Logo Sulselsatu

PTS Siap Sesuaikan Kurikulum dengan Konsep Triple Helix

Asrul
Asrul

Selasa, 16 Juli 2019 15:18

Ketua ABPPTSI Sulsel Muh Ridwan Arief dalam Rakernas II ABPPTSI di Hotel Gammara, 16 Juli 2019. (Foto/Ist)
Ketua ABPPTSI Sulsel Muh Ridwan Arief dalam Rakernas II ABPPTSI di Hotel Gammara, 16 Juli 2019. (Foto/Ist)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Korelasi Perguruan Tinggi (PT), pemerintah, dan dunia industri di Sulsel bakal lebih kuat. Kurikulum pembelajaran di kampus siap menyesuaikan dengan konsep triple helix.

Asosiasi Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (ABPPTSI) sementara menyiapkan konsep strategis untuk mensinergikan ketiga unsur tersebut. Ada 250 PTS dari seluruh Indonesia yang akan membahas konsep itu melalui Rapat Kerja Nasional (Rakernas), 16 hingga 17 Juli di Hotel Gammara, Makassar.

Ketua ABPPTSI Sulsel, Muh Ridwan Arief mengatakan, saat ini dunia industri bukan lagi melihat lulusan dari segi Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) saja. Namun lulusan yang memiliki kompetensi tinggi yang paling dicari.

Makanya proses akademik di setiap kampus sudah mesti bersinergi antara pemerintah dan industri. Bahkan boleh jadi, proses perkuliahan nantinya sudah bisa dilakukan di industri maupun pemerintahan secara langsung.

Sponsored by MGID

Konsep ini juga, kata Ridwan, merupakan program yang digaungkan Pemprov Sulsel. Di mana nantinya, mahasiswa maupun dosen yang ada di perguruan tinggi akan dilibatkan dalam berbagai kegiatan industri maupun pemerintahan.

“Kalau triple helix sudah kita laksanakan, PTS akan menyesuaikan kurikulum karena yang terlibat ada industri dan pemerintah. Konsepnya direkomendasikan nanti teman-teman di kampus yang akan menyesuaikan pada konteks lokalnya,” terang Ridwan, Selasa (16/7/2019).

Ketua ABPPTSI Pusat, Prof Thomas Suyatno, menyampaikan, penerapan konsep triple helix memang masih terkendala. Utamanya dalam menyiapkan ruang bagi perguruan tinggi untuk melakukan proses akademik di industri dan pemerintahan.

Namun, pihaknya akan terus menjaring berbagai pihak untuk menerapkan konsep ini. Khususnya dalam menyiapkan lapangan kerja bagi lulusan-lulusan perguruan tinggi.

“Ada beberapa asosiasi dagang dan industri yang akan kita ajak bekerja sama. Sekaligus nanti mereka mempresentasikan apa yang bisa dilakukan bersama,” ujarnya.

ABPPTSI juga akan menjalin kerja sama dengan 54 negara, Oktober mendatang. Hal ini bisa membuka ruang bagi perguruan tinggi dalam mengembangkan kompetensi mahasiswa maupun dosen.

Editor: Kink Kusuma Rein

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Berita Utama28 Oktober 2021 01:33
Wali Kota Danny Jadi Tim Penguji di Munas IAI
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Wali Kota Moh Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto) hadir dalam Musyawarah Nasional (Munas) Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) ...
Berita Utama28 Oktober 2021 00:09
Kebakaran di Allu Tarowang Jeneponto, Bocah 8 Tahun Tewas Terbakar
SULSELSATU.com, Jeneponto – Kebakaran rumah kembali terjadi di Jeneponto. Kali ini rumah panggung milik Satturia dg Sangka (55) di Dusun Likusar...
Video27 Oktober 2021 23:20
VIDEO: Nekat, Maling Ini Ketahuan Saat Bobol Mesin ATM di Markas TNI
SULSELSATU.com – Seorang pria kedapatan saat membobol mesin ATM di markas TNI viral di media sosial. Dalam video terlihat pria itu berada di dal...
Sponsored by MGID
Berita Utama27 Oktober 2021 20:46
Bupati Iksan Sebut, Puskesmas di Jeneponto “Cantik” Karena Aliyah Mustika
SULSELSATU.com, Jeneponto – Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar memberi apresiasi kepada anggota DPR RI, Aliyah Mustika atas kontribusi dan perhati...