Logo Sulselsatu

Pertama di Sulsel, Kompetisi Inovasi di Lutra Gunakan Sistem Digitalisasi

Asrul
Asrul

Sabtu, 07 September 2019 16:30

(Foto/Ist)
(Foto/Ist)

SULSELSATU.com, LUWU UTARA – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Luwu Utara melalui Bagian Organisasi dan Pendayagunaan Aparatur Sekretariat Daerah mencoba menghadirkan dan membangun sebuah kompetisi inovasi pelayanan publik dari sistem manual menjadi sistem digitalisasi.

Kompetisi inovasi pelayanan publik sistem digitalisasi yang kemudian diberi nama Siwanda ini rencananya akan dilaunching Bupati Luwu Utara dalam waktu dekat.

“Pembentukan aplikasi Siwanda atau Sistem Informasi Warung Koordinasi Pembangunan Inovasi Daerah adalah sistem kompetisi inovasi yang kita harapkan. Nah, teman-teman kita harap tidak lagi membawa proposal ke Sekretariat Pansel, tapi sudah melalui aplikasi Siwanda ini,” kata Kabag Organisasi dan Pendayagunaan Aparatur Muhammad Hadi, saat memimpin Rapat Persiapan Launching Siwanda, di Warkop Indah Kantor Bupati, Jumat (6/9/2019).

Hadi mengklaim bahwa kompetisi inovasi di daerah kabupaten/kota melalui sistem digitalisasi yang diberi nama Siwanda ini adalah yang pertama di Provinsi Sulawesi Selatan, tentu setelah Jaringan Inovasi Pelayanan Publik (JIPP) di tingkat Provinsi.

Sponsored by MGID

“Kalau di tingkat provinsi, kita yang pertama menerapkan kompetisi inovasi sistem digitalisasi. Sama halnya, JIPP di Provinsi, Siwanda juga belum terkoneksi dengan Sinovik di Pusat,” kata Hadi.

Meski demikian, kata dia, setidaknya sistem yang dibangun melalui Siwanda ini sudah menunjukkan bahwa di Luwu Utara sistem kompetisi inovasinya sudah menggunakan sistem digitalisasi, tidak lagi manual.

Rencananya, ia akan mengembangkan Siwanda ini dengan mengakomodir semua kategori inovasi, baik inovasi bidang pemerintahan, inovasi pelayanan publik maupun inovasi urusan daerah berdasarkan Perbup Nomor 61 Tahun 2018.

“Saat ini, sistem aplikasi Siwanda kita manfaatkan sesuai dengan peruntukkannya, berdasarkan Peraturan Bupati Nomor 61 Tahun 2018 tentang Warkop Indah. Di mana sasaran kita hanya menyasar pada Pemerintah Daerah dan BUMD saja. Belum menyasar ke masyarakat secara umum,” ujarnya.

Turut hadir dalam rapat ini, Pj. Sekda Lutra Tafsil Saleh, Kadis Kominfo Arief R. Palallo, serta Tim Pelaksana Warkop Indah.

Editor: Kink Kusuma Rein

Sponsored by ADVERTNATIVE

 Komentar

 Terbaru

Berita Utama28 Oktober 2021 01:33
Wali Kota Danny Jadi Tim Penguji di Munas IAI
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Wali Kota Moh Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto) hadir dalam Musyawarah Nasional (Munas) Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) ...
Berita Utama28 Oktober 2021 00:09
Kebakaran di Allu Tarowang Jeneponto, Bocah 8 Tahun Tewas Terbakar
SULSELSATU.com, Jeneponto – Kebakaran rumah kembali terjadi di Jeneponto. Kali ini rumah panggung milik Satturia dg Sangka (55) di Dusun Likusar...
Video27 Oktober 2021 23:20
VIDEO: Nekat, Maling Ini Ketahuan Saat Bobol Mesin ATM di Markas TNI
SULSELSATU.com – Seorang pria kedapatan saat membobol mesin ATM di markas TNI viral di media sosial. Dalam video terlihat pria itu berada di dal...
Sponsored by MGID
Berita Utama27 Oktober 2021 20:46
Bupati Iksan Sebut, Puskesmas di Jeneponto “Cantik” Karena Aliyah Mustika
SULSELSATU.com, Jeneponto – Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar memberi apresiasi kepada anggota DPR RI, Aliyah Mustika atas kontribusi dan perhati...