Logo Sulselsatu

Makassar Jadi Panggung Gagasan Forum Dewan Guru Besar Indonesia

Asrul
Asrul

Selasa, 06 Agustus 2019 00:14

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Ratusan guru besar dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia menghadiri Musyawarah Nasional (Munas) ke-II dan Seminar Forum Dewan Guru Besar Indonesia (FDGBI) yang berlangsung pada 5-7 Agustus 2019 di Hotel Claro, Makassar, di mana Universitas Hasanuddin (Unhas) bertindak sebagai tuan rumah.

Pembukaan Munas ke-II bertema “Sinergi Membangun Bangsa Melalui Karya Seni Inovatif” tersebut dihadiri oleh Rektor Unhas Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu, Sekretaris Daerah Povinsi Sulawesi Selatan Abdul Hayat Gani, Ketua FDGBI Prof. Koentjoro, serta para guru besar dari berbagai perguruan tinggi se-Indonesia.

Ketua panitia Kongres FDGBI, Prof. Muhammad Akmal Ibrahim, melaporkan bahwa kegiatan ini diikuti 167 peserta dari 42 perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Dalam sambutannya, dia berharap kegiatan ini dapat membawa dampak positif.

Baca Juga : PPALC Harap Pemerintah Turut Sukseskan Yatim Fest di Sulsel

“Selamat datang di Makassar, tentu kami berharap para peserta bisa mengikuti seluruh rangkaian kegiatan. Semoga apa yang kita hasilkan di Makassar ini, bisa menjadi rujukan dalam pengambilan keputusan oleh jajaran birokrasi di berbagai level, lokal maupun nasional,” kata Prof. Akmal.

Pada kesempatan yang sama, Ketua FDGBI Prof. Koentjoro menjelaskan munas dan seminar ini merupakan forum berpikir untuk saling meningkatkan kerjasama, untuk maju dan sukses bersama. Mewakili FDGBI, Prof. Kuntjoro mengucapkan terima kasih kepada Rektor Unhas atas dukungannya untuk kegiatan ini.

“Pada dasarnya, ada hal-hal yang belum terpikirkan oleh kita, saya pikir ini waktunya untuk bekerja sama, maju bersama, dan bangun bersama. Ini merupakan momentum untuk kita mempersatukan pikiran, ide, maupun gagasan kita untuk kedepannya lebih baik lagi,” jelas Prof. Koentjoro.

Baca Juga : VIDEO: Pemuda Bersenjata Serang Jemaah Salat Subuh di Makassar

Sekretaris Daerah Povinsi Sulawesi Selatan Abdul Hayat Gani saat membuka acara ini menyatakan kebanggaannya bisa menghadiri kegiatan akademisi bersama para guru besar. Dirinya menjelaskan pentingnya peran guru besar dalam kebijakan suatu birokrasi.

“Ciri khas suatu negara yang berkembang maju adalah adanya peran guru besar dalam memberi masukan terkait kebijakan dalam lingkup birokrasi,” kata Abdul Hayat Gani.

Sementara itu, Rektor Unhas Prof. Dwia Aries Tina Pulubuhu menyambut baik seluruh peserta yang hadir. Dirinya berterima kasih atas kepercayaan untuk menjadi tuan rumah kegiatan ini.

Baca Juga : VIDEO: Ganjar Pranowo Hadir Kampanye Akbar Besok di Makassar

“Saya yakin, pertemuan ini akan memberi manfaat konstruktif, apalagi isu yang dibahas berkaitan dengan kepentingan publik secara luas, termasuk di dalamnya mengantisipasi perkembangan era industri 4.0 yang penuh dinamika dan kompleksitas,” kata Prof. Dwia.

Agenda hari pertama adalah serah terima jabatan dari kepengurusan lama kepada kepengurusan yang baru. Acara juga diisi dengan diskusi rencana kerja. Tahun ini, Ketua FDGBI yang terpilih adalah Prof. Mursalim, yang juga merupakan Ketua Dewan Guru Besar Unhas.

Rencana Kerja FDGBI ke depan terkait dengan perkembangan industri 4.0, pemerataan pendidikan, dan permasalahan professorship.

Baca Juga : Pj Gubernur Sulsel dan Jajaran Jalan Santai di Taman Maccini Sombala

Penulis: Asrhawi Muin
Editor: Hendra Wijaya

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Otomotif29 Maret 2024 11:42
Begini Fitur dan Teknologi Motor Listrik EM1 e: dari Honda
Astra Motor Sulsel (Asmo Sulsel) secara resmi membawa motor listrik Honda EM1 e: ke Makassar. Asmo Sulsel resmi merilis motor listrik pertamanya di Ho...
Otomotif29 Maret 2024 08:55
Asmo Sulsel Resmi Perkenalkan Honda EM1 e: dan Honda EM1 e: Plus ke Masyarakat Makassar
Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon secara resmi meng...
Video28 Maret 2024 23:58
VIDEO: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Palopo
SULSELSATU.com – Situasi banjir di beberapa titik di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Kamis (28/3/2024). Dalam video tampak sejumlah ruas jalan te...
OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...