pada RPJMD provinsi. Berdasarkan hasil evaluasi tim akselerasi dari provinsi, ditemukanlah mana kegiatan pemkot yang prioritas dan tidak.

Baca Juga : Danny Pomanto Hadiri Sertijab Pangdivif 3/Kostrad, Perkuat Kolaborasi Jaga Ketahanan Pangan

Hasil evaluasi ini, kata Iqbal, lebih memprioritaskan pembangunan fisik dibanding pelaksanaan event. Dengan demikian, anggaran Rp 3,8 miliar yang telah dianggarkan untuk F8 pun akan lebih dialihkan ke sektor tersebut.

Di sisi lain, ada pula realisasi PAD 2018 yang cukup rendah yakni hanya sekitar 70 persen sehingga program untuk 2019 yang sudah direncanakan harus dievaluasi.

“Kita lebih tujukan ke pembangunan fisik yang tidak ada dananya. Yang basicnes, infrastruktur. Event itu pilihan. Kalau sudah tercapai semua yang prioritas, baru kita bicara event,” tegas Iqbal.

Baca Juga : Gedung Baru Makassar Government Center Siap Beroperasi Juli Mendatang

Iqbal sendiri mengaku telah mengkoordinasikan hal ini ke Kementerian Pariwisata (Kemenpar). Menurutnya, pihak Kemenpar tak menjadikannya sebagai masalah. Sementara untuk pariwisata sendiri, pemerintah kota saat ini akan lebih memprioritaskan destinasi wisata pulau.

“Wisata pulau saat ini belum optimal. Kita mau perbaiki dermaga-dermaga. Sebagian dana F8 juga akan ke situ,” ungkapnya.

Penulis: Asrhawi Muin
Editor: Hendra Wijaya

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video18 April 2024 22:35
VIDEO: Viral, Pria Bule Isi Bensin Mobil Mewahnya di Warung Eceran
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan mobil mewah mengisi bensin di warung eceran. Kejadian ini terjadi di Pulau Dewata Bali. Video ini d...
Teknologi18 April 2024 21:15
Indosat Bersama Mastercard Kolaborasi Hadirkan Cybersecurity Center of Excellence
Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat or IOH) dan Mastercard menandatangani nota kesepahaman berkolaborasi menjaga ekonomi digital Indonesia melalui pere...
Hukum18 April 2024 21:03
Peringati HBP ke-60, Kanwil Kemenkumham Sulsel Gelar Donor Darah
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kanwil Kemenkumham Sulsel) menyelenggarakan kegiatan donor dar...
Video18 April 2024 20:39
VIDEO: Rekonstruksi Kasus Pembunuhan Suami Terhadap Istrinya di Makassar
SULSELSATU.com – Polisi menyelenggarakan rekonstruksi kasus pembunuhan yang melibatkan tersangka berinisial H (43) terhadap istrinya JU (35) di ...