Logo Sulselsatu

Taufan Sebut Kehadiran Kereta Api Sejalan dengan Wacana ITH di Parepare

Asrul
Asrul

Rabu, 07 Agustus 2019 14:16

Wali Kota Parepare Taufan Pawe
Wali Kota Parepare Taufan Pawe

SULSELSATU.com, PAREPARE – Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe memiliki pandangan ke depan terkait kemajuan daerahnya, khususnya pada infrastruktur yang berdampak dan bersentuhan langsung kepada masyarakat.

Walikota dua periode ini mengaku punya firasat terkait hadirnya kereta api akan berbanding lurus dengan progres pembangunan perguruan tinggi negeri, Institut Teknologi BJ Habibie (ITH) di Parepare.

“Saya ada feeling ITH itu akan berbanding lurus dengan hadirnya kereta api di Sulawesi Selatan,” ujar Taufan, Selasa (6/8/2019).

Baca Juga : Sebut Taufan Pawe Pemimpin Masa Depan Sulsel, Nurdin Abdullah Siap Menangkan Golkar

Taufan beralasan, karena progres ITH dan kereta api terus berjalan dalam tren yang positif. Jika itu terwujud, maka dapat menjadi multiplier effect bagi Pemkot Parepare, daerah sekitar dan Pemprov Sulsel.

“Dosen Unhas yang mengajar di ITH bisa sarapan pagi di Makassar lalu naik kereta api ke Parepare untuk mengajar. Setelah mengajar bisa kembali ke Makassar sebelum makan siang, karena adanya kecepatan itu,” jelasnya.

Saat ini, kata Taufan, dalam tahap pembebasan sekitar 34 hektare lebih lahan untuk ITH. Pembebasan lahan ini yang paling sulit untuk pendirian perguruan tinggi negeri.

Baca Juga : Taufan Pawe Kunjungi Pasar di Pekkae dan Takkalasi Barru, Pedagang Siap Menangkan ke Senayan

“ITH ini negeri bukan swasta. Swasta itu bisa jalan dulu sambil mengurus izin operasional. Kalau negeri itu harus ready Prodi dan SDM, serta lahan untuk dihibahkan ke pemerintah pusat baru bisa keluar izin operasional,” terang Taufan.

Hadirnya ITH, Rumah Sakit dr Hasri Ainun Habibie yang berkonsep medical tourism, dan menyusul Museum BJ Habibie satu-satunya di dunia, menurut Taufan, adalah sejalan dengan teori telapak kaki dan visi misinya mewujudkan Parepare menjadi kota industri tanpa cerobong asap.

“Saya berkontempelasi di depan Baitullah, melihat banyaknya orang datang. Pikiran saya ingin menjadikan teori telapak kaki di Parepare dengan mengandalkan sektor jasa untuk menyedot banyak orang datang,” ujarnya.

Baca Juga : Taufan Pawe Yakin Prabowo-Gibran Bisa Menang 80 Persen di Sulsel

Saat ini saja, mahasiswa yang kuliah di Parepare menembus 20 ribu orang. Jika ITH berdiri dan sudah mapan, ditargetkan dapat menerima sekitar 30 ribu mahasiswa.

Penulis: Andi Fardi
Editor: Awang Darmawan

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

OPD28 Maret 2024 23:38
Berkah Ramadan, Tenaga Kontrak Dinkes Makassar Bagi-bagi Takjil Buka Puasa untuk Pengendara
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Tenaga Kontrak Dinas Kesehatan Kota Makassar (Laskar Pelangi) membagikan takjil berbuka puasa kepada pengguna jalan y...
Bisnis28 Maret 2024 23:05
Showroom Kalla Kars Tetap Buka di Hari Libur Nasional
Showroom dan bengkel resmi Kalla Kars tetap buka di hari libur nasional yang jatuh pada 29 Maret 2024 besok....
Teknologi28 Maret 2024 23:03
XL Axiata Tingkatkan Kualitas Layanan di Sulawesi dengan Jaringan Backbone Gorontalo – Palu
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meresmikan jaringan backbone fiber optic jalur Gorontalo – Palu untuk melayani lonjakan trafik layanan seluler di selur...
News28 Maret 2024 22:59
Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa PT Vale Umumkan Jajaran Komisaris Baru
PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) di Jasmine Room, Soehanna Hall, The Energy Building Jal...