Logo Sulselsatu

Dinkes Parepare Gelar Konvergensi Pencegahan Stunting

Asrul
Asrul

Selasa, 17 September 2019 12:38

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, PAREPARE – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Parepare menggelar konvergensi pencegahan stunting yang merupakan program upaya kesehatan masyarakat di Balai Ainun Habibie, Selasa (17/9/2019).

Kepala Seksi Gizi Dinkes Kota Parepare, Kastna menjelaskan, stunting merupakan permasalahan gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam rentang yang cukup waktu lama.

“Umumnya stunting disebabkan asupan makan yang tidak sesuai dengan kebutuhan gizi,” ujarnya.

Baca Juga : Pemkab Gowa 2024 Fokuskan Pembangunan pada Penuntasan Stunting dan Kemiskinan Ekstrem

Wakil Wali Kota Parepare, Pangerang Rahim menyampaikan apresiasinya atas konvergensi pencegahan stunting yang dilaksanakan Dinas Kesehatan.

“Kegiatan ini merupakan hal penting dalam peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), sekaligus upaya melindungi anak sejak dini, dimana merupakan generasi masa depan bangsa,” katanya.

Menurutnya, stunting merupakan kondisi gagal tubuh pada anak balita karena kekurangan asupan gizi. Hal ini dipengaruhi pola asuh dari 1.000 hari pertama anak, sejak dalam kandungan.

Baca Juga : TP PKK Gowa dan Fakultas Kedokteran Unhas Gelar Bakti Sosial dan Edukasi Kader Posyandu

“Dampaknya, dapat mempengaruhi tumbuh kembang, kondisi otak anak dan rentan terhadap penyakit. Tahun 2017, penderita stunting di Kota Parepare capai 39,6 persen, dan turun menjadi 23 persen pada tahun 2018,” bebernya.

Penulis: Andi Fardi
Editor: Awang Darmawan

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

News28 April 2024 17:30
Menteri ATR/BPN Datang Langsung ke Kabupaten Gowa Serahkan Sertifikat Tanah ke Masyarakat
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan mendampingi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyer...
Makassar28 April 2024 17:07
Menteri ATR Serahkan Sertipikat Elektronik ke Pemkot Makassar Senilai Rp3 Triliun
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Menteri Agraria dan Tata Ruang, Agus Harimurti Yudhoyono memberikan secara langsung sertipikat elektronik hak pengelo...
Metropolitan28 April 2024 16:44
Pisang Cavendish yang Ditanam Warga di Dua Kabupaten Telah Berbuah
SULSELSATU.com, MAKASSAR – Budidaya pisang cavendish yang diinisiasi Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, sejak awal menjabat menunjukk...
Bisnis28 April 2024 16:06
Raja Madu Sulawesi Lolos Bootcamp PINOTI Kemenperin, Gerbang Menuju Pasar Retail Modern
PT Lontara Jaya Nusantara yang menghasilkan produk Raja Madu Sulawesi berhasil lolos ikut Bootcamp Penguatan Industri Melalui Optimalisasi Teknologi (...