Logo Sulselsatu

DJPb Sulsel Evaluasi Capaian IKPA Tahun Anggaran 2019

Asrul
Asrul

Rabu, 31 Juli 2019 14:49

DJPb Sulsel Evaluasi Capaian IKPA Tahun Anggaran 2019

SULSELSATU.com, Makassar – Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Sulsel menyelenggarakan Rapat Koordinasi Daerah Pelaksanaan Anggaran (Rakorda PA) Semester I Tahun Anggaran 2019 bertemakan APBN 2019 : Adil, Sehat, dan Mandiri.

Kepala Kanwil DJPb Sulsel, Sudarmanto mengatakan tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk evaluasi atas pencapaian Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) selama semester I 2019.

“Di samping itu, juga mempersiapkan langkah-langkah peningkataan kinerja pelaksanaan anggaran di semester II 2019 terutama yang terkait dengan program strategis nasional,” lanjut Sudarmanto, Rabu (31/7/2019).

Pada tahun anggaran 2019 kata dia, ada 12 indikator yang menjadi penilaian kinerja pelaksanaan anggaran yaitu pengelolaan uang persediaan, ketepatan waktu penyampaian data kontrak, pengembalian/kesalahan SPM, jumlah retur SP2D, deviasi Halaman III DIPA antara rencana penarikan dengan realisasi penarikan dana, frekuensi Revisi DIPA, ketepatan waktu penyelesaian tagihan, ketepatan waktu rekon LPJ bendahara, ketepatan waktu penyampaian perencanaan kas, persentase penyerapan angggaran, dispensasi Penyampaian SPM, dan pagu Minus Belanja.

Sponsored by MGID

Menurutnya, dengan anggaran pendapatan belanja negara (APBN) yang adil, sehat dan mandiri diharapkan kebijakan fiskal akan mampu merespon dinamika volatilitas global, menjawab tantangan, dan mendukung pencapaian target-target pembangunan secara nasional.

Sudarmantor menyebutkan, pengukuran kualitas pelaksanaan anggaran dilihat dari sisi kesesuaian perencanaan dan penganggaran, kepatuhan atas regulasi, efektifitas pelaksanaan kegiatan, dan efisiensi pelaksanaan kegiatan.

“Ditjen Perbendaharaan telah berkomitmen untuk mengawal APBN dengan menciptakan inovasi dalam perumusan kebijakan dan regulasi serta pengembangan sistem IT untuk mewujudkan pengelolaan keuangan negara yang efektif, efisien dan akuntabel,” jelasnya.

Penulis: Sri Wahyudi Astuti
Editor: Azis Kuba

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Berita Utama28 Oktober 2021 01:33
Wali Kota Danny Jadi Tim Penguji di Munas IAI
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Wali Kota Moh Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto) hadir dalam Musyawarah Nasional (Munas) Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) ...
Berita Utama28 Oktober 2021 00:09
Kebakaran di Allu Tarowang Jeneponto, Bocah 8 Tahun Tewas Terbakar
SULSELSATU.com, Jeneponto – Kebakaran rumah kembali terjadi di Jeneponto. Kali ini rumah panggung milik Satturia dg Sangka (55) di Dusun Likusar...
Video27 Oktober 2021 23:20
VIDEO: Nekat, Maling Ini Ketahuan Saat Bobol Mesin ATM di Markas TNI
SULSELSATU.com – Seorang pria kedapatan saat membobol mesin ATM di markas TNI viral di media sosial. Dalam video terlihat pria itu berada di dal...
Sponsored by MGID
Berita Utama27 Oktober 2021 20:46
Bupati Iksan Sebut, Puskesmas di Jeneponto “Cantik” Karena Aliyah Mustika
SULSELSATU.com, Jeneponto – Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar memberi apresiasi kepada anggota DPR RI, Aliyah Mustika atas kontribusi dan perhati...