Wacana Menghidupkan GBHN dan Realita Rezim Orde Baru

SULSELSATU.com, JAKARTA – Garis-garis Besar Haluan Negara (GBHN) diwacanakan bakal kembali dihidupkan. GBHN diklaim bisa menjadi pedoman pembangunan nasional.

Anggota MPR dari Fraksi PAN Ali Taher menyatakan, GBHN diperlukan untuk mengontrol capaian dan anggaran sehingga pembangunan dapat benar-benar dirasakan rakyat.

Ali menyebut tanpa GBHN, proses pembangunan hanya akan bergantung janji kampanye atau visi misi presiden dan wakil presiden terpilih. 

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo berpikiran serupa. Menurutnya, GBHN dibutuhkan agar rencana pembangunan tetap berkesinambungan.

“Jangan sampai terputus kesinambungan dan perencanaan jangka panjang, ya perlu GBHN,” kata Tjahjo dikutip dari CNNIndonesia.

GBHN bukan barang baru dalam proses ketatanegaraan Indonesia. GBHN pernah menjadi pedoman pembangunan semasa rezim Orde Baru. 

Pada saat itu, GBHN merupakan acuan utama presiden Soeharto, dalam mewujudkan cita-cita negara. GBHN yang memuat haluan penyelenggaraan negara ini dirancang dan disahkan MPR yang saat itu masih menjadi lembaga tertinggi negara.

Di dalamnya juga tercantum visi untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang damai, demokratis, berkeadilan, berdaya saing, maju, dan sejahtera dalam wadah NKRI.

Semua gambaran ideal soal GBHN versi politikus itu disebut ahli hukum tata negara Refly Harun tak lebih sebagai jebakan romantisme.

Mereka yang setuju ditengarai menganggap GBHN dapat menjadi pedoman untuk pembangunan yang stabil dan berkelanjutan seperti masa Orde Baru. 

Refly menyebut pembangunan masa Orde Baru hanya pencapaian yang seolah-olah stabil dengan sistem keberlanjutan. 

Sustainability dulu terjaga karena presidennya enggak ganti-ganti. Kekuasaan pemerintahan otoriter,” ujar Refly 

Dia tak menampik perencanaan dan pencapaian pembangunan Orde Baru. Namun, pencapaian itu pun berujung kebangkrutan karena praktik korupsi merajalela.

Menghidupkan kembali GBHN juga disebutnya bermasalah secara ketatanegaraan. Indonesia setelah reformasi memiliki sistem ketatanegaraan yang sangat berbeda dengan Indonesia era Soeharto.

Di masa Orde Baru MPR berstatus lembaga tertinggi. Menghidupkan kembali GBHN berpotensi mengembalikan derajat MPR. Padahal, kata Refly, saat ini kekuasaan tertinggi berdasarkan konstitusi.

“Jadi MPR bukan lagi kewenangan tertinggi, sistem kita check and balances. Bercabang-cabang di berbagai lembaga negara, tidak ada yang lebih tinggi atau rendah, semua sejajar,” ujar Refly.

Kekhawatiran MPR kembali jadi lembaga tertinggi memang cukup beralasan. Setidaknya hal itu sudah disuarakan oleh PDIP dalam rekomendasi Kongres V di Bali, pekan lalu.

Kongres V PDIP tersebut merekomendasikan agar MPR kembali diberikan kewenangan menetapkan GBHN.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyebut presiden harus tetap dipilih rakyat sebagai bentuk kedaulatan rakyat. Namun, kata Hasto, diperlukan garis besar yang ditetapkan MPR sebagai representasi seluruh rakyat Indonesia.

Refly menambahkan penyusunan serupa haluan pembangunan nasional selama ini telah diakomodasi melalui Undang-undang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (SPPN). Berbeda dengan GBHN yang disusun dan disahkan MPR, SPPN disusun oleh pemerintah dan pemerintah daerah. 

“Kalau memang butuh guidelines apa tidak bisa melalui UU Perencanaan Pembangunan? Kalau pun tidak masuk (ke UU itu) bisa saja dalam UU tentang garis besar bernegara,” katanya. 

Selain itu, lanjut Refly, harus dipikirkan kembali mekanisme penegakan hukum jika GBHN kembali dihidupkan. Belum lagi jika GBHN bertentangan dengan UUD 1945. 

Refly menuturkan selama ini Mahkamah Konstitusi (MK) sebagai lembaga konstitusi tertinggi hanya berwenang menguji UU bukan UUD. 

“Bagaimana mekanisme hukumnya kalau ada pelanggaran. Siapa yang memberi sanksi karena sanksi bisa administrasi, politik, pidana. Kalau bertentangan dengan UUD juga, selama ini kan MK hanya menguji UU,” ucap dia.

Editor: Hendra Wijaya

...
Sulselsatu

Reyhand Sinaga, WNI Divonis Seumur Hidup di Inggris atas Kasus Pemerkosaan

JAKARTA - Seorang Warga Negara Indonesia (WNI) bernama Reyhand Sinaga divonis penjara seumur hidup atas kasus pemerkosaan di Manchester, Inggris. Melansir CNN Indonesia, Hakim Suzanne...
Sulselsatu

Sehari Sebelum Masa Larangan, Suardi Saleh Bakal Mutasi Pejabat

SULSELSATU.com, BARRU - Bupati Barru Suardi Saleh akan memutasi sejumlah pejabat dari berbagai eselon pada Selasa (7/1/2019). Keputusan Suardi ini nyaris bertepatan dengan larangan mutasi...
Sulselsatu

Sulsel Diprediksi Hujan Lebat pada 10 Januari, Adnan Imbau Masyarakat Gowa Siaga

SULSELSATU.com, GOWA - Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan mengimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kesiagaan dalam mengantisipasi curah hujan dengan intensitas tinggi (lebat) yang diprediksi...
Sulselsatu

Catat! Berikut Menu Diet Seminggu yang Ampuh

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Baik Diet OCD maupun Diet Mayo, Bagi Sahabat Sehat yang sedang berniat untuk diet, tak ada salahnya untuk mengadopsi gaya hidup...
Sulselsatu

Tabrak Pohon di Barru, Pengendara Motor Asal Pangkep Tewas

SULSELSATU.com, BARRU - Suhardi (18), asal Alakarajae, Kelurahan Attasalo, Kecamatan Ma'rang, Pangkep, tewas di tempat setelah mengalami kecelakaan lalu lintas di Ammaro, Barru, Minggu...
Sulselsatu

3 Cara Ampuh Keluarkan Lendir Saat Bayi Batuk Pilek

SULSELSATU.com - Kondisi Si Kecil yang baru lahir memang membuatnya rentan terhadap berbagai penyakit. Terlebih jika cuaca di luar sedang tak menentu. Akibatnya, bukan hanya...
Sulselsatu

Sah, Upah Minimum Kota Makassar 2020 Rp3,1 Juta

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Dewan pengupahan resmi menetapkan Upah Minimum Kota (UMK) 2020 sebesar Rp3,1 juta. UMK ditetapkan melalui sidang pleno di Dinas Ketenagakerjaan, Jumat (15/11/2019)....
Sulselsatu

IndoXXI Tutup, Situs Streaming Film Gratis Masih Bermunculan

SULSELSATU.com, JAKARTA - Situs streaming film gratis, IndoXXI sudah tutup pada 1 Januari 2020. Namun, situs web streaming film di Indonesia seakan tak ada...
Sulselsatu

GALERI FOTO: Usai UNBK, Sejumlah Siswa Konvoi dan Ugal-ugalan di Jalanan

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Sejumlah siswa melakukan konvoi usai mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Jalan Andi Pangerang Pettarani, Makassar, Kamis (5/4/2018). Para pelajar tersebut...

Baca Juga

Sulselsatu

Iran Kembali Bombardir Pangkalan Militer AS di Baghdad Irak

BAGHDAD - Iran kembali membombardir pangkalan militer Amerika Serikat (AS) di utara Baghdad, Irak, pada Minggu (12/1/2020). Militer Irak menyebutkan bahwa delapan rudal tipe Katyusha...
Sulselsatu

Klinik Gratis Kurir Langit Barru Cek Kesehatan Warga Terdampak Banjir

SULSELSATU.com, BARRU - Klinik Gratis Masjid Modern Kurir Langit Barru menyasar warga yang terkena dampak banjir di kecamatan di Kabupaten Barru. Manager Klinik, Ita Mustika...
Sulselsatu

Depak Axelsen, Anthony Ginting Lolos ke Final Indonesia Masters

SULSELSATU.com, JAKARTA - Anthony Sinisuka Ginting melaju ke final Indonesia Masters 2020 usai mengalahkan Viktor Axelsen 22-20 dan 21-11, pada laga semifinal di Istora...
Sulselsatu

Nelayan China Hengkang, Pengamat: Sengketa Natuna Tak Bakal Usai

JAKARTA - Kapal-kapal nelayan China memang dipantau telah meninggalkan Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) di Natuna uatara. Namun, wilayah ini diprediski akan tetap bersengketa dan...

TERKINI

Sulselsatu

Hadiri Rakerwil Hidayatullah, Appi Dukung Pengembangan Keummatan

SULSELSATU.com MAKASSAR - Bakal calon Wali Kota Makassar Munafri Arifuddin menghadiri...
Sulselsatu

Muchlis Beberkan Langkah Pemkab Gowa Cegah Banjir dan Longsor

SULSELSATU.com, GOWA - Sekretaris Kabupaten Gowa, Muchlis menghadiri sekaligus menjadi narasumber...
Sulselsatu

APT Sebut Koperasi dan UKM Solusi Pengangguran Serta Kemiskinan

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Andre Prasetyo Tanta mengajak masyarakat Maccini Parang bangkitkan...
Sulselsatu

Arham Basmin Resmi Kantongi SK dari DPP KNPI, Struktur Diisi Nama-nama Beken

SULSELSATU.com, MAKASSAR - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Komite Nasional...
Sulselsatu

Depak Axelsen, Anthony Ginting Lolos ke Final Indonesia Masters

SULSELSATU.com, JAKARTA - Anthony Sinisuka Ginting melaju ke final Indonesia Masters...
Sulselsatu

Maju di Pilkada Maros, Amirullah Nur Sosialisasi Program ke Pedagang Bakso

SULSELSATU.com, MAROS - Bakal calon bupati Maros Amirullah Nur Saenong (ANS)...
Sulselsatuvideo

VIDEO: Kapal Kargo Tenggelam di Sumbawa

SULSELSATU.com – Kapal kargo Multi Prima I tenggelam di perairan Bali-Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Dari 14 ABK, baru tujuh orang yang berhasil dievakuasi dalam kondisi...