Logo Sulselsatu

Makassar Bakal Bangun 9 Septic Tank Komunal

Asrul
Asrul

Selasa, 03 September 2019 09:40

Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb. (Sulselsatu/Asrhawi Muin)
Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb. (Sulselsatu/Asrhawi Muin)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemerintah Kota Makassar akan membangun sembilan unit septic tank komunal atau disebut juga sebagai Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) untuk menuntaskan masalah sanitasi.

“Jadi bagaimana mengelola air limbah septic tank yang digunakan secara bersama dan itu ada 9 proyek yang ada di Makassar,” kata Pj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb, Selasa (3/9/2019).

Baca Juga : 4 Fokus Utama Pemkot Makassar di Tahun 2022

Menurut dia, pengolahan air limbah maupun sistem sanitasi sangat penting dilakukan terutama di daerah padat penduduk. Ditambah lagi, setiap rumah tangga juga tidak mungkin membangun septic tank komunal sendiri. Dengan demikian, pemerintah harus membangun septic tank komunal sedikitnya satu buah untuk 5 – 200 rumah.

Sponsored by MGID

“Jadi memang bagi pemukiman padat yang tidak punya lagi lahan, supaya airnya itu tidak terganggu, tidak tercemar,” ujarnya.

Iqbal menyebutkan, kesembilan unit septic tank tersebut rencananya akan dibangun di beberapa titik. Namun, ia menginginkan agar tahun depan pembangunan septic tank komunal lebih banyak di daerah kepulauan.

Baca Juga : Inovasi Dongkelor Makassar Jadi Pusat Perhatian Tim Penilai IGA Kemendagri

Terkait dengan anggaran, Iqbal menjelaskan dana yang disediakan berasal dari APBN dan SAIIG (program hibah Australia-Indonesia untuk pembangunan sanitasi).

“Jumlahnya macam-macam. Kalau yang kemarin, satu proyek itu nilainya Rp 1,4 miliar. Ada paket-paketnya. Sekarang kalau SAIIG itu sudah tahap kedua. Sudah ada beberapa tempat yang dibangun di Makassar, antara lain ada di Tanjung Merdeka. Pokoknya di daerah-daerah padat penduduk,” pungkasnya.

Penulis: Asrhawi Muin
Editor: Awang Darmawan

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Video20 Januari 2022 00:14
VIDEO: DPRD Sulsel Wacanakan Pembentukan Pansus Wakil Gubernur
SULSELSATU.com, MAKASSAR – DPRD Sulsel mewacanakan akan membentuk Panitia Khusus atau Pansus Wakil Gubernur Sulsel sisa masa jabatan 2018-2023. ...
OPD19 Januari 2022 23:01
Bertemu Mendikbudristek, Al Hidayat Minta Kuota Guru PPPK Ditambah
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Anggota DPRD Kota Makassar Al Hidayat Syamsu bertemu dengan Mendikbudristek Nadiem Makarim di Jakarta, Rabu (19/1/202...
Video19 Januari 2022 22:43
VIDEO: Momen Risma Hendak Bersimpuh ke DPR RI untuk Sampaikan Permohonan Maaf
SULSELSATU.com – Menteri Sosial, Tri Rismaharini menyampaikan permohonan maaf ke Komisi VIII DPR RI. Permohonan maaf itu dilakukan atas sikap ja...
Sponsored by MGID
Nasional19 Januari 2022 22:18
Jawab Tren Kebutuhan Masyarakat, Tahun 2022 Gojek Fokus pada Dua Hal Pengembangan
SULSELSATU.com, JAKARTA – Mewujudkan komitme terus menjadi andalan mobilitas masyarakat di tengah pandemi, Gojek melakukam berbagai inovasinya d...