Logo Sulselsatu

Menteri Pertanian Perkenalkan Teknologi Baru ke Mahasiswa UIN Alauddin

Asrul
Asrul

Kamis, 19 September 2019 23:15

istimewa
istimewa

SULSELSATU.com, MAKASSARMenteri Pertanian, Amran Sulaiman memperkenalkan teknologi baru di bidang pertanian ke mahasiswa UIN Alauddin.

“Kami ingin sinergi antara UIN Alauddin dengan Litbang Pertanian, kenapa, kita ingin munculkan Pertanian 4.0 kepada generasi muda, jadi pertanian seperti ini kita gunakan teknologi tinggi, kita tanam menggunakan sistem remote control atau nomous tracktor bisa jalan sendiri itu arah kita ke depan,” kata Amran saat memberikan kuliah umum di Auditorium UIN Alauddin, Kamis (19/9/2019).

Menurut, menteri asal Kabupaten Bone itu, melalui teknologi baru yang diperkenalkan mampu mempercepat waktu panen.

Baca Juga : Tumpahan Semen dari Kendaraan Pabrik Jadi Keluhan Warga dan Mahasiswa UIN Alauddin

“Nanti hasilnya adalah ini bisa menekan biaya 20 hingga 50 persen kemudian waktu sampai 70 persen bahkan 80 persen, dulu waktu tanam panen tiga hingga empat bulan bisa diselesaikan, sekarang kita bisa selesaikan dengan waktu lima jam,” ujarnya.

Selain itu, Amran memberi bantuan 2000 ekor ayam bertelur etawa, 10 ekor kambing dan satu unit traktor seharga Rp500 juta.

Sementara itu, Rektor UIN Alauddin Makassar Prof Hamdan Juhannis menyambut baik kedatangan Menteri Pertanian. Menurut dia, kedatangan Amran Sulaiman sangat membantu mengaktifkan laboratorium peternakan yang dimiliki kampus yang dipimpinnya.

Baca Juga : VIDEO: Jokowi Lantik Amran Sulaiman Sebagai Menteri Pertanian

“Ini upaya momentum jalan terbaik untuk bisa kita mengaktifkan lahan peternakan yang dimiliki UIN Alauddin Makassar seluas 6 hektar hampir tujuh hektar yang selama ini belum berfungsi secara baik, dengan hadirnya Pak Menteri Pertanian memberikan bantuan 2000 ekor ayam kampung bertelur dan itu enam bulan ke depan akan menghasilkan telur hingga dua tahun dan ada juga 10 ekor kambing unggul, bibit etawa, akan ditambah dan itu sudah di acc, bahkan beliau tadik pengololah lahan langsung pengolahan pertanian dengan traktor,” ujarnya.

Penulis: Asrul
Editor: Hendra Wijaya

Cek berita dan artikel yang lain di Google News

Yuk berbagi informasi tentang Sulawesi Selatan dengan join di group whatsapp : Citizen Journalism Sulsel

 Youtube Sulselsatu

 Komentar

 Terbaru

Video29 Maret 2024 16:46
VIDEO: Aksi Blokade di Lahan Pertambangan di Luwu Timur
SULSELSATU.com – Aksi blokade di dalam lokasi Izin Pertambangan PT. Citra Lampia Mandiri, Kamis (28/3/2024) kemarin. Blokade tersebut dilakukan ...
Metropolitan29 Maret 2024 16:44
Danny Pomanto Siap Adopsi Penerapan Kabel Bawah Tanah Ala Singapura di Makassar
Pembangunan Ducting Sharing atau pemindahan kabel ke bawah tanah di Makassar segera terealisasi. Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto baru saja usai...
Otomotif29 Maret 2024 11:42
Begini Fitur dan Teknologi Motor Listrik EM1 e: dari Honda
Astra Motor Sulsel (Asmo Sulsel) secara resmi membawa motor listrik Honda EM1 e: ke Makassar. Asmo Sulsel resmi merilis motor listrik pertamanya di Ho...
Ekonomi29 Maret 2024 09:12
Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun
SULSELSATU.com, JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepa...