Logo Sulselsatu

JK Dukung Wacana Impor Rektor Asing, Tapi..

Asrul
Asrul

Rabu, 07 Agustus 2019 09:28

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, JAKARTA – Wakil Presiden Jusuf Kalla menyambut baik rencana Kemristekdikti mengundang akademisi dari luar negeri untuk jadi rektor Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia. Akan tetapi, prosesnya harus tetap dilakukan secara bertahap.

“Ya setuju rektor asing tapi melalui tahapan sehingga universitas tak syok, rektornya juga tidak syok. Dimulai dari penasihat teknis, dekan. Baru kalau dimajukan, jadi rektor,” ujar JK, seperti dikutip dari CNNIndonesia, Rabu (7/8/2019).

JK menilai rektor memiliki tanggung jawab besar karena tak hanya mengurus akademik di universitas, melainkan juga bertanggung jawab dalam hal anggaran hingga urusan sosial.

Baca Juga : Jusuf Kalla Komentari Videotron Anies Baswedan Dilarang di Bekasi dan Jakarta

“Maka yang pertama bisa [jadi] dekan dulu, karena kalau rektor kan urusannya banyak. Ada anggaran, urusan sosial, urusan raker sana sini. Kalau asing, bisa bingung dia,” ucapnya.

Kendati demikian, JK tak menampik bahwa kebutuhan rektor asing saat ini tetap diperlukan PTN. Rencana ini, menurutnya, tak lantas mengecilkan peran rektor maupun tenaga pendidik dari Indonesia sendiri.

Namun ia meyakini keberadaan rektor asing itu dapat meningkatkan kualitas universitas di Indonesia.

Baca Juga : Anies Baswedan Kunjungi Barru dan Bone 17 Januari, Syahar Harap JK Hadir

“Teknologi sudah sangat cepat, karena itu universitas kita juga harus cepat majunya. Salah satunya mendatangkan dosen, ahli-ahli. Kita juga banyak ahlinya cuma kita harus punya standar yang lebih tinggi lagi,” katanya.

Rencana pemerintah untuk mendatangkan rektor asing untuk universitas di Indonesia sebelumnya menuai polemik.

Menristekdikti Mohamad Nasir menargetkan pada 2020 sudah terdapat perguruan tinggi yang dipimpin rektor terbaik dari luar negeri. Setidaknya, dalam lima tahun ke depan, terdapat lima PTN yang akan dipimpin oleh rektor asing.

Baca Juga : Jusuf Kalla Yakin Ekspor Pisang Cavendish Bisa Sejahterakan Masyarakat Sulsel

Untuk memuluskan rencana tersebut, Nasir berencana merevisi peraturan agar warga asing bisa memimpin dan mengajar serta meneliti di PTN.

Editor: Awang Darmawan

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Ramadan28 Maret 2024 16:22
Pegadaian Hadirkan Panggung Emas di Puncak Festival Ramadhan
PT Pegadaian memperingati hari ulang tahun PT Pegadaian yang ke-123 dan memeriahkan bulan Ramadhan 1445 H menghadirkan kegiatan Festival Ramadhan....
Bisnis28 Maret 2024 16:01
Kalla Beton Kembangkan Produk Precast, Produksi Lebih Cepat dan Bentuk Cetakan Lebih Custom
Kalla Beton terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan konstruksi dari mitra atau pelanggan. Salah satu produk yang tengah dikembangkan saat ini adalah...
Aneka28 Maret 2024 13:55
Pertama di Indonesia, Pj Gubernur Sulsel Inisiasi Gerakan Sedekah Pohon
SULSELSATU.com, BONE – Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, kembali mencetak sejarah dengan melakukan gerakan sedekah pohon untuk masya...
Sulsel28 Maret 2024 13:19
Wabup Gowa Ingatkan Pembangunan 2025 Harus Tepat dan Strategis
perencanaan pembangunan 2025 harus betul-betul adaptif dengan perkembangan situasi yang kita hadapi saat ini...