Logo Sulselsatu

Polri Luncurkan Smart SIM, Ini Keunggulannya

Asrul
Asrul

Senin, 26 Agustus 2019 22:19

Ilustrasi. (INT)
Ilustrasi. (INT)

SULSELSATU.com, JAKARTA – Polri bakal meluncurkan Surat Izin Mengemudi (SIM) Pintar atau Smart SIM pada 22 September 2019 mendatang. Peluncurannya akan dilakukan bertepatan dengan peringatan Hari Lalu Lintas Bhayangkara.

Kakorlantas Polri, Irjen Refli Andri mengatakan Smart SIM menyimpan cip dengan kapasitas yang sudah disesuaikan untuk merekam data pemegang SIM. Menurutnya ada beberapa keunggulan dalam Smart SIM yang desainnya diakui sangat berbeda dari SIM yang beredar di masyarakat saat ini.

“Hari ini kita soft launching, ada pembeda antara SIM dan Smart SIM yang akan kita luncurkan pada 22 September,” kata Refli dikutip dari akun ntmc_polri, Senin (26/8/2019).

Baca Juga : Korlantas Polri Keluarkan Plat Kendaraan Baru Anggota DPR

Dijelaskan Refli Smart SIM selain mampu menyimpan data pemilik SIM juga bisa merekam jenis pelanggaran lalu lintas pemegang SIM.

“Menyimpan nama, alamat, tempat tanggal lahir ada di dalam. Bisa tertera di sana (dalam cip) apa saja pelanggaran yang dilakukan pengguna SIM atau oleh pengemudi. Tercatat secara otomatis, dan online dan real time juga dan kita bisa mengingatkan pengemudi sudah melakukan pelanggaran-pelanggaran itu pada saat kita melakukan evaluasi,” ucap Refli.

Sejauh ini, dikatakan Refli pihaknya sudah mulai melakukan uji coba Smart SIM agar saat tiba waktu peluncuran bisa digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Baca Juga : Denda Pajak Kendaraan Sampai Mei Dihapus, Korlantas Minta Polda Koordinasi Dispenda

Di samping itu, kelebihan lain pada Smart SIM, yaitu bisa dijadikan alat pembayaran dengan jumlah saldo maksimal sebesar Rp2 juta di dalam kartu. Pihak kepolisian menggandeng bank Badan Usaha Milik Negara.

“Lebih unggul lagi Smart SIM ini bisa digunakan sebagai alat pembayaran, kartu elektronik uang kita ada di dalam sini dengan saldo maksimal Rp2 juta dan bisa melakukan pembayaran apa saja, mulai toko online, tol, kereta api. kita sudah bekerja sama dengan BNI,” tutup Refli.

Editor: Awang Darmawan

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video01 Maret 2024 22:48
VIDEO: Cekcok berujung Saling Lempar Botol, ASN di Bantaeng Ini Viral
SULSELSATU.com – Sebuah video memperlihatkan keributan sesama pegawai ASN dalam sebuah rapat. Kejadian ini diduga terjadi di lingkup Pemerintah ...
Video01 Maret 2024 20:29
VIDEO: Pohon Tumbang Berukuran Besar di Samping Kanal Pampang Makassar
SULSELSATU.com – Pohon tumbang di samping kanal Pampang Makassar, Jumat (1/3/2024) malam. Insiden pohon tumbang ini menutup akses jalan. Dalam v...
Ekonomi01 Maret 2024 19:38
RUPST 2024: BRI Bagikan Dividen Rp48,10 Triliun
SULSELSATU.com, JAKARTA – PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) 2024 di Jakarta (...
Video01 Maret 2024 18:22
VIDEO: Pria yang Rekam Rok Wanita di Minimarket di Toraja Minta Maaf
SULSELSATU.com – Sebelumnya media sosial dihebohkan dengan seorang pria yang tertangkap kamera CCTV melakukan tindakan tidak senonoh. Kejadian i...