Peduli Arsip, Deputi Bidang Kearsipan Nasional Puji IDP

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Deputi I Bidang Pembinaan Kearsipan Nasional Republik Indonesia (RI), Andi Kasman, memuji Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani (IDP), atas kepeduliannya terhadap persoalan kearsipan, khususnya di Kabupaten Luwu Utara. Pujian itu ia lontarkan saat memberikan sambutan di acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelola Teknis Kearsipan, Senin (22/7/2019), kemarin, di Hotel Grand Asia Kota Makassar.

“Karena pengetahuan dan pergaulan Bupati Luwu Utara, baik nasional maupun internasional, yang begitu sangat baik, ditambah kepedulian beliau terhadap persoalan kearsipan, maka tidak heran jika ibu Bupati selalu memegang kuat komitmen yang ia bangun bersama jajarannya di pemerintahan, termasuk tentunya dengan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah,” kata Andi Kasman dengan nada memuji Bupati Indah Putri Indriani.

Terkait Bimtek Kearsipan, Kasman mengatakan bahwa Bimtek Kearsipan yang diselenggarakan Dinas Persipda Luwu Utara adalah kegiatan yang begitu sangat penting dilaksanakan oleh pemerintah karena arsip adalah salah satu alat bukti kesejahteraan. “Arsip merupakan alat bukti akuntabilitas, sekaligus salah satu alat bukti kesejahteraan. Untuk itu, kata dia, persoalan kearsipan tidak boleh dipandang sebelah mata oleh siapa pun juga.

Sebelumnya, Kepala Dinas (Kadis) Perpustakaan dan Arsip Daerah (Persipda) Kabupaten Luwu Utara, Maharuddin, dalam sambutannya menyampaikan bahwa pemahaman soal kearsipan di Kabupaten Luwu Utara telah berjalan dengan sangat baik. “Di tangan kita, arsip di Luwu Utara akan terselamatkan. Olehnya itu, tugas kita ke depan dalam menyelamatkan kearsipan di Kabupaten Luwu Utara sangatlah besar,” Kata Maharuddin. (rls)

Editor: Hendra Wijaya